Rahasia Perawatan Burung Kacer Supaya Tampil Nagen Di Gantangan

Diposting pada

Bahkan tidak jarang, burung Kacer satu ini mengikuti audisi dan bersaing di Gantangan, walaupun populasinya saat ini sudah mulai berkurang alias langka.

Banyak para kacer maniak mengeluhkan kondisi burungnya saat ketika di arena kontes lapangan, banyak faktor yang permasalahan burung kacer tidak mau nagen di gantangan. Bagaimana cara merawat setingan kacer agar main nagen ? Simak ulasan berikut.

Trik Mudah Untuk Merawat Burung Jenis Kacer

1. Berikan Karet Pentil Atau Karet Gelang

karet-pentilBanyak rintangan yang harus dilalui oleh pemilik burung langka satunini, agar peliharaannya tidak turun dari tangkringan selama perlombaan berlangsung. Ketika burung lebih sering turun tangkringan, rasa malas berkicauakan semakin besar.

Untuk mensiasatinya, pemilik perlu melakukan beberapa trik khusus agar burung tidak hobi turun dari tangkringan. Salah satu caranya, dengan memberikan karet gelang di bagian bawah sangkar.

Ini merupakan salah satu cara agar kacer nagen di tangkringan. Cara ini dianggap ampuh, karena pemasangan karet gelang membuatnya tidak ingin turun dari angkringan. Jikalau pun memberanikan turun, burung Kacer akan kembali ke tempat tangkringan. Sekali kakinya menyentuh karet gelang, akan ada efek kaget yang membuatnya memilih untuktetap di tangkringan. Itulah sebabnya pada saat pertandingan, anda bisa melihat banyak sekali sangkar yang memiliki karet gelang di bagian dasar sangkar.

2. Berikan Bola Berwarna

bola-bolaMandi bola menjadi salah satu permianan popler, yang sangat digemari oleh kalangan anak anak. Selain terasa menyenangkan, mandi bola semakin menarik dengan hadirnya warna warni pada bolanya. Ketika berendam di lautan bola, anak akan berfokus bermain tanpa mengenal lelah.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Saat Di Lombakan

Tapi bagaimana jadinya jika, mandi bola diterapkan pada burung langka seperti Kacer ? Apakah hewan satu ini menyukainya ?.

Berbanding terbalik dengan keseruan si kecil yang senang bermain mandi bola, justru hewan mungil satu ini merasa sebaliknya. Bola warna warni tersebut, biasa digunakan pecinta burung untuk melatih peliharaannya. Berikan bola warna warni tersebut pada bagian bawah sangkar, agar si burung Kacer enggan untuk turun. Ketakutan burung langka ini berasal dari banyaknya warna yang dihadirkan, sehingga mereka lebih memilih nagen di tangkringan.

3. Letakkan Rumput Plastik

Rumput-PlastikAnda mungkin menemukan toko atau rumah hunian yang dipasangi rumput yang terbuat dari plastik. Mungkin memang bukan rumput asli yang biasa hidup di tanah lapang, namun keberadaannya mampu memberikan kesan asri di lingkungan sekitarnya. Biasanya rumput plastik seperti ini, hanya digunakansebagai hiasan, agar tampilan ruang tidak membosankan. Tidak hanya berfungsi untuk mendekor ruangan,karena anda bisa menggunakannya untuk melatih burung peliharaan.

Rumput plastik ini, telah banyak digunakan sebagai rintangan hewan peliharaannya. Dengan memberikan rintangan berupa rumput plastik, Kacer enggan untuk turun ke dasar sangkar. Hal tersebut dikarenakan, tekstur yang dibawa rumput plastik terasa kasar seakan seperti duri. Ketika kaki burung menyentuh benda hijau itu, dirinya akan merasa risih. Anda bisa menemukannya di toko terdekat, dengan harga yang cukup ekonomis.

4. Buatlah Tangkringan Dengan Bentuk Menyilang

tangkringan-silangCara satu ini, disebut sebagai salah satu cara ampuh untuk membiasakan burung agar tidak turun di dasar sangkar. Cobalah untuk memasang tangkringan dengan cara menyilang, atau menambahkan beberapa tangkringan lagi, ini merupakan tangkringan kacer yang bagus.

Dengan banyaknya tangkringan yang ada, burung Kacer akan malas untuk turun ke dasar sangkar. Kesulitan mencapai dasar, membuatnya betah berdiam diri di tangkringan.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Perawatan Burung Prenjak Lumut

Penilaian juri akan menurun,ketika burung peliharaan yang menjadi peserta lomba lebih menyukai dasar sangkarnya. Untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, berbagai cara dilakukan pemiliknya, agar hewan peliharaannya itu nagen selama pertandingan berlangsung.

Namun kebiasaan tersebut dapat dihilangkan, dengan memberikan rintangan pada dasar sangkar. Cara ini dirasa cukup efektif, agar burung terbiasa berada di tangkringannya.

Ada para pemain kacer yang bertanya ?. Burung tampilnya sudah nagen, tapi nggak mau bongkar isian ya ?.. Hmm solusinya bisa anda baca disini : cara membongkar isian kacer