Inilah Ciri Murai Batu Siap Di Lombakan

Diposting pada

Assalamualaikum wr, wb, selamat datang di Kacer.Co.Id website resmi yang selalu konsisten membagikan info terupdate dan teraktual seputar dunia burung kicauan yang ada di indonesia, ya pada pembahasan kali ini akan di ulas tentang ciri murai batu siap lomba, mungkin dari beberapa hobiis burung murai batu ada yang masih belum mengetahuinya kira-kira siap atau tidaknya burung gacoannya untuk diturunkan ke arena kontes atau belum ?. Penasaran !.. Yuk baca terus artikel ini sampai habis ya guys.

Konten kali ini yang kita bahas ini, karena ada beberapa temen-temen yang bertanya ?. Bagaimana cara melihat dan mengetahui ciri burung murai kita siap atau tidaknya untuk di ikutsertakan dalam ajang perlombaan burung kicau ?. Dan apakah murai yang siap lomba harus bongkar isian terlebih dahulu dirumah ?.

Mengetahui Tanda Burung Murai Siap Untuk Ikut Kontes


Bongkar Materi Dirumah

Inilah yang perlu garis bawahi ya, apakah harus bongkar isian dulu dirumah ?. Intinya kita harus melihat karakter dari burung itu terlebih dahulu. Setiap masing-masing burung memiliki karakter yang berbeda-beda.

Hanya saja kita dapat ambil kesimpulan pada umumnya, untuk melihat burung itu memiliki kesiapan saat mau kita gantang di arena, setidaknya kita membutuhkan kesiapan dan mental baik stamina, vokal dan materi dari burung itu sendiri.

murai-batu-emosi

Untuk parameter yang dapat dijadikan suatu ukuran burung itu siap atau tidaknya, ya salah satunya burung ketika dirumah berkicau sangat kencang, gacor dan sering terdengar kadang membongkar isiannya sendiri walaupun tanpa melihat burung sejenisnya !.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Cucak Cucakan Yang Ada Di Indonesia

Berikut syarat wajib burung murai batu ketika datang ke arena lomba :

1. Burung harus ada birahi dan emosi
2. Dan burung harus ada stamina yang bagus.

Cara Mengetahui Burung Murai Memiliki Emosi

Inilah syarat pertama yang harus di analisa, dan caranya sederhana sekali. Jika kondisi burung dirumah sudah terdengar gacor dor siang malam seumpamanya, kemudian pada pagi hari sebelum burung dikeluarkan, saat membuka krodongnya coba kalian goda burung itu dengan suara tepukan tangan, atau sempritan plastik yang ditiup menghasilkan bunyi-bunyi yang memancingnya mengeluarkan emosinya, dan apabila burung langsung merespon mengeluarkan suara kicauannya dengan cepat dan sangat baik, maka burung murai batu kesayangan kalian sudah memiliki kesiapan emosi yang bagus.

murai-batu-lomba

Namun jika untuk mengetahui burung murai yang memiliki stamina yang bagus, bisa kalian perhatikan volume suara kicauannya, durasi kegacorannya saat berkicau mengeluarkan suara ngeplong yang maksimal atau tidak ?. Dan gerakan gaya aktif di dalam kandang serta bunyi ketrekannya juga menjadi faktor penentu untuk melihat stamina burung murai batu kalian.

Untuk penambahan stamina burung murai sangat berpengaruh dengan apa yang kalian berikan asupan ekstra seperti jangkrik, EF ataupun vitamin dan suplemen yang seimbang sesuai kebutuhan burung murai pastinya.

Jadi pada intinya burung murai yang sudah siap untuk di ikutsertakan dalam kontes adalah burung yang gacor harian dirumah, memiliki emosional dan stamina yang bagus serta suda mulai bongkar materinya, nah namun apakah setiap burung murai sama seperti itu karakternya ?.

Nah hal yang perlu di ingat bahwa ada juga burung yang mempunyai karakter berbeda pada umumnya, yang dimana terlihat lesu, malas berkicau namun ketika dibawa ke arena gantangan langsung on fire dan 100% siap tempur.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Pleci Buxtoni - Harga, Suara, Setingan

Baca juga : Kriteria Penjurian Pakem Murai Batu RI Terbaru Bagi Pemula

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari