Ciri Kacer Tipe Panas Atau Dingin Beserta Pola Rawatannya

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, Halo bagaimana kabarnya temen-temen kicau mania, semoga selalu diberikan kesehatan dan tetap semangat ya, masih kami bersama kami di situs resmi Kacer.Co.Id yang selalu konsisten memberikan informasi tentang burung kicauan sesuai dengan pengalaman.

Pada episode kali ini, saya akan membahas tentang ciri atau karakter dari burung kacer yang pada umumnya memiliki 2 tipe yang berbeda, ada yang tipe panas namun ada juga yang bertipe dingin. Banyak sekali para hobiis kacer mania khususnya bagi pemula yang tidak sedikit masih belum mengetahui tentang perbedaan kedua tipe tersebut beserta pola rawatan hariannya.

Perbedaan dan ciri kacer tipe panas dengan tipe yang dingin

Karena burung kacer ini merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sangat sensi dan mudah sekali bermasalah jika anda salah dalam memberikan perawatannya, misalkan burung gacoan anda memiliki karakter tipe dingin namun anda berikan pola rawatan yang tipe panas, sudah pasti tidak ketemu, yang pastinya burung kesayangan anda akan banyak menemui masalah dan bisa rusak nantinya. Oke langsung kepada pembahasan intinya !. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Karakter burung kacer tipe panas

1. Fisik kacer tipe panas

Jika dilihat dari bentuk fisik pada umumnya, burung tipe ini memiliki warna bulu yang lebih pekat hitam yang jelas mengkilat, dan warna bulu pada bagian dadanya berwar putih bersih yang disebabkan burung ini tidak begitu menyukai panasnya sinar matahari yang terlalu berlebih.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kepodang Supaya Rajin Berkicau

Dan apabila diperhatikan dengan teliti dapat anda lihat dari garis putih yang ada sayap kanan dan kirinya terlihat melebar. Pada habitat di alam liarnya, untuk kacer tipe panas ini sama halnya dengan karakter yang dimiliki oleh burung murai.

ciri-kacer-tipe-panas

2. Mental yang tinggi

Untuk mental burung kacer ini, lebih cenderung dan mendominasi yang kebanyakan memiliki jiwa tempur fighter yang sangat tinggi. Walaupun sifat dasar burung kacer ini adalah burung petarung. Akan tetapi untuk jenis tipe panas ini sudah pasti ngotot dan berdurasi ngeplay mudah ON saat di trek dengan sesama jenis kacer lainnya.

3. Sangat Peka

Kacer tipe panas ini sangatlah peka, jika mendengar suara apapun disekitarnya, apalagi suara burung masteran termasuk sesama jenis burung kacer lainnya yang dimana akan langsung ditanggapi / di respon secara cepat menyambut dan membalas dengan suara kicauan yang dimilikinya.

4 Tidak Tahan Jemur

Jika dilihat dari tingkah lakunya saat burung kacer ini dijemur, biasanya memiringkan tubuhnya sambil membuka kedua sayapnya seakan-akan sedang menikmati penjemurannya, akan tetapi dengan tipe seperti ini jangan terlalu lama untuk menjemurnya, maksimal setengah sampai 1 jam saja, lalu di angin-anginkan.

Apabila anda menejemur terlalu lama, maka akan berakibat fatal yang dikhawatirkan nanti akan berdampak buruk dan menimbulkan masalah seperti kanibal, dan mudah mbagong ketika di adu.

Tips Perawatan kacer tipe panas

  • Lakukan pengembuanan setiap harinya dari pukul 5 subuh.
  • Penjemuran jangan lama-lama cukup 30 menit saja, dijemur seminggu 2 kali saja.
  • Untuk pemberian jangkrik jangan terlalu banyak, cukup pagi 2 ekor dan sore 1 ekor, maksimalnya pagi 3 dan sore 3 ekor saja ya.
  • Usahakan mandi rutin setiap harinya agar suhu tubuh dan birahi serta emosi si burung kacer bertipe panas ini menjadi stabil, dan diusahakan mandi malam seminggu 3 kali.
  • Untuk tipe panas ini sebaiknya burung di tunggalkan, tidak ada burung sejenis di dalam satu rumah, bertujuan agar meredam sifat emosinya agar tidak terlalu over emosi nantinya.
  • Setingan untuk di trek atau dilombakan biasanya sebelum berangkat ke lapangan untuk di trek, sebaiknya burung harus dimandikan terlebih dahulu. Setelah itu berikan kroto satu sendok teh (sedikit saja) atau boleh diberikan ulat bambu sebanyak 2 ekor untuk stamina dan powernya. Jika dilapangan cuacanya sangat panas boleh disemprot krodong sedikit basah dan tangkringannya juga dibasahin agar burung bisa nyaman dan tidak terlalu kepanasan.
Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Cucak Rowo Bagi Pemula

perawatan-kacer-tipe-panas

Karakter burung kacer tipe dingin

1. Fisik Kacer Tipe Dingin

Untuk warna bulu yang dimiliki oleh kacer bertipe dingin ini kebanyakan berwarna hitam dop, yang diakibatkan karena sifat alamnya yang sangat senang berjemur di terik siang hari dan sering terkena paparan sinar matahari, hingga membuat warna bulu terlihat hitam pudar. Dan untuk garis slip yang berada pada kedua sayapnya sangat tipis dan sedikit.

2. Mental Yang Rendah

Kebanyakan burung bertipe ini memiliki fighter yang rendah. Bisanya saat bertarung emosi burung ini lebih stabil dan jarang sekali nangkur atau mbagong.

3. Tidak Peka (Kurang Respon)

Burung ini sebaliknya dari jenis tipe panas, yang dimana lebih banyak diam jika berada dirumah (kalem) biasanya hanya terdengar ngeriwik-ngeriwik saja seperti burung yang masih bahan.

ciri-kacer-tipe-dingin

Akan tetapi jika pola rawatannya tepat ketika di adu dilapangan burung ini langsung menunjukan keistimewaannya saat digantangan yang mampu mengeluarkan suara isian materinya, gaya tarung yang baik serta main di satu titik karena emosi dan birahinya dapat mudah dikontrol dengan karakternya sendiri.

4. Kuat Jemur

Burung kacer tipe dingin ini sangat kuat dan senang berjemur berlama-lama di bawah terik sinar matahari, bisa bertahan 2 sampai 3 jam. Misalkan anda menjemurnya dari jam 8 pagi sampai jam 11 siang hari. Karena fisiknya yang tahan jemur biasanya untuk jenis burung ini memiliki vokal yang jauh lebih kencang dengan volum yang tembus jika dibandingkan dengan tipe panas.

Tips Perawatan kacer tipe dingin

  • Untuk memandikan burung tipe dingin ini cukup 1 sampai 2 kali dalam seminggu, bahkan ada bahkan ada beberapa para kacer mania yang memandikannya 1 minggu sekali.
  • Penjemuran sangat kencang, minimal 2 jam setiap harinya.
  • Pemberian extra fooding jangkrik boleh anda berikan dengan porsi lebih tinggi : pagi 5 dan sore 5 ekor.
  • Disarankan agar lebih maksimal, latih burung ini dikandang umbaran seminggu 2 kali saja, dengan durasi kurang lebih sekitar 1 sampai 2 jam.
  • Setingan saat burung mau di adu dibawa kelapangan, tetap jangan dirubah dan tidak ada penambahan EF di H-2, H-1. Samakan saja dengan porsi hariannya. Hanya saja pada saat di lokasi lapangan berikan ef dengan porsi pangkas jangkrik berikan 1 terlebih dahulu dan lihat perkembangannya, jangan terlalu memberikan banyak jangkrik ketika berada dilapangan.
Baca selengkapnya :  Cara Mudah Setelan Lovebird Paud Untulan Agar Gacor Di Gantangan

Demikian tips untuk perawatan dan setingan kacer tipe panas dan dingin yang kiranya dapat menambah wawasan temen-temen kacer mania semua agar dapat menerapkan sesuai karakter yang tepat untuk burung kesayangannya agar dapat tampil maksimal dan mendapat juara saat digantang. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :
√ Rahasia Memaster Burung Kacer Agar Bongkar Isian
√ Cara Memilih Burung Kacer Bahan Yang Bagus
√ Perawatan Burung Kacer Supaya Tampil Nagen
√ Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong