Cara Merawat Cucak Cungkok Biar Cepat Gacor

Diposting pada

Halo sobat kicau, kembali lagi masih bersama kami disitus resmi Kacer.Co.ID yang selalu memberikan informasi terupdate seputar dunia burung kicau, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat cucak cungkok harian agar bisa rajin berkicau gacor dan baik untuk dijadikan burung masteran seperti murai, kacer, love bird dan kolibri.

Burung yang berasal dari negri china ini termasuk burung import yang hampir mirip dengan jenis burung cucak-cucakan yang ada di indonesia, terlihat sekilas mirip dengan cucak ijo atau cucak daun ya temen-temen!. Akan tetapi dengan kombinasi warna yang lebih banyak, seperti kuning, biru, hijau toska, dan kuning.

Burung ini memang sangat jarang ditemui sekalipun ada memiliki harga jual yang cukup mahal, karena kelangkaan import yang jarang di support dan dibatasi. Nah untuk info lebih lanjut bagaimana cara memberikan rawatan harian yang tepat untuk burung cucak cungkok ini ?. Yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Tips mudah perawatan burung cucak cungkok supaya rajin berkicau

Jangan lupa diberikan jangkrik setiap pagi hari sebanyak 2 sampai 3 ekor, lalu pastikan kondisi air minum yang diberikan kepada burung harus bersih dan diusahakan air mineral yang sudah dimasak matang, agar kesehatan siburung tetap terjaga. Selain itu untuk membersihkan kotoran yang ada pada sangkarnya, wajib dilakukan setiap hari agar udara segar fresh di area sangkar terasa nyaman dan tidak berbau yang dapat membuat burung serak dan merusak suara kicauannya apabila sangkar jarang dibersihkan dari kotorannya.

pemberian-air-minum

Terkadang burung ini sangat menyukai mandi dan sering mandi sendiri di cepuk minumnya, jadi sediakanlah wadah atau cepuk untuk air minum si burung cucak cungkok dengan ukuran yang agak besar ya, air minum sebaiknya setiap hari harus diganti maksimal 2 kali (pagi dan sore).

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Kacer Mabung Agar Cepat Tuntas

Saya sudah mengamati dan menganalisa jika minuman yang diberikan dalam kondisi kotor burung tidak mau minum, dan tidak mau gacor. Lalu rutinlah setiap hari burung cucak cungkok ini harus dijemur, akan tetapi tidak boleh terlalu lama, sekitar 20 sampai 30 menit maksimalnya, karena sifat burung yang satu ini tidak terlalu tahan oleh panas sinar matahari.

penjemuran-cucak-cungkok

Dalam proses penjemuran apabila burung sudah terlihat gelisah, mangap dan menggembangkan bulu dan sayapnya dengan waktu durasi penjemuran yang telah ditentukan, maka angkatlah dan angin-anginkan terlebih dahulu. Biarkan selama 15 menit, lalu diberikan pakan tambahan buah segar seperti pisang kepok yang sudah matang, atau dapat diselang – seling menggunakan buah pepaya. Agar lebih mendapatkan hasil yang maksimal oleskan madu pada pisang kepok yang diberikan 1 minggu sekali.

Laukan secara rutin dan konsisten selama kurun waktu 1 sampai 2 bulan maka anda akan merasakan hasil yang di harapkan dengan mendengarkan suara gacor yang dikeluarkan oleh burung cucak cungkok tersebut.

Suara gacor burung cucak cungkok

Burung yang memiliki suara unik, dan memiliki banyak variasi ini juga sangat pandai menirukan suara-suara burung ocehan lainnya, burung cucak cungkok ini tergolong satu satu burung cucak-cucakan yang cerdas jika dimasteri mudah sekali masuk isiannya.

Lakukanlah pemasteran atau perdengarkanlah suara burung ocehan lainnya, seperti cucak jenggot, kapas tembak dan suara crecetan burung – burung kecil seperti kolibri gacor.

gambar-burung-cucak-cungkok

Berikut dibawah ini kami sediakan suara burung cucak cungkok full isian yang dapat temen-temen download secara gratis yang dapat dimanfaatkan sebagai masteran mp3 memamncing suara cucak cungkok kesayangan anda dirumah.

Baca juga : Mengenal Jenis Burung Cucak Cungkok Beserta Harganya