Cara Merawat Burung Samyong Agar Cepat Gacor

Diposting pada
Rate this post

Assalamualaikum, wr, wb. halo sobat kicau mania kembali lagi masih bersama situs Kacer.Co.Id yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips tentang cara merawat burung samyong,

nah bagi temen-temen penghobi burung ocehan senior tentu nggak heran lagi dan mungkin sudah pernah memiliki dan paham dengan rawatan hariannya, jenis burung samyong samyong ini sempat terkenal dan populer di masa tahun 90 an ya, yang dimana menjadi rivalnya burung poksay dan wambi pada masa itu.

Jika kalian mampu membuat burung samyong ini menjadi gacor atau rajin berkicau di rumah, sudah pasti suasana dirumah kalian tidak akan sepi, karena karakter suara samyong ini sangat merdu dan enak didengarkan ya temen-temen.

Oke langsung aja kita ke tema pembahasannya ya, khusus bagi kalian yang pemula atau sedang mencari burung ini untuk dipelihara dirumah, sebaiknya kalian simak tips rawatan hariannya burung samyong selengkapnya dibawah ini :

cara-merawat-burung-samyong-bakalan

Cara Merawat Burung Samyong Muda Hutan


Persiapan Kandang Yang Tepat

Nah untuk sangkar yang cocok buat burung samyong itu seperti apa sih ?. Bagi temen-temen sebelum membeli burung ini, sebaiknya harus menyiapkan kandang atau sangkarnya terlebih dahulu ya, baik itu perlengkapan, seperti tangkringan, wadah pakan dan minum, alas kotorannya, kerodong ataupun yg lainnya.

Jika persiapan sudah lengkap tentu saat kalian sudah mendapatkan burung samyong tersebut tidak akan kebingungan lagi untuk mencari tempat yang pas dan nyaman untuk rumah barunya.

Namun bentuk kandangnya seperti apa yang baik untuk burung samyong ini !. Saran dan pengalaman kami, kalian siapkan kandang bulat besi yang seperti digunakan burung lovebird ya, untuk tangkringan / tenggeran nya cukup satu saja ya, dengan menggunakan kandang besi ini bertujuan agar menjaga burung lebih aman dari serangan predator yang ganas seperti kucing ataupun tikus ya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Dengan tangkringan hanya satu saja, agar membuat burung lebih cepat jinak dan membatasi ruang gerak (grabak-grubuk) jika burung masih dalam kondisi giras ya.

Kebersihan Kandang, Mandi Dan Jemur

Untuk masalah kebersihan kalian harus wajib membersihkan kotorannya setiap hari ya temen-temen, tentu agar membuat burung samyong ini menjadi lebih merasa nyaman, jika sudah nyaman pasti burung akan sehat, jika sehat pasti akan mau bunyi tentunya heheh.

Nah kalau kandang selalu dalam keadaan bersih, bukan hanya burung yang mendapatkan kesehatan, untuk kita sebagai pemiliknya juga akan sehat dan tidak terserang virus dari bau kotoran burung itu sendiri.

jenis-burung-samyong

Setelah kandang sudah dibersihkan, sekalian juga burung harus dimandikan ya dengan cara di semprot halus saja sampai bulunya terlihat basah merata. Jika bulu burung samyong ini sudah nampak setengah kering barulah kalian lakukan penjemuran, letakkan saja kandangnya di bawah ya,

karena sekaligus melatih burung agar cepat jinak dan terbiasa dengan lalu lalangnya orang lewat. Nah untuk durasi penjemurannya juga jangan terlalu lama-lama, yang dikhawatirkan bisa merusak kualitas suara burung samyong tersebut.

Pemberian Pakan Dan Multivitamin

Makanan kualitas bagi setiap jenis burung tentu wajib kalian perhatikan ya, baik dari voer ataupun pakan tambahannya berupa serangga kecil. Nah untuk voer yang cocok dan disukai oleh burung bisa kalian gunakan topsong kuning atau jenis merk lainnya yang penting jenis voer kasar ya.

Untuk pakan serangga berikan jangkrik, kroto ataupun ulat hongkong yang kalian variasikan setiap harinya, agar burung tidak jenuh dan selalu memiliki nafsu makan yang baik.

Ketika memberikan jangkrik harus dengan menggunakan tangan kalian secara langsung ya, agar melatih burung juga untuk mengenal si pemiliknya, tentu proses latihan penjinakkan juga ya secara tidak langsung.

Baca selengkapnya :  Cara Memberikan Isian Masteran Burung Yang Baik Dan Benar

Berikan juga vitamin tetes yang dicampurkan di air minumnya, gunakan merk yang menurut kalian bagus dan cocok serta aman bagi burung, berikan sesuai aturan pakai yang tertera di produknya ya.

Bagi temen-temen yang ingin mencari atau membeli nya di kios atau ombyokan, silahkan cek harga pasaran burung samyong disini

Demikianlah tips perawatan burung samyong yang bisa kalian terapkan sehari-hari agar bisa membuatnya menjadi gacor dor ya, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari