Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Saat Di Lombakan

Diposting pada

Salah satu burung kicauan yang banyak di gemari oleh para pecinta burung adalah burung kacer. Burung kacer menjadi burung yang banyak digemari oleh para pecinta burung bukan hanya oleh pecinta burung dari Indonesia bahkan seluruh negara bagian asia seperti china, india dan juga semua Kawasan di asia tenggara.

Daya pikat burung ini adalah dari kualitas suaranya yang begitu nyaring jadi burung ini banyak dilombakan. Namun, di balik kelebihannya sebagai burung petarung sejati burung kacer ini memeiliki kekurangan yaitu sering mengalami mbagong yang dimana banyak orang belum memahami kenapa burung ini bisa seperti itu.

Orang yang sudah lama memlihara burung kacer pasti sudah terbiasa dengan keadaan kacer mbagong ini. Ke adaan ini sangat mengganggu dan merugikan apalagi jika kejadiaannya sedang lagi di adu atau sedang lagi lomba. Namun, jika yang sudah terbiasa mereka pasti sudah tahu bagaimana cara mengatasinya walalupun tidak semua bisa mengatasi kacer mbagong apalagi kamu yang baru pemain baru dalam dunia perburungan.

Untuk itu kalian simak pembahasan kali ini karena pembahasan kali ini akan membahas mengenai cara mudah mengatasi kacer yang mbagong dengan cepat normal kembali saat sedang diadu atau sedang lomba. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Namun sebelum kepada pembahsan mengenai cara mengatasi kacer mbagong, alangkah baiknya kamu menetahu apa itu kacer mbagong? Jadi, kacer mbagong adalah keadaan dimana burung kacer tidak bersuara. Istilah lain dari prilaku kacer mbagong adalah mbedesi atau juga biasa disebut kuda laut.

Kenapa di sebut seperti itu karena istilah tersebut diambil dari prilaku burung kacer yang seperti kuda laut dengan memposisikan badannya tegak, mengembangkan bulu dadanya, kemudian ekor lurus kebawah dan burung anya bersuara monoton yaitu cer cer. Nah itulah kenapa disebut mbagong karena perilakunya yang orang jawa bilang seperti bagong.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Setelan Lovebird Paud Untulan Agar Gacor Di Gantangan

Oleh karena itu kondisi mengatasi kacer mbagong ini harus cepat diatasi sesegera mungkin, walaupun untuk mengatasinya tidak mudah. Sebelum mengatasinya kamu harus mengetahui penyebab terjadinya perilaku kacer mbagong ini biasanya burng kacer mengalami kacer disebabkan beberapa faktor yang diantaranya seperti stress, trauma, kurang perawatan, mental burung kacer yang kurang bagus, kelebihan makanan, jenuh karena terlalu di porsir saat lomba dan masih banyak lagi penyebabnya.

Untuk mengetasinya kamu bisa lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi kacer mbagong ini.

burung-kacer

Tips Sederhana Menanggulangi Burung Kacer Yang Sering Mbagong

Memberikan ekstra fooding sesuai aturan

Cara pertama untuk mengatasi kacer mbagong yang disebabkan oleh kebenyakan mengkonsumsi atau memakan extra food yaitu kamu harus mengatur jadwal makannya dan mengatur porsi makanan yang akan kamu berikan kepada burung kacer peliharaanmu. Contoh pengaturannya seperti kamu harus membiasakan memberi 3 ekor jangkrik baik di berikan ada pagi hari atau sore hari.
Kemudian jika sudah sampai 4-5 hari kamu bisa menambah porsi makannya seperti menambah menjadi 4 jangkrik dan seterusnya. Namun jika burung kacer kamu masih mengalami mbagong kamu bisa menembah makanannya dengan menambah ulat bumbung.

Memandikan burung secara intensif dan benar

Kesalahan dari para pemelihara burung kacer adalh karena jarang memandikannya hal ini dapat membuat burung kacer mbagong. Kamu harus tahu bahwa mengatasi kacer mbagong merupakan burung yang senang mandi jadi kamu harus rajin memandikannya namun jangn terlalu sering juga.
Jika kamu sibuk dengan pekerjaan dan tidak sempat sebaiknya kamu sempatkan dan buat jadwal untuk memandikan burung agar burung tidak mbagong, biasanya burung kacer lebih suka dimandikan menggunakan keramba. Nah ini bisa anda lakukan agar burung bisa kembali normal.

Baca selengkapnya :  15 Makanan Jangkrik Agar Burung Kicau Tampil Maksimal

Sesuai kan sangkar dan pila tangkringan burung kacer

Pada hakikatnya burung adalah hewan yang hidup di alam bebas, jadi jika burung di pelihara dan di pindahkan dalam sangkar burung akan mengalami stress dan harus menyesuaikan diri dengan tempat tinggalnya yang baru. Untuk mengatasi kacer mebagong, sebaiknya jika sudah di tempatkan dalam satu kendang atau sangkar.

Sebaiknya jangan kamu pindah – pindahkan burung kesangkar lain dan juga jangan kamu rubah rubah pola kendang burung kacer tesebut karena itu akan mengganggu kenyamanan burung, dan jika kenyemanan burung terganggu akan menyebabkan burung mbagong dan stess.

kacer-nangkur

Dekatkan dengan burung dan ditempat ramai

Cara selanjutnya mengatasi kacer mbagong adalah dengan menyimpan burung berdekatan dengan burung lain agar burung mau bersuara dan tidak mudah panik saat harus di adu karena burung sudah terbiasa dengan keadaan tersebut.

Jika burung tidak di biasakan seperti itu burung akan strees dan merasa jenuh yang dimana akibatnya kan membuat baurung mbagong. Selain itu kamu bisa menyimpan burung si tempat yang ramai atau banyak orang agar burung bisa menyesuaikan diri dengan suasana yang ramai dan tidak takut ketika berkicau saat lomba.

Nah itulah beberapa cara mengatasi kacer mbagong semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan berikutnya.