Mengenal Jenis Burung Bultok, Ciri, Harga, Suara

Diposting pada

Hobi memelihara burung sebenarnya sudah sejak dulu ada. Walaupun tidak setenar sekarang ini. Kini hampir sebagian besar masyarakat ikut berlomba-lomba untuk memelihara burung. Baik karena hobi atau juga untuk ikut berkompetisi. Banyaknya penggemar burung membuat banyak sekali agenda kompetisi burung.

Adapun kompetisi yang diadakan dengan jenis yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu burung bultok. Tahukah kalian apa itu burung bultok? Mungkin sebagian orang, apalagi sang kicau mania tentulah tak asing dengan burung satu ini. Jadi burung bultok ini mendapat julukan si tuan takur.

Lantaran jenis burung bultok ini doyan makan. Pada mulanya ama bultok itu sendiri diambil berasal dari suaranya. yang mana suara burung bultok terdengar dengan kicauan ”bultok, bultok, bultok”. Maka dari itulah burung tersebut dinamai burung bultok.

Mengetahui lebih dekat karakteristik yang dimiliki oleh burung takur


Ciri-Ciri Burung Bultok

Kemudian untuk mengenali secara nyata terkait burung bultok. Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Setiap burung tentunya memiliki ciri-ciri masing-masing. Begitu pula dengan burung bultok.

Nah, maka dari itu kenali burung bultok dengan ciri-cirinya yang akan diulas pada artikel ini. Bila dilihat dari segi fisik burung bultok memiliki bentuk tubuh yang kurang menarik.

jenis-bultok

Layaknya dengan wortel besar dan terbalik. Untuk itulah burung ini hanya digemari oleh penggemar burung dari kalangan bawah. Selain itu, burung bultok juga tampak aneh bila dilihat dari samping. bentuknya terlihat sedikit menakutkan. Mata burung tersebut senantiasa menatap tajam dan paruhnya tampak begitu besar.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Burung Cucak Rowo Rajin Berkicau Gacor

Burung Bultok juga merupakan monomorfik yang termasuk sulit membedakan di antara burung jantan dan betina tak punya ciri-ciri signifikan. Burung tersebut juga dapat dibedakan melalui perbandingan.

Hingga kini para kicau mania pun juga sulit untuk membedakan jenis burung ini. Tubuhnya yang memiliki ukuran lumaya besar yaitu 29 cm, kemudian kepalanya pucat, bercoret, serta matanya melotot.

Bulu-bulu utama yaitu warna hijau. Terkecuali pada bagian kepala dan leher memiliki warna coklat kekuningan pucat dan cretan putih khas di bagian kepala serta tubuh pada bagian bawah berwarna putih. Burung ini mempunyai kaki berwarna kuning, paruhnya berwarna merah jambu serta iris mata warna kuning tua.

Suara Burung Bultok

Habitat burung bultok yaitu berada di alam liar seperti hutan sekunder dan terbuka dan pastinya jauh pemukiman penduduk. Meski burung ini hidup di alam liar namun kerap kali terlihat.

Adapun makanan yang dimakan oleh burung bultok yaitu berupa serangga besar serta buah-buahan. Tahukah kalian yang menjadi daya tarik buat burung bultok ini?
Jadi burung bultok memiliki daya tarik yang terletak pada suaranya. Suara burung bultok cukup jadi ciri khas ketika sedang berkicau. Suaranya begitu khas. Suara yang dihasilkan dari burung bultok ketika sedang berkicau yaitu dengan bul…tok bul…tok.

Tentu saja suara tersebut sangat menarik perhatian. Suaranya yang bernada rendah namun terkadang cukup keras. Tetapi burung ini tetaplah memiliki kelemahan yaitu penampilannya mirip burung bodoh dan cenderung keras bila dibandingkan burung yang lain.

Tips ketika akan memelihara burung blutok yaitu sebaiknya memelihara di kandang yang berukuran besar serta berpasangan. Hal itu akan memudahkan sang pemilik ketika hendak merawatnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Murai Batu Lampung (Pola Motif Ekor Dan Harga)

Penasaran dengan suara khas dan unik burung yang satu ini, yuk simak dibawah ini , yang bisa anda unduh secara gratis suara burung bultok mp3 audio auto gacor.

 

harga-burung-bultok

Harga Burung Bultok

Nah, buat pecinta kicau mania sudah tentulah menyukai seni beternak ataupun memelihara burung. Sehingga mereka tidak akan segan-segan merogoh kocek banyak untuk memperoleh burung kesayangan demi memenuhi hobinya. Ketika seseorang sudah hobi, maka akan sangat tidak keberatan berkorban untuk memuaskan hobi.

Memelihara burung juga merupakan hobi. Yang mana membuat orang tersebut tidak segan menghabiskan banyak materi guna memperoleh koleksi burung. Padahal seperti yang diketahui bersama jika harga burung tidak main-main. Jumlahnya bisa membuat orang awam menelan ludah berkali-kali.

Tetapi walau demikian tetaplah tak bisa dipungkiri jika jual beli burung tetap saja menjadi kegiatan yang menarik. Tinggal melihat seberapa banyak budget yang kalian miliki untuk memelihara burung tersebut.

Berhubung ada banyak sekali pecinta kicau mania ingin berternak atau memelihara burung maka berikut ini bakalan mengulas sedikit terkait harga burung. Termasuk harga burung bultok.

Mengapa perlu tahu harga burung? Sebab itu nanti sebagai acuan kalian sebagai perbandingan yang bertujuan untuk mengetahui harga burung satu dengan burung lain. Itu juga sebagai tolak ukur untuk seseorang memilih harus membeli burung apa.

Misalkan ingin memiliki jenis burung Beo, atau Lovebird, nuri, kacer, jalak suren, sikatan londo, burung hantu, kakatua, burung dara, burung parkit dan jenis burung lain. Nah, untuk harga burung bultok sendiri yaitu Rp. 800.000 ternyata harganya bisa bersaing dan cukup fantastis. Nah, itulah serangkaian mengenai ulasan burung bultok yang diharapkan mampu memberikan manfaat bagi temen-temen kicau mania semua.