Mengenal Jenis Burung Jalak Bali, Habitat, Makanan, Harga

Diposting pada
Rate this post

Burung jalak bali merupakan hewan endemik di wilayah pulau bali merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki ukuran yang sedang dan berasal dari suku Sturnide. Burung satu ini pun juga mempunyai nama latin yakni Leucopsar Rothschildi serta mempunyai nama julukan lain yakni Curik.

Burung ini merupakan salah santu contoh satwa langka dan endemik yang ada di indonesia tepatnya dipulau bali dengan penyebaran terluasnya di daerah, buleleng sampai gilimanuk, namun pada saat ini populasi dan keberadaan dari jenis burung ini menurun, hanya terbatas pada kawasan-kawasan tertentu seperti di Taman nasi onal Bali Barat tepatnya di semenanjung prapat agung dan tanjung gelap pahleng-kong.

Bagi anda yang tertarik untuk memelihara jenis burung satu ini, maka anda pun dapat mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja tentang burung jalak bali yang hampir punah tersebut untuk itu, anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Sekilas Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Jenis Burung Cantik Ini


1. Apa Itu Burung Jalak ?

Jalak merupakan salah satu burung yang bisa anda temukan hanya di hutan bagian barat Pulau Bali. Hingga saat ini burung ini pun masih menjadi salah satu hewan endemik di Indonesia.

Untuk burung jenis ini pun sejak tahun 1991 telah dinobatkan sebagai salah satu burung yang menjadi lambang fauna untuk provinsi Bali. Jalak Putih ini pun juga menjadi satu satunya spesies endemik di Pulau Bali.

ciri-ciri-jalak-bali

2. Siapa Penemu Burung Satu Ini ?

Hewan ini pertama kali ditemukan oleh seorang pakar hewan yakni Walter Rothschild yang berasal dari Inggirs.

Baca selengkapnya :  Inilah Racikan Jamu Minuman Kacer Biar Cepat Gacor

Burung Jalak Bali ini pun ditemukan sekitar tahun 1910, dan Rothschild pertama kali mengumumkan dan mendeskripsikan tentang hewan yang mempunyai ciri khas mata berwarna biru ini kepada pengetahuan dunia adalah sekitar tahun 1912.

3. Bagaimana Ciri Ciri Dari Burung Ini ?

ciri ciri burung jalak bali yang perlu anda tahu dari jenis burung satu ini yakni mempunyai berat tubuh yakni sekitar 107 gram saja dengan jumlah sayap sekitar 11 hingga 12 helai. Untuk bulu pada ekornya sendiri yakni sekitar 17 hingga 18 helai.

Untuk ukuran tubuh burung jalak ini secara keseluruhan rata rata mencapai 25 cm. Untuk ukuran panjang kepalanya sendiri yakni 5 cm, diikuti pajang leher 2 cm serta panjang sayap yakni 13 cm dan panjang ekornya mencapai 6 cm.

Selain itu, burung jalak bali jantan juga mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh burung yang lain yakni pada bagian pelupuk matanya memiliki warna biri layaknya kacamata. Selain itu , burung ini juga mempunyai paruh yang runcing dengan panjang antara 2 hingga 3 cm, dimana bagian ujungnya memiliki warna kuning kecoklatan dan rahangnya sedniri berwarna abu abu kehitaman. Untuk ukuran panjang paruhnya sendiri yakni sekitar 3 cm.

4. Dimana Habitat Burung Satu Ini ?

Untuk habitat burung jalak bali ataupun tempat yang paling digemari oleh burung yang mempunyai ciri khas yakni memiliki mata dengan kacamata biru ini adalah di daerah seperti hutan mangrove. Selain itu, burung ini pun juga menyukai tempat seperti hutan musim dataran rendah, hutan hutan rawa hingga daerah savana.

Untuk wilayah penyebarannya burung satu ini, secara alami tersebar di Taman Nasional Bali Barat. Akan tetapi anda juga bisa menemukannya di Batu Licin, Prapat Agung dan sebagainya.

Sedangkan wilayah teluk berumbun meliputi daerah Trianggulasi, kesambi tali, gondang timur, laban lestari, menara shaolin dan bukit ponton timur kubah dan kelompang, dan burung jalak bali berkembang biak dengan cara kawin dengan indukan jantan dan betina sepasang, dan kini sudah banyak para penangkar jalak bali resmi di indonesia ya temen-temen.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Cucak Ranting Full Isian
habitat-jalak-bali
gambar burung jalak bali

5. Apa Saja Makanan Untuk Burung Satu Ini ?

Apa sih makanan burung jalak bali ?. Banyak sekali jenis makanan yang bisa anda gunakan untuk memberikan pakan burung Jalak Bali ini. Diantaranya adalah seperti buah buahan yakni pisang dan pepaya. Selain itu, anda juga bisa memberikan kroto, pelet ayam dan gandum juga.

Burung jalak ini juga menyukai berbagai serangga diantaranya adalah cacing, jangkring serta ulat jerman dan ulat hongkong.

Untuk itu, bagi anda yang ingin memelihara burung satu ini maka anda bisa memilik Jalak Bali yang memiliki kelamin jantan. Hal ini dikarenakan agar burung tersebut menjadi rajin untuk gacor dan berkicau.

6. Tips Pemeliharaan Burung

Bagaimana cara mudah untuk memelihara burung ini agar selalu sehat dan rajin bunyi?. Sediakan kandang / sangkar untuk burung senyaman mungkin, kemudian pada siang harinya saat cuaca cukup panas. Kandang harus secara rutin disiram atau di semprot dengan bertujuan memberikan kelembaban udara di area kandang agar tetap terjaga.

Karena jenis burung ini tidak suka dengan udara yang terlalu panas, dan menyukai cuaca dan suhu yang dingin dan lembab. Berikut informasi selengkapnya tentang bagaimana cara merawat burung jalak bali ini agar dapat memiliki suara merdu.

7. Berapa harga untuk burung ini

Selain itu, harga jalak bali 2019 masih cukup stabil. Untuk anda yang ingin membawa pulang anakan dari jalak ini, maka anda pun dapat merogoh kocek sebesar 10 juta rupiah. Sedangkan bagi anda yang ingin membeli jalak bali gacor ukuran yang dewasa maka anda perlu menyiapkan kocek sebesar 25 juta rupiah, baca juga info seputar : harga burung jalak bali 2021

Baca selengkapnya :  Tips Membedakan Ciri Cucak Jenggot Betina Dengan Jantan

harga-jalak-bali-2019

Apa manfaat jalak bali ?. Bagi sebagian orang yang mempercayai mitos dengan memelihara burung ini yang dimana sebagai simbol kemakmuran dari jiwa seni yang cinta oleh hewan peliharaan khususnya untuk burung yang telah dilindungi di tanah air indonesia ini.

Jadi pantas saja harga burung ini tergolong relatif mahal, karena sudah dilindungi oleh pemerintah, Jika anda membeli burung ini mintalah sertifikasi yang asli untuk kepemilikan baik untuk pemeliharaan maupun untuk penangkaran. Dengan adanya sertifikat yang asli dan resmi sebagai tanda bukti yang disahkan oleh pemerintah.

Catatan : Awas jangan membeli burung ini tanpa adanya sertifikasi (SERTIFIAT) resmi dari pemerintahan. Karena sudah adan UUD pasal yang berlaku yang nantinya akan berbahaya bagi anda sendiri.

Bukan orang sembarangan dan hanya orang-orang tertentu saja yang paham dan mengerti untuk dapat memelihara burung jenis ini.

Jika telah ditelurusi dari sejarah burung ini sangatlah istimewa tentunya, dan banyak prospek peluang bisnis untuk anda yang ingin mencoba untuk membudidayakan burung langka ini. Nanti akan kita bahas pada artikel selanjutnya bagaimana cara sukses ternak burung jalak bali.

Penasaran dengan bunyi suara indah nan merdu burung ini ?.

Berikut download audio mp3 burung jalak bali

Suara Burung Jalak Bali Gacor

Download link disini


Suara Jalak Bali Gacor Mantap

Download link disini


Suara Kicau Jalak Bali Merdu

Download link disini

Demikian informasi singkat yang dapat kami berikan tentang burung jalak bali yang kiranya dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga : perawatan harian jalak bali

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari