Sulap Burung Murai Rusak Jadi Juara Lomba

Diposting pada

Pada zaman sekarang hobi burung yang lagi ngetren dan sedang naik daun. Mengingat ada banyak sekali jenis burung yang dapat digunakan untuk bertanding lomba. Selain itu bagi para pecinta kicau mania rela mengeluarkan banyak kocek demi memiliki burung atau melakukan perawatan juga.

Untuk itulah tidak heran jika kini marak sekali yang berlomba – lomba untuk memiliki jenis burung terbaik.

Salah satunya yaitu burung murai. Burung yang kerap kali diikutkan dalam sebuah kompetisi dan yang mana biasanya banyak sekali diikuti oleh para pecinta kicau mania. Tahukah kalian jika selalu ada faktor keberuntungan.

Artinya keberuntungan tersebut tak ada yang tahu. Sebab keberuntungan terkadang datang untuk orang – orang yang mau mencoba dan juga bekerja keras sehingga keberuntungan tersebut mengikutinya.

Dan biasanya keberuntungan tersebut datang untuk orang – orang yang menjalani dengan semangat. Sebagai contohnya yiatu Mr. Benny yang membeli burung murai batu temanya dengan harga murah.

Sebab Mr. Benny tahu jika temanya memberi harga murah lantaran burung tersebut bisa dibilang dalam keadaan tidak baik. Jika tidak pastilah burung tersebut bakalan melambung dengan harga fantastis.

Berikan perawatan yang khusus

Mr. Benny menamai burung Tuwowo dan beliau merawatnya dengan baik lantaran burung itu ternyata rusaknya cukup parah. Bahkan burung tersebut tak dapat berkicau. Bahkan bulunya pun juga sangat rusak.

Untuk melihat keadaan burung tersebut rasanya tidak tega. Akhirnya Mr. Benny selalu menutup dengan kerodong hingga Tuwowo kembali mabung dalam waktu 3 bulan lebih. Usai itu, pasca mabung Mr. Benny terus menerus melakukan perawatan dengan baik mulai memasukan Tuwowo ke poliyer umbaran suapaya bertenaga.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Sriti (Mitos, Makanan dan Harga)

Mr. Benny tentunya tak hanya fokus pada pengembalian fisik saja, namun juga telah menyiapkan pakan Voer Nanjung 105 produk berupa Ebod Jaya. Dan itu telah terbukti dapat mengembalikan mental burung jadi sempurna. Setidaknya bisa membantu daya tahan tubuh burung murai batu kembali membaik.

Begitu persiapan selesai dilakukan dengan baik, murai batu Tuwowo hadir lagi dalam acara Raudi Akmal cup 2 dan tak tanggung – tanggung pemiliknya menurunkan pada kelas utama. Tanpa diduga penampilan Tuwowo begitu memukau dan berhasil menjadi juara satu.

Keuntungan dari Voer Nanjung 105 terdapat kandungan yang extrak serangga, kemudian ada pula buah – buahan, lalu ada juga racikan herbal. Di samping itu juga ada bahan baku lain yang mempunyai tingkat nutrisi bagus. Yang mana mampu menjadikan Voer Nanjung 105 jadi makanan burung berkualitas terbaik.

nanjung-105

Nah, sebagai berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan burung, di antaranya sebagai berikut :

  • Sering mengembunkan setiap pagi.
  • Coba untuk mengurangi jatah makan tambahan yang dapat memicu birahi. Seperti misalnya jangkrik. Kemudian pakan yang bisa mengurangi over birahi yaitu cacing tanah atau ulat bambu. Di mana akan diberikan pada pagi dan sore hari dengan rutin supaya kondisinya kembali pulih.
  • Sering mengumbar burung dalam kandang.
  • Mengurangi waktu berjemurnya.
  • Memberikan multivitamin dalam masa terapi.

burung-murai-juara-lomba

Analisa kesiapan kondisi dan mental burung

Selain itu juga ada beberapa hal yang dapat diperhatikan yaitu :

  1. Perhatikan terkait umur burung tersebut sebelum diikutkan lomba. Burung muda yang belum memiliki pengalaman bertemu musuh, apalagi musuh yang sudah mapan. Maka emosi burung tersebut belum stabil sehingga sering meluap-luap, hal itu dapat memicu burung jadi kelelahan, drop mental, dan malah jadi down.
  2. Jangan ikut lombakan burung tersebut kalau belum tuntas masa mabungnya atau pun masih dalam masa mabung. Apalagi ketika proses dorong ekor atau pun sayap. Lantaran murai berada belum memiliki fisik dan juga stamina prima. Itu itu burung – burung itu rentan sekali kalah mental. Dapat dikatakan sama halnya dengan murai batu yang tengah memasuki masa mabung.
  3. Seandainya kalian ngebetman dan terjadi lantaran murai begitu lama dijemur, maka terapi yang harus dikerjakan yaitu mengurangi EF yang dapat memicu birahi. Cukup dengan memberikan cacing tanah dan ulat bambu saja untuk makannya. Kemudian untuk frekuensi mandi ada baiknya bila ditambah tetapi dengan durasi penjemuran yang berkurang. 

Untuk itulah jangan pesimis dulu jika memiliki burung murai yang rusak dan tak mau berkicau lagi. Sebab kalian masih bisa mengatasinya dan tentunya dengan perhatian ekstra.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Jalak Putih Yang Ada Di Indonesia

Karena walaupun sudah rusak tapi jika memperoleh perawatan yang bagus, maka burung murai bisa membuat bangga sang pemiliknya. Dan buktinya Mr. Benny yang mana murainya dapat meraih juara satu.

Jadi kalian tak perlu ragu untuk merawat serta sulap burung murai rusak jadi juara lomba. Karena itu bisa jadi nyata bukan hanya khayalan saja.