5 Jenis Burung Kicau Omnivora Beserta Habitat Di Alam Liar

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Kali ini saya ingin memberikan informasi tentang jenis burung omnivora, ada pepatah mengatakan jika tidak kenal maka tak sayang !. . . Bener nggak ?.. Dan oleh karena itu ada lima macam burung istimewa (pemakan buah dan serangga) yang akan kita bahas di artikel kali ini.

omnivora

Burung kicauan begitu populer di tanah air, lantaran suara kicauannya yang membuat siapapun terlena untuk mendengarkannya. Suara merdu yang dihasilkannya, tak hanya bisa dinikmati sendiri oleh pemiliknya.

Dengan mengimbangi antara tren yang sedang marak di dunia perburungan, dengan hobi kita sehari-hari adalah suatu tantangan bagi para hobiis kicau untuk terus melestarikan hewan peliharaan untuk dirawat dan dipelihara dengan baik dan konsisten tentunya.

Bukan hanya sekedar hobi ataupun tren saat ini, melainkan sudah melekat dan menjadi rutinitas sehari-hari bagi para kicau mania untuk merawat burung kesayangannya dengan maksimal dan telaten.

Tak jarang burung kicauan ini, akan diikutsertakan dalam berbagai kontes bagi pemilik suara kicauan terbaik. Dari sekian jenis burung kicauan, ada beberapa diantaranya yang masuk dalam kategori omnivora. berikut jenisnya.

Beberapa Jenis Burung Kicauan yang Masuk Dalam Kategori Pemakan Segala


1. Burung Kenari

Burung yang berasal dari kepulauan Canary ini, dikenal dengan suaranya yang merdu nan khas. Semakin diidolakan sebagai burung kicau impian, suara merdu yang dihasilkan mampu mengantarkannya menjadi juara di gantangan. Hanya dengan menggunakan metode perawatan yang tepat, anda sudah bisa menjadikannya sebagai burung gacor unggulan.

Baca selengkapnya :  7 Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Kicau

kenari

Dari serangkaian perawatan penting yang harus diberikan, pemberikan pakan tepat menjadi salah satu perhatian yang tidak boleh dilupakan. Pastikan semua pakan yang diberikan, mampu memenuhi gizi hariannya.

Umumnya burung Kenari senang menyantap beberapa jenis biji bijian, sebagai pakan utamanya. Namun siapa sangka, selain biji bijian mereka juga menyantap pakan lainnya, sehingga masuk kategori hewan omnivora.

2. burung Kutilang

Mampu mengeluarkan kicauan dengan suara yang khas, membuatnya diminati oleh pecinta burung kicauan. Ternyata tak hanya mengunggulkan suaranya yang berkarakter, burung ini banyak diminati lantaran miliki jambul yang bisa menjadikannya sebagai ciri khas unik nan menarik.

kutilang

Meski banyak ditemukan di alam teruka seperti kebun atau pekarangan, burung ini seringkali dijadikan sebagai burung hiasan ataupun dijadikan sebagai burung kicauan untuk mengikuti berbagai perlombaan.

Umumnya mereka sangat menyukai pakan berupa buah buahan segar, yang miliki tekstur lembut seperti pisang hingga pepaya. Pakan tersebut menjadi favoritnya, lantaran teksturnya yang lembut dirasa mudah dicerna.

Ternyata selain buah bahan, burung kicauan ini juga kerap kali menyantap pakan lainnya seperti serangga kecil ataupun makanan buatan. Doyan mengkonsumsi buah dan daging, membuatnya masuk sebagai hewan omnivora.

3. Burung Kacer

Seperti halnya jenis burung kicauan lainnya, burung Kacer masuk dalam kategori hewan pemakan segala. Meski makanan utamanya berupa voer, namun di habitat aslinya hewan ini mengkonsumsi pakan lainnya seperti buah buahan segar dan serangga kecil lainnya seperti jangkrik dan kroto.

kacer

Bahkan tak jarang pula, mereka akan memakan cacing yang banyak ditmukan di daerah tanah yang lembab. Akan tetapi tidak semua jenis kacer yang menyukai buah dan ada juga yang full serangga namun ada juga yang mau jika diberikan buah pisang kepok ataupun pepaya.

Baca selengkapnya :  6 Cara Memilih Burung Murai Batu Berkualitas

4. Cendet

Selain suaranya yang merdu, para pecinta burung kicauan memilih Cendet karena pakan yang diberikan tak terlalu muluk dan mudah ditemukan. Seperti burung lainnya, si Cendet yang banyak ditemukan di tepian hutan ini senang mengkonsumsi buah segar.

cendet

Agar kebutuhan hariannya terpenuhi, kadangkala si burung Cendet akan memangsa serangga kecil seperti belalang, ulat bambu, telur kroto, jangkrik, dan masih banyak yang lainnya.

5. Cucak Rowo

Buah buahan segar, menjadi pakan utama keseharian si Cucak Rowo ketika masih hidup di hutan. Namun siapa sangka, hewan satu ini tidak hanya mengkonsumsi buah buahan saja. Ada kalanya mereka akan mengkonsumsi serangga kecil seperti jangkrik untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

cucak-rowo

Hanya dengan memberikan sekitar 3 hingga 5 ekor saja, anda sudah memberikan pakan yang terbaik untuknya. Sebagai pemakan segala, hewan ini pun masuk menjadi hewan omnivora. Suara merdu yang dihasilkan si burung kicauan tidak hanya dikonsumsi sendiri, namun bisa dimanfaatkan untuk mengikuti perlombaan kicauan burung terbaik.

Agar sang burung gacor di gantangan, tak jarang pemiliknya akan memberikan pakan yang tepat sesuai kebutuhan. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui apakah burung kicauan anda masuk pemakan segala atau tidak.

Masih banyak lagi ragam jenis burung yang memiliki karakteristik omnivora lainnya, dan penjelasan disini hanya membahas yang inti dari 5 contoh burung yang sering dipelihara, yang umumnya saja.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Burung Kicau jenis Omnivora. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.