Mengenal Burung Jalak Kebo, Habitat, Makanan, Suara Dan Harga

3 min read

jalak-kebo

Jenis burung yang juga banyak dikenal oleh kalangan pecinta burung adalah burung Jalak Kebo. Jenis burung satu ini biasa dikenal juga dengan Jalak Kerbau atau Jalak Hitam. Jenis burung yang tergolong dalam suku Sturnidae dengan ukuran tubuh sedangnya yaitu antara, 20-30 cm. Bagi para penggemarnya burung kicau ini hanya dipergunakan sebagai sarana burung master untuk melatih suara burung kicau jenis lain agar bersuara merdu.

jalak-kebo

Burung satu ini pun mempunyai keunikan tersendiri yang selengkapnya akan diulas melalui artikel ini. Untuk itu, bagi anda yang ingin memelihara burung ini, baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang makanan begitu pula habitatnya sehingga nantinya burung satu ini akan lebih mudah beradaptasi di tempat anda dan dapat untuk rajin berkicau gacor tentunya.

Hal Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Jalak Hitam

1. Perbedaan Jalak Hitam Antara Yang Jantan Dan Betina

Sebelum memutuskan untuk memeliharanya, anda sebaiknya juga perlu mengetahui tentang seluk beluk jenis burung satu ini. Ciri ciri yang terlihat dari jalak dengan kelamin jantan adalah memiliki warna hitam yang sangat tegas pada bagian kepal dan sayap.

Selain itu, jantan pun juga mempunyai ukuran yang lebih panjang dan besar. Kepala dari jalak jantan ini pun juga terlihat lebih besar dan berbentuk kotak.

jalak-kebo-betina

Sedangkan untuk burung jalak kebo betina adalah memiliki bulu yang berwarna hitam di bagian sayap dan kepala yang cenderung memudar. Selain itu bentuk tubuh dari jalak betina memiliki bentuk yang lebih kecil dan pendek. Untuk jalak betina ini juga mempunyaimahkota yang tumbuh di atas pangkal paruh dan mempunyai bentuk yang kurang rapi.

Baca selengkapnya :  3 Jenis Pakan Voer Terbaik Untuk Burung Pleci

2. Bagaimana Suara Dari Jalak Hitam

Burung satu ini mempunyai karakter suara yang terbilang cukup unik. Hal ini dikarenakan burung satu ini mempunyai suara dominan tembakan yang keras dan tajam dan juga memiliki variasi suara yang lumayan beragam.

suara-jalak-kebo

Selain itu, uniknya lagi burung satu ini juga mampu untuk menirukan berbagai suara manusia ketika anda sedang berbicara. Karena hal itulah, burung jalak hitam ini banyak disukai oleh penyuka burung, terutama burung kicau.

Bagi burung Jalak Kebo betina dan jantan juga memiliki jenis kicauan yang berbeda. Bagi burung yang memiliki kelamin jantan, maka untuk suara jalak kebo gacoran yang dihasilkan adalah sangat bervariasi yakni salah satunya memiliki volume yang lantang.

Sedangkan untuk burung jalak yang memiliki jenis kelamin perempuan memiliki jenis kicauan yang kalah berkualitas dengan jalak berkelamin jantan.

Bagaimana .. .? . Anda penasaran dengan suara burung jalak yang satu ini ?.

Berikut audio mp3 suara jalak kebo gacor yang dapat anda download secara gratis ! . .

suara jalak kebo gacor durasi panjang

Download link disini


download mp3 jalak kebo ngomong

Download link disini


suara burung jalak gacor

Download link disini


suara burung jalak betina

Download link disini


download suara burung jalak kebo pikat

Download link disini


masteran jalak kebo mata putih

Download link disini

3. Habitat Dari Jalak Hitam

Kenapa bisa dinamakan burung jalak kerbau ?.. Beginilah sejarahnya : Habitat aslinya burung ini biasa bersarang didalam lubang-lubang pohon besar. Dan sering juga kita jumpai di areal pesawahan sering sekali nampak sedang asyik bertengger diatas punggung seekor kerbau milik petani tentunya yang sedang ada diladang.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Puter Auto Gacor Mp3 Gratis

Habitat-burung-jalak-kebo

Burung ini sangat senang sekali menggoda kerbau yang sedang merumput atau berkubang dilumpur. Hal ini dikarenakan burung jalak gemar memakan parasit atau kutu-kutu/tungau yang menempel di pundak / punggung kerbau tersebut.

Selain itu, burung ini pun dapat hidup di daerah rawa rawa ataupun padang yang terbuka. Hal ini menyebabkan banyak orang mengetahui keberadaan burung satu ini ketika sedang di sawah.
Jalak ini pun juga memiliki kehidupan yang berkelompok, sehingga jika terbang anda pun bisa melihat 5 hingga 8 ekor kawanan jalak. Habitat dari burung ini terbanyak mendiami daerah Kalimantan, Sumatra, Jawa dan Pulau Bali, Malaysia, Thailand bahkan hampir di seluruh kawasan Asia Tenggara.

4. Makanan untuk burung jalak hitam

Bagi anda yang berencana untuk memiliki hewan satu ini, maka anda pun juga perlu untuk mengetahui jenis makanan jalak kebo apa saja yang biasa dimakan oleh burung satu ini. Jalak hitam, pada umumnya menyukai berbagai jenis pisang khususnya pisang kepok yang mempunyai daging berwarna putih serta boleh diselang seling dengan buah pepaya.

Selain itu, jenis burung ini gemar juga untuk memangsa serangga kecil, anda juga bisa memberi makan burung tersebut berupa kroto, jangkrik, ulat, cacing tanah dan juga voer yang memiliki kadar protein yang sangat efektif untuk diberikan kepada burung Jalak Kebo agar kondisinya selalu sehat dan tampil prima.

5. Berapakah harga burung jalak ini ?.

Jika anda tertarik dan penasaran ingin mencoba memelihara burung ini. Berikut informasi harga jalak kebo yang dapat anda jadikan sebagai acuan. Anda bisa membeli burung ini yang memiliki kelamin jantan dengan harga sekitar 150 ribu rupiah. Selain itu, untuk membeli jalak kebo mata putih yang sudah gacor, maka anda pun akan merogoh kocek yang lebih dalam yakni sebesar kurang lebih 200 ribu hingga 450 ribu rupiah.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Pakan Racikan Jamu Lovebird Konslet

harga-jalak-kebo

Sedangkan untuk yang termurah, anda bisa membeli Jalak Kebo bahan atau bakalan seharga 70 ribu hingga 80 ribu rupiah saja. Harga burung yang satu ini memang tergolong relatif murah dan berbeda jauh jika dibadingkan dengan harga burung jalak putih dan harga burung jalak nias yang masih melonjak tinggi di pasaran.

Keunggulan Dan kelemahan burung jalak hitam, Berikut kelebihan jalak kebo ; selain memiliki kegemaran untuk senantiasa mandi dan meniru suara jenis burung lainnya. Dan mampu juga untuk menirukan yang hampir mirip dengan suara manusia, seperti layaknya suara burung beo yang mampu menirukan banyak kosa kata bahasa manusia. Itulah keistimewaan yang dimiliki jalak kebo.

Namun disisi lainnya ada kelemahan dari burung ini, yang dimana warnanya jika dilihat kurang menarik. Kesehatannya sangat mudah drop (gampang sakit) dan mati. Pengembangbiakan masih sangat sulit untuk dilakukan.

Tips untuk merawat burung ini – peliharalah burung jalak hitam ini dengan sesama jenis pasangannya (jantan dan betina) di dalam satu sangkar agar dapat merangsang untuk tetap rajin berkicau merdu dan gacor dor.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar burung jalak kebo, yang kiranya dapat menambah pengetahuan anda dalam dunia perkicauan, semoga bermanfaat.