Manfaat Orong Orong Untuk Jenis Burung Kacer

Diposting pada

Masuk dalam jenis serangga, orong orong miliki ciri khas berupa sepasang tungkai yang ada di bagain depan. Tungkai tersebut bergerigi, yang akan digunakannya untuk menggali tanah ataupun berenang.

Dianggap sebagai hama pertanian, lantaran hewan ini kerap kali memakan akar tanaman yang membuat kerugian para petaninya. Meski dikatakan sebagai hama, hewan satu ni bisa menjadi pakan tambahan bagi burung Kacer. Berikut manfaatnya.

orong-orong

Segudang Manfaat Si Anjing Tanah Bagi Burung Kacer

Dapat dikatakan sebagai makanan utama bagi burung pemakan serangga, hama satu ini ternyata miliki kandungan protein yang cukup tinggi. Mengetahui hal tersebut, banyak para pecinta burung Kacer yang kemudian memberikan burung peliharaannya dengan si hama tersebut.

Penampilannya yang menakutkan, membuat sebagian orang takut untuk sekedar memegangnya. Dapat ditemukan di area pertanian, hewan satu ini kerap disebut sebagai hama yang merugikan para petani.
Namun siapa sangka hewan yang hobi memakan akar tanaman ini, dapat dijadikan sebagai pakan tambahan bagi pemilik burung kicauan.

Mengandung protein yang cukup tinggi, membuat burung kicauan cepat gacor ngeplong, anti nangkur dan dapat membuat burung kicau khususnya kacer agar tampil lebih nagen dan mendongkrak birahi yang baik dan stabil.

Pemberian secara alami dan tepat

Usai diberikan pakan tambahan ini, sudah dapat dipastikan bahwa burung akan ngotot saat memasuki area pertandingan.

Selain dianjurkan untuk diberikan sebelum memasuki area pertandingan, anda juga bisa memberikannya ketika sang burung dalam masa karantina. Dapat diberikan sendiri, ataupun ditambahkan dengan pakan tambahan lainnya seperti jangkrik ataupun kroto.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Cucak Ijo Trotol Agar Cepat Gacor

Namun ada baiknya untuk memastikan bagian kepala dan kaki si orong orong dibuang terlebih dahulu, sebelum memberikannya kepada burung kesayangan anda.

Hal ini perlu dilakukan, karena bagian kaki dan kepala hama ini sangat keras yang mungkin membuat bruung tidak nyaman ketika menyantapnya. Sangking kerasnya kedua bagian tubuh tersebut, ditakutkan melukai tenggorokan burung peliharaan anda.

Tentu saja anda tidak ingin mengalami kerugian, akibat dari kesalahan pemberian makanan yang kurang tepat bukan ? Oleh karenanya, pastikan kedua bagian tubuh si pakan tambahan ini dibuang terlebih dahulu.

manfaat-orong-orong-untuk-kacer

Penyajian pakan orong – orong yang di racik

Agar lebih memudahkan, tidak ada salahnya untuk menyajikannya dalam bentuk keringan. Ketika badan si hama ini telah dikeringkan, otomatis si Kacer pun dengan mudah untuk menyantapnya. Selain lebih praktis, anda tidak perlu lagi khawatir burung kesayangan akan sakit tenggorokan. Sebenarnya cara ini meniru dari pembuatan jangkrik kering, hanya saja bahan utamanya menggunakan orong orong.

Sebelum memberikannya, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi dari si burung Kacer kesayangan. Pakan tambahan ini dianjurkan untuk diberikan, ketika si Kacer bakalan dirasa kurang birahi. Dalam kondisi tersebut, anda bisa memberikan antara 2 hingga 3 ekor dalam sehari.

Namun bagaimana untuk Kacer yang sudah gacor, namun kondisi mentalnya menurun ?.

Silahkan memberikan pakan tambahan ini sebanyak 1 ekor saja dalam sehari.

Miliki burung kicauan yang senang gacor di gantangan, merupakan impian bagi para pecintanya. Oleh karenanya, mereka tidak segan segan memberikan pakan tambahan, untuk menyenangkan si burung peliharaanya tersebut.

Selain menyenangkan bagi si burung, pakan tambahan mampu memenuhi segala kebutuhan harian si burung. Tak jarang pakan tambahan tersebut akan dicampurkan dengan pakan tambahan lain.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Burung Parkit

Kondisi tersebut juga berlaku bagi anda yang ingin memberikan orong orong, bagi si burung Kacer. Tak perlu takut untuk memberikan si hama tersebut, dengan pakan lainnya sebagai perawatan tambahan. Pencampuran pakan tersebut dikatakan efektif, dengan pola perawatan tepat yang diberikan.

Jenis pakan lain yang bisa ditambahkan dengan si anjing tanah ini, seperti jangkrik ataupun kroto yang kaya akan manfaat baik protein maupun nutrisinya agar asupan gizi si burung kicau kesayangan anda selalu tercukupi pastinya.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar orong orong yang baik untuk pakan tambahan (extra fooding) untuk burung kacer. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.