Mengenal Jenis Burung Sikatan Londo Beserta Harganya

Diposting pada

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau dan kota. Di mana, setiap pulau tentu memiliki hewan khasnya masing-masing. Selain itu, banyaknya hutan di Indonesia membuat ekosistem alam terjaga dan para hewan bisa hidup dengan leluasa.

Salah satu hewan yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia adalah burung. Dari mulai yang hampir punah dan jenis terbaru bisa ditemukan. Salah satu jenis burung yang saat ini sedang populer adalah burung kicau.

Di mana, setiap kalinya sering ada kontes kicauan burung. Di sana, burung-burung akan dipertandingkan memakai kicauan suara. Burung yang berhasil memenangkan kontes adalah burung yang memiliki suara khas dan menarik.

Salah satu burung kicau yang bisa ditemukan dengan mudah adalah common nightingale. Di Indonesia, burung pemakan serangga ini sering disebut dengan nama sikatan londo. Sebenarnya burung yang memiliki ukuran tubuh kecil ini bisa ditemukan di beberapa negara Eropa dan asia barat daya.

Memahami berbagai macam burung sikatan yang ada di indonesia


Ciri-ciri Burung Sikatan Londo

Burung ini memiliki perawakan kecil dan mirip dengan burung lokal, yaitu burung tledekan pring betina. Ciri khas dari burung yang satu ini adalah ukuran tubuh kecil, yaitu sekitar 15 hingga 16 cm saja. Ukuran ini diukur dari ujung paruh sampai ujung ekornya.
Burung sikatan londo memiliki dominasi warna cokelat di bagian punggungnya. Sementara, untuk bagan sayap dan dada memiliki warna agak keabu-abuan.

Baca selengkapnya :  Manfaat Orong Orong Untuk Jenis Burung Kacer

burung-sikatan

Untuk bagian paruhnya memiliki warna kuning dan warna dai bagian matanya adalah hitam. Di sekitaran matanya, ada seperti kacamata tipis. Biasanya, burung ini memakan serangga yang berukuran kecil atau buah-buahan berukuran kecil pula.

Ciri khas burung jantannya adalah memiliki karakter suara yang keras. Sehingga, sering dijadikan sebagai masteran pada burung kicauan lain. Selain keras dan nyaring, kicauan dari burung ini sangat bervariasi dan bisa dikombinasikan dengan tembakan-tembakan khasnya.

Sebenarnya, burung ini berasal dari wilayah utara serta barat Amerika. Namun, saat ini di daerah tersebut sudah jarang dijumpai jenis burung ini.

Jenis-jenis Burung Sikatan Londo dan Harganya

Ada banyak sekali jenis-jenis burung sikatan londo. Di mana, hal ini membuatnya memiliki harga yang bervariasi dari mulai ribuan sampai ratusan ribu. Barikut beberapa jenis burung tersebut.

Burung Sikatan Londo Hutan

Sesuai dengan namanya, jenis burung yang satu ini berasal dari hutan. Biasanya, harga dari jenis burung ini relatif murah. Untuk bisa membuatnya memiliki kicauan yang bagus harus dilatih secara terus menerus. Hal ini dikarenakan, jenis burung ini masih belum memiliki kepiawaian dalam gacoran. Biasanya, harga yang ditawarkan adalah sekitar 30 ribuan.

Burung Sikatan Londo Gunung

Jenis burung sikatan londo ini hampir sama dengan jenis sebelumnya. Hanya saja, jenis yang satu ini ditemukan di pegunungan. Harganya pun sama dengan jenis yang pertama. Namun, untuk yang sudah dilatih dan memiliki kicauan bagus, maka harganya bisa mencapai 150 ribuan.

gambar-burung-sikatan

Burung Sikatan Londo Trotolan

Kalau jenis yang satu ini merupakan burung muda. Di mana, belum mempunyai pertumbuhan bulu yang sempurna. Biasanya, jenis burung ini hidup di alam liar dan memiliki harga yang ramah di kantong. Harga dari burung ini adalah sekitar 40 ribuan. Jika dilatih secara terus menerus, bisa menghasilkan kicauan yang bagus dan daya jualnya pun akan semakin meningkat.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Ciblek, Habitat, Harga, Suara

Burung Sikatan Londo Emas

Salah satu perbedaan yang menonjol dari burung sikatan londo ini dengan jenis sebelumnya terletak pada warna bulu. Di mana, untuk jenis yang satu ini memiliki warna yang dominan hitam di bagian kepala, punggung, sayap, hingga ekor.

Sementara, bagian dagu, leher, dan bagian dada ke bawah memiliki warna keemasan. Oleh sebab itu, namanya pun disesuaikan dengan warna bulunya. Warna cantik inilah yang membuat harganya jadi mahal, yaitu bisa mencapai 600 ribuan.

Burung Sikatan Londo Ekor Merah

Kemudian, ada yang memiliki warna ekor kemerahan. Warna dari ekornya ini akan menambah kecantikan dari burung tersebut ketika sedang melakukan kipasan kicau. Nah, jenis yang satu ini memiliki harga yang lumayan menguras isi dompet, yitu sekitar 700 ribuan.

Selain dilatih secara terus menerus, asupan nutrisi untuk burung sikatan londo pun harus diperhatikan. Terlebih, jika burungnya masih kecil. Jika saat usia 6 sampai 12 bulan, burung ini memiliki suara yang bagus, akan membuat daya jualnya semakin tinggi. Harga paling mahalnya bisa mencapai jutaan rupiah.

Nah, itulah berbagai hal terkait tentang burung sikatan londo. Burung yang memiliki kicauan bagus ini sering diikutkan untuk kontes-kontes. Di mana, untuk bisa memiliki kicauan yang bagus maka harus dilatih secara terus menerus. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pakan berkualitas.