Inilah 3 Jenis Burung Tledekan Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Diposting pada

Burung yang sering disebut dengan burung sulingan atau burung sikatan ini merupakan salah satu jenis burung kecil yang merupakan keluarga dari Muscicapidae dan genus Cyornis.

Tledekan adalah salah satu jenis burung di Indonesia yang memiliki banyak penggemar karena memiliki bulu dengan warna yang indah. Untuk itu, kali ini akan diulas mengenai jenis burung tledekan yang wajib untuk anda tahu, berikut simak ulasannya.

burung-tledekan

Beberapa Jenis Dari Burung Tledekan Yang Harus Anda Tahu Bagi Pecinta Burung

Ada banyak ragamnya burung tledekan ini seperti : burung tledekan bambu atau sering disebut tledekan bambu bali, burung tledekan kembang atau sulingan kembang, burung tledekan jati. Namun disini kita hanya membahas 3 jenis tledekan terbaik yang sering dipelihara ataupun dijadikan sebagai burung masteran oleh para hobiis kicau maniak.


1. Tledekan Bakau (Cyornis Rufigastra)


Merupakan salah satu jenis tledekn yang juga sering disebut dengan Sikatan Gunung Kalimantan. Sebutan ini tentu saja bukan sembarang sebut belaka melainkan bahwa burung ini berasal dari wilayah Kalimantan. Selain itu, jenis ini pun juga bisa anda temukan di beberapa daerah seperti Karimunjawa, Sulawesi dan juga Sumatra. Untuk jenis yang betina memiliki warna bulu yang cenderung lebih pucat.

Untuk suaranya sendiri, jenis burung tledekan satu ini memiliki suara kicauan dengan irama yang merdu dan volume yang cukup tinggi sehingga nantinya akan terdengar lebih melengking. Sehingga irama dari kicauan burung ini memiliki nada yang naik turun secara teratur. Jika anda ingin membeli tledekan dengan jenis bakau ini maka harga yang ditawarkan pun juga relatif terjangkau.

Baca selengkapnya :  Inilah Standar Penilaian Gantangan Burung Kacer

Suara Tledekan Bakau

Download link disini


2. Tledekan Gunung (Cyornis Banyumas)

tledekan-gunung
Bagi anda yang ingin memelihara burung satu ini, maka anda pun akan mudah untuk menemukannya di daerah sekitar pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. Burung yang sering disebut dengan Sikatan Cacing ini memiliki ciri khas yakni kicauan burungnya yang terdengar sangat mendayu dayu.

Selain itu, banyak orang yang tertarik dan menyukai burung satu ni dikarenakan memiliki warna bulu yang cantik. Untuk perbedaan dari jenis burung tledekan yang jantan dan betina adalah dengan warna bulunya. Jika tledekan gunung yang jantan maka akan memiliki warna biru yang gelap bercampur dengan warna hitam.

Hal itu terlihat dari bagian kepala, hingga memanjang sampai ke ekor. Sedangkan untuk yang betina, maka warnanya akan sedikit lebih mencolok dan berwarna kuning keabuan.

Anda bisa membeli burung satu ini dengan harga 50 ribu untuk anakan dan 200 ribu untuk yang dewasa.

Suara Tledekan Gunung

Download link disini


3. Tledekan Laut (Cyanoptila Cyanomelana)

tledekan-laut
Jenis dari burung tledekan ini sering disebut dengan nama burung sulingan laut yang memiliki warna bulu yang cantik. Burung ini pun juga dikenal dengan sebutan burung sulingan laut. Penamaan itu didasarkan dengan habitat dari burung satu ini yang tinggal di laut. Sehingga anda pun bisa menemukannya di daerah sekitar Kalimantan, Sulawesi, Sumatra dan Karimun Jawa. Untuk kicauan suara yang dihasilkan oleh burung ini pun terdengar cukup kesan namun merdu.

Jenis burung tledekan laut yang jantan ini memiliki ciri ciri yakni memiliki warna biru yang sangat mengkilap dan juga perpaduan warna hitam yang terdapat pada leher, dada dan juga muka.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Jalak Kebo, Habitat, Makanan, Suara Dan Harga

Sedangkan untuk yang betina memiliki ciri ciri tubuh berwarna coklat dan sedikir abu abu, untuk bagian tenggorokannya didominasi dengan warna putih. Bagi anda yang ingin memilikinya anda bisa merogoh kocek senilai 50 ribu hingga 150 ribu rupiah.

Untuk anda yang tertarik memelihara burung satu ini, maka anda pun bisa dengan mudah membelinya sesuai dengan budget dan kantong anda. Selain itu, jika anda menginginkan burung anda menjadi cepat gacor, maka anda pun makanan burung tledekan bisa memberikan berupa serangga seperti jangkrik ataupun ular hongkong sebagai pakan untuk burung tledekan anda.

Suara Tledekan Laut

Download link disini