Mengenal Ciri Burung Trucukan, Makanan, Harga Dan Suara

Diposting pada

Burung trucuk atau sering dikenal sebagai crocok, cerukcuk, atau celucuk yang memiliki nama lain yelow vanted bulbul ini burung asli dari indonesia. Berbunyi nyaring dan berisik jika sudah berkicau, dengan suara ngerol yang khasnya cok, cok, cok, cok atau siulan pendeknya yang cuuk-cuuuk-co-li-leeeek, yang monoton serta terkadang berulang lambat dan tiba-tiba cepat dengan tempo yang memiliki ritme suara lemah, mirip gumam atau gerutuan burung dengan irama fase yang bernada lagu yang merdu jika didengarkan dengan seksama.

burung-trucukan

Keistimewaan burung cerukcuk yang harus anda ketahui


Habitat dan kebiasaan, namun burung yang satu ini tergolong salah satu jenis burung merbah yang ada dinusantara, yang dimana menyukai tempat-tempat yang terbuka, semak belukar dan tepi jalan, kebun dan hutan sekunder. Burung ini sering berkelompok, baik ketika mencari makanan maupun sedang bertengger bersama teman-temannya baik dengan jenisnya sendiri ataupun dengan jenis merbah lainnya.

Ketika tidur juga terkadang burung ini sangat senang bersama-sama, secara berkelompok dengan sesama jenisnya yang berada diranting-ranting perdu atau pohon kecil. Sarang burung ini berbentuk cawan dari anyaman daun dan rerumputan kering, tangkai daun atau ranting yang halus dijalin dengan serat tumbuhan yang menempel pada dahan pohon rindang.

Di jawa tengah dipadati pula sarang yang dibangun disela-sela buah pisang. Terkadang jumlah telur yang dihasilkan ketika masa bertelurnya sejumlah dua atau tiga butir saja yang berwarna keputihan berbintik coklat atau ungu. Tercatat bersarang sepanjang tahun dengan puncaknya maret sampai juni disaat masa kawin cuaca dingin.

Baca selengkapnya :  7 Makanan Terbaik Burung Kenari Agar Gacor Dor

Burung ini menyebar didaerah asia tenggara, khususnya di wilayah semenanjung malaya dan filipina. Di indonesia paling banyak dijumpai didaerah sumatra dan dipulau-pulau bagian timur lainnya seperti dikalimantan, jawa dan bali. Dan diduga diintroduksi ke lombok dan sulawesi selatan, umum terdapat sampai ketinggian 1500 m dpl.

Makanan yang dibutuhkan

Makanan pokok (utama) dari burung satu ini adalah buah-buahan yang sangat digemarinya, yang berserat tinggi dan bertekstur lunak seperti buah pisang, pepaya yang telah matang. Biasanya dialam liarnya, terutama dipekarangan burung ini sering melubangi buah-buahan tersebut. Selain itu burung ini juga sangat sering memangsa serangga, jangkrik, kroto, ulat, cacing tanah / merah dan hewan kecil lainnya.

Merbah cerukcuk lebih sering menghabiskan waktunya, untuk berlama-lama di atas tanah dengan mencari pakan serangga kesukaannya ketimbang dari jenis merbah lainnya.

suara-crocok

Ciri-ciri Crocok

  • Postur badan, pilihlah badan yang berpostur sedang dengan panjang leher yang ideal, badan dan ekor serta kakinya yang serasi. Tidak dianjurka memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek, dikhawatirkan anda dapat salah pilih dengan jenis betinanya.
  • Bentuk paruh berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang serta paruh bagian bawah berbentuk lurus dan tajam.
  • Sayap menggapit rapat dan kaki mencengkram kuat.

Burung trucuk ini salah satuh jenis burung yang tergolong mudah untuk dijinakkan dan cepat gacor baik dirumahan maupun dilapangan. Jika burung ini sudah mapan dan jadi, maka ciri khas gaya penampilan saat berkicaunya akan menggepakkan sayapnya yang membuka lebar kearah depan seperti burung garuda. Namun burung ini masih sangat banyak dijumpai dialam liar tentunya di daerah pedesaan yang masih asri dan hijau. Namun lebih istimewanya lagi burung ini sangat mudah dikenali tempat bersarangnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Murai Batu Aceh, Ciri, Pola Ekor, Harga

Crucukan ini juga terkadang sering kaget dan jika dimalam hari bisa dibilang burung penakut akan gelap, jadi apabila anda memelihara burung ini harus di taruh ditempat cukup akan penerangan cahaya dan lampu khusus untuk malam hari.

Harga Dan Suara Burung Crocok

Namun bagi anda para hobiis kicau mania, jangan khawatir jika ingin memiliki burung yang satu ini karena harga burung trucukan ini relatif cukup murah dan terjangkau dikantong juragan.. Untuk burung bakalan biasanya di bandrol dengan harga sekitar 50 – 100 ribu, namun untuk jenis ropel yang sudah jinak dan mapan biasanya dipatok dengan harga 150 – 250 ribu khusus yang sudah gacor dor.

Suara jenis burung ini merupakan tipe tembakan yang beritme ngerol keras, sangat baik dan dianjurkan sebagai burung masteran / isian untuk burung cucak ijo.

Penasaran dengan suara burung trucukan ini ?, simak suara burung trucukan gacor mp3 yang dapat anda download secara gratis dibawah ini :

suara trucukan betina

Download link disini


suara trucukan ropelan ngerol panjang

Download link disini


suara burung trucukan di alam liar

Download link disini

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar burung trucukan. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.