Cara Merawat Burung Kerak Basi

Diposting pada
Rate this post

Kembali lagi masih bersama situs resmi Kacer.Co.ID, nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar cara merawat burung kerak basi, spesial bagi temen-temen penghobi burung ocehan ya,

terlebih yang sudah senior pasti sudah kenal dengan burung yg satu ini !.
Ya kerak basi namanya !.. Nah kerak basi ini jika diperhatikan sekilas memang terlihat agak mirip dengan jenis burung sikatan londo ya, namun dari keturunan gen tentu berbeda,

burung ini memiliki kepiawaian berkicau yg tidak usah diragukan lagi ya, suara khas nyekrak nya yg kasar dan di kenal juga oleh sebagian kalangan memanggilnya dengan sebutan cikrok kutub.

Oke langsung aja kita masuk ke pembahasan lengkapnya, bisa sobat simak selengkapnya dibawah ini :

Cara Merawat Burung Kerak Basi Agar Rajin Bunyi


Cara Menjinakan Burung Kerak Basi

Apabila burung kerak basi temen-temen masih takut sama orang, atau istilah katanya giras lah ya, jadi langkah awal yang terpenting ini harus dikondisikan terlebih dahulu, jangan terburu-buru langsung memberikan rawatan ataupun setingan yang kalian ingin terapkan, melainkan kondisi burung harus sehat dulu, dan harus di jinakkan ya.

kerakbasi-ramai

Tips penjinakkan nya cukup mudah, kalian bisa menerapkannya pemandian dengan basah kuyup dan sering meletakkan kandangnya di bawah lantai ya, agar terbiasa dengan lalu lalangnya orang berjalan / lewat,

dengan kondisi keramaian setiap hari, tentu burung lama-kelamaan akan menjadi biasa, jika masih sulit juga bisa di barengi dengan terapi lapar juga ya.

Baca selengkapnya :  Download Audio Mp3 Masteran Suara Trucukan Gacor Ngeropel

Makanan Kerak Basi Besar

Sebenarnya tidak hanya jenis burung kerak basi besar saja ya, intinya baik itu pakan burung kerak basi alis putih, hitam ataupun ramai tentu pakan di habitat alamnya sama saja ya.

Burung kerak basi ini sangat menyukai serangga, seperti jangkrik, kroto serta ulat ya. Sama seperti burung kicau pada umumnya. Namun keistimewaan burung ini sangat sekali lahap dan doyan dengan porsi yang lumayan boros perharinya jika memakan jangkrik ataupun ulat, walaupun tubuhnya yang berukuran kecil, namun makannya banyak ya.

Cara Mudah Melatih Kerak Basi Makan Voer

Nah bagi temen-temen yang membeli burung kerak basi ini langsung dari ombyokan, tentu kondisi si burung masih dalam keadaan giras, stres dan juga pastinya belum terbiasa untuk memakan voer.

Karena biasanya si penjual memberikan pakan hariannya, ketika masih berada di kiosnya atau di kandang ombyokannya ini juga secara berjamaah dan full pakan alami tentunya. Maka dari itu ketika kita sudah pinang ini burung, dan kita mulai merawatnya tentu kalian harus wajib melatihnya agar si burung kerak basi ini, gimana caranya agar mau makan voer ya !.

Nah voer untuk kerak basi yg biasa saya gunakan adalah leopard hijau (rumput laut), biasanya burung ini sangat senang ya, dan voer halus ini wajib diberikan setiap hari menjadi pakan umatanya ya temen-temen.

makanan-kerak-basi-besar

Tips Rawatan Hariannya Yg Tepat

Jika sudah menjalani proses penjinakkan, dan burung sudah mengenal rasa pakan voer hariannya, barulah kita menuju proses perawatan yang baik dan benar ya.

Pada umumnya sama saja dengan cara merawat burung kicau yg lainnya ya, seperti : pengembuanan di waktu pagi hari, pemandian serta penjemurannya, pengkrodongan dan pemasteran.

Baca selengkapnya :  Perawatan Lovebird Tipe Basah

Namun intinya : di saat memandikan burung kerak basi ini harus setiap hari dengan menggunakan spray (semprotan) ya, dan pada durasi penjemurannya juga harus rutin setiap hari ya, kurang lebih sekitar 30 – 40 menitan saja sudah cukup.

Pemasteran boleh menggunakan audio smart mastering mp3 dan jika saat malam hari burung wajib di kerodong agar fokus untuk beristirahat dengan tenang.

Nah bagi kalian yang memiliki burung kerak basi macet bunyi, kalian tidak usah khawatir ya, dengan pola rawatan harian yang konsisten, dan tepat yang sudah dijelaskan diatas, tentu akan menjadi solusi permasalahan kalian dalam memberikan perawatannya ya.

Demikianlah informasi seputar cara merawat burung kerak basi, yang bisa kalian coba. Semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari