Tips Obati Suara Serak Pada Murai Batu

Diposting pada

Saya pengen menjawab nih ya pertanyaan dari temen-temen tentang masalah suara serak pada burung murai batu, nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips obati suara serak pada murai batu dan bagaimana cara mengobatinya atau menanganinya ?.

Dan kali ini saya mau beritahu kepada teman-teman ada beberapa obat atau ramuan yang bisa kita berikan kepada burung Murai Batu, yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita Oke simak terus ulasannya dibawah ini :

Analisa Penyebab Burung Murai Kicauannya Parau

Sebelum langkah pengobatan burung murai batu kita alangkah baik kita itu melihat dulu Apa penyebab murai batu kita tuh Kok bisa serak gitu ?. Apakah karena salah memberikan rawatan, tidak tepat dalam penjemuran, apa karena salah makanan atau karena iritasi atau virus dan sebagainya.

Memang cara mudah yang instan untuk mengobati suara serak pada murai banyak yang menjual obatnya dikios-kios burung terdekat ya, seperti khusus untuk gurah burung – burung fighter seperti murai, kacer dan cucak ijo biasanya. Akan tetapi tidak dijual dengan harga yang murah dan banyak sekali keluaran merek jenisnya..?. Jadi kita sebagai pembeli malahan bingung !. Bagus mana ya, nanti sudah beli mahal-mahal eh tidak cocok lagi !.

Menggunakan Bahan Herbal Alam

Pertanyaannya adalah apakah ada bahan alami yang lebih aman dan kira-kira terjangkau dan mudah di temui di sekeliling kita ?. Jawabannya : Ya ada pastinya !.. Jangan khawatir.

Apabila kalian itu pengen sesuatu yang alami dan tentunya harganya murah dan gampang ?.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Cucak Keling, Mitos, Harga Dan Suara

1. Lateng Putih

Tumbuhan ini masih sangat liar dan banyak sekali dijumpai di sekeliling rumah anda, atau di pinggir jalan yang masih banyak daun-daun atau semak belukar ya. Dan kalian bisa pakai daun lateng putih yang dimana daunnya itu kita tumbuk halus dicampurkan ke air lalu direbus hingga matang dan dinginkan, setelah itu ampas dari daun lateng tersebut disaring ya terlebih dahulu ya, jika airnya sudah dingin lalu boleh kita berikan kepada burung murai batu kita, berikanlah secara berturut-turut selama 3 hari.

daun-lateng-putih-obat-serak-burung

2. Daun Saga

Atau temen -temen juga bisa pakai daun saga daun saga itu kalo orang Jawa bilang itu namanya sogok tunteng itu ya sogok tunteng itu juga bisa dipakaikan untuk mengobati masalah pada suara burung yang hilang atau malas berkicau serak tidak nyaring ya, dalam pemberiannya sama seperti memberikan racikan lateng putih seperti penjelasan diatas ya.

daun-saga-untuk-murai

3. Merica

Terus yang lebih praktis dan ini juga termasuk bahan herbal yang sering sekali digunakan oleh para pemain murai batu mania di pulau jawa, kalian bisa memberikan lada halus (merica) ini karena untuk perawatan suara yang serak juga bisa dan untuk membantu Metabolisme karena dia sifatnya nanti kan di tubuh itu hangat.

merica-untuk-burung

Cara pemberiannya bisa kalian taburkan sedikit saja di wadah EF yang dicampur dengan kroto dengan takaran 1 sendok makan saja, dan lebih baiknya saya anjurkan pemberiannya pada sore hari ketika burung mau istirahat malamnya, dengan kondisi kandang yang di kerodong.

Dan biasanya burung pasti nggak suka dengan aroma kroto yang sudah tercampur merica tersebut !. Ketika dikasihkan itu biasanya ada reaksi yang aneh dan tidak seperti biasanya, yang jadinya si burung ini males mau makan !.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Penanganan Burung Kenari Yang Over Birahi

Nah sebelum diberikan merica bubuk ini ke kroto usahakan makan dari siang itu teman-teman sudah copot ya makannya saja, minumnya tetap makannya teman-teman copot, karena memang burung itu lalapar ya mau nggak mau pasti akan dimakannya bener nggak ?.

Untuk pemberian merica yang dicampurkan ke pakan EF kroto ini khusus untuk burung yang salah rawatan ya, berbeda dengan burung yang memang kondisinya mengalami sakit pada saluran pernafasan, radang tenggorokan, yang memungkinkan harus dibantu juga dengan obat. Dan jika kasusnya seperti ini ada lebih baiknya kalian mengkombinasikan antibiotik seperti amoxilin yang digerus halus lalu dicampurkan ke mericanya ya, agar di dukung dengan obat khusus untuk menyembuhkan penyakit dalamnya.

Menggunakan Produk Instan

Ada banyak sekali jenis obat-obatan khusus burung seperti gurah yang dijual dipasaran, yang bisa kalian dapatkan seperti : Gurah BNR, gurah sempati, fixon, oxivoice plus, TOP ONE, catalyst dan lain-lainnya.

obat-serak-instan-bayar

Sudah pasti dari setiap macam merek berbeda pula harga jualnya!. Dan semuanya dikembalikan lagi kepada anda sebagai pemilik burung murai kesayangannya, apakah mau yang praktis, murah meriah dan atau juga mau yang berbayar mahal dan instan.

Oke itu saja tips obati suara serak pada murai batu yang dapat kami berikan, sesuai dengan pengalaman yang sudah saja jalani dan alhasil positif dapat memulihkan kualitas suara burung gacoan agar berkicau cetar membahana maksimal.

Baca juga : Setingan Kroto Untuk Murai

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari