Persiapan Sangkar Burung Kicau Beserta Kelengkapannya

Diposting pada

Salam satu hobi. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer. Disini kami akan membahas informasi yaitu tentang “sangkar burung” Berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

Persiapan sangkar burung kicau beserta kelengkapannya merupakan hal penting yang harus Anda lakukan selain memikirkan penempatan sangkarnya ketika memutuskan untuk memelihara burung kicau.

Bagi penggemar burung kicau, khususnya penggemar yang berniat menggelutinya dengan berbagai alasan, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan sangkar sebelum membeli burung kicau yang diminati.

sangkar-burung

Sangkar yang dipersiapkan harus sesuai dengan burung kicau yang akan dipelihara, baik bentuk dan ukurannya.

Tips menyiapkan perlengkapan sangkar yang tepat

Adapun tujuan dari mempersiapkan sangkar terlebih dahulu sebelum membeli burung kicau, yaitu: Agar bisa memilih sangkar yang benar-benar pas dan sesuai dengan selera hati dan dapat membenahi kekurangan atau meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik.

Namun jika anda baru saja membeli sangkar yang baru jadi setidaknya anda harus mempunyai waktu yang cukup untuk menghilangkan bau pernis, pelitur, dan melamin yang sengaja dipoleskan ke sangkar oleh pengrajin sangkar dan penjualnya.

Jika dibiarkan, bau-bauan tersebut karena dapat membuat burung merasa tidak nyaman dan bisa menganggu kesehatan burung kicau kesayangan anda. Hal tersebut tidak dapat dilakukan sebagaimana mestinya jika sangkar dibeli bersamaan dengan burung kicaunya karena digunakan saat itu juga.

Namun tidak sedikit para hobiis yang menyepelekan dalam persiapan sangkar ini, terkadang ada juga yang langsung membeli burja (burung aja) akan tetapi belum memiliki sangkar ?. Dan menaruh burung di tempat untuk menempatkannya di kandang burung bekas dan apa adanya hasil meminjam oleh teman kerabatnya lagi, sungguh sangat menyedihkan jika segala sesuatu tanpa adanya perencanaan yang matang khususnya hobi sendiri.

Baca selengkapnya :  Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Berhubung dengan menyangkut ekonomi, yang namanya hobi pasti tidak segan-segan untuk mengeluarkan bajet yang cukup besar untuk memuaskan sebuah hobi tentunya apalagi untuk mempersiapkan segala kebutuhannya terutama sangkar yang baik dan layak untuk burung spesial kesayangan tuannya. Jika anda berencana ingin memelihara burung lovebird maka ada baiknya anda tanyakan terlebih dahulu ke penjual berapa harga sangkar burung lovebird nya, yang nantinya bisa anda persiapkan anggaran dan lalu membelinya.

sangkar-ebod

Untuk harga sangkar burung ebod memang agak sedikit mahal dari yang lainnya, namun ada juga alternatifnya untuk memilih model sangkar bnr yang relatif lebih murah tapi juga mempunyai kualitas yang sama dengan menjamin keamanan, keawetan produknya hingga burung terasa nyaman dan pastinya tidak akan mengecewakan para hobiis kicau mania.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan sangkar sebelum membeli burung kicau merupakan tindakan bijaksana untuk memperkecil resiko buruk yang dapat terjadi.

Persiapan Sangkar Burung Kicau

Kelengkapan sangkar berupa tempat pakan dan minum serta tenggeran atau tangkringan sudah seharusnya dipersiapkan sebelum memasukkan burung kicau dalam sangkar.

Hal penting diperhatikan dari kelengkapan sangkar yaitu fungsinya secara tepat dan benar.

Di pasaran, tersedia beragam jenis tempat pakan dan tempat minum, baik dari bentuk dan ukurannya. Bahan yang digunakan pun beragam, mulai dari tanah liat, kayu, plastik hingga porselin.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tempat pakan dan tempat minum hendaknya sudah harus disiapkan yang ada di dalamnya sehingga terlihat oleh burung kicau, terutama burung kicau bakalan atau burung kicau anakan yang baru belajar makan sendiri.

Oleh karena itu, tempat yang paling tepat dipersiapkan untuk burung kicau bakalan dan anakan yaitu terbuat dari bahan plastik.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Cabe Cabean atau Kemade

Hal tersebut disebabkan bahan dari plastik bersifat transparan sehingga isi di dalamnya dapat terlihat dari luar dengan cukup jelas. Untuk burung kicau yang sudah lama dipelihara, tempat pakan dan minum bisa dibuat dari bahan lain.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat pakan dan minum adalah kecocokannya (keserasian) dengan bentuk dan ukuran sangkarnya serta kebiasaan makan dan minum burung kicau peliharaan anda yang bertujuan untuk kenyamanan agar burung betah di sangkar dan dapat rajin berkicau.

model-sangkar-bnr

Penempatan Sangkar Burung Kicau

Jika anda ingin membeli sangkar kayu dengan bentuk kotak. Untuk harga sangkar burung kacer tergantung ukuran nomor, ada yang nomor 1, 2 dan 3 harganya pasti berbeda-beda, jika anda ingin membeli burung kacer memang sangkar kayu kotak ini sangat pas dan cocok, maka disarankan ada baiknya anda pilih sangkar yang berukuran no.1 atau 2 agar burung dapat bergerak lebih bebas leluasa, untuk kandang no. 3 disarankan untuk burung jenis kenari.

Untuk menempatkan posisi tangkringan yang tepat untuk pijakan kaki burung memang sangatlah penting, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sesuaikan ukuran tangkringan dengan jenis dan cengkeraman kaki burung kicau. Usahakan agar ujung jari kaki depan dan belakang tidak bertemu saat burung mencengkeram tenggeran.

Dalam memilih model sangkar burung minimalis sangat dianjurkan karena dapat memudahkan anda nantinya dalam tahap perawatan. Untuk sangkar jenis ini sangat cocok untuk burung kicau bertubuh kecil seperti ciblek dan kerabatnya dari keluarga silviidae, terdapat pertimbangan lain dalam memilih tenggerannya. Hal ini disebabkan jenis burung kicau tersebut sering bergerak, baik saat berkicau maupun tidak berkicau.

persiapan-wadahpakanminum-tangkringan

Saat memamerkan suaranya, kelompok burung kicau jenis ini selalu bergerak lincah ke segala arah. Oleh sebab itu, agar suara dan gerakannya juga bisa dinikmati, pilih tenggeran dari kayu dengan 3-4 cabang kecil. Beberapa ranting cabang yang dapat digunakan antara lain cabang pohon bougenville, jambu air, jambu batu, belimbing dan jarong.tenggeran.

Baca selengkapnya :  Tengkek Buto Guru Vokal Terbaik Untuk Masteran Burung Lovebird

Sebelum digunakan, cabang tanaman perlu dikupas kulitnya dan keringkan. Hal yang perlu dicermati dalam menggunakan tenggeran bercabang adalah penempatan posisi setiap cabangnya diatur agar burung kicau memilki ruang gerak. Usahakan agar tenggeran kokoh dan tidak goyang sehingga burung kicau tidak terganggu saat berkicau.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Persiapan Sangkar Burung Kicau Beserta Kelengkapannya

Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda di dunia burung kicau. Terima kasih.