Keistimewaan Dan Kelebihan Burung Jalak Nias (Harga Dan Suara)

Diposting pada

Meski diberi nama Nias. Jalak ini bukan berasal dari Pulau Nias. Persebaran burung jenis ini merata mulai dari Afrika, Amerika, dan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Di Negara ini, Jalak jenis ini lebih menyukai habitat pada ketinggian kurang lebih 3000 meter di atas permukaan laut yang berada di kawasan pegunungan.

Jalak nias juga dikenal sebagai Jalak Tengahan karena letak kepopulerannya yang berada di tengah atau di antara dua burung yakni Jalak Suren dan Jalak Kebo. Jalak jenis nias masih kalah popular jika dibandingkan dengan Jalak Suren tetapi masih lebih popular disbanding Jalak Kebo.

Beternak burung Jalak Nias dinilai bisa menambah pundi-pundi kamu bahkan juga bisa dijadikan sebagai sumber mata pencaharian. Dalam dekade ini, banyak orang yang beralih memelihara burung bukan hanya sekadar hiburan tetapi sumber penghasilan. Salah satu burung yang kini dijadikan primadona ialah burung Jalak Jenis Nias.

Karakteristik dan keistimewaan dari burung ini unik dan menarik mulai dari warna bulunya hingga suara merdunya yang bisa dijadikan sebagai audio di ponsel Anda. Apa saja sih karakteristik dan kelebihan burung Nias? Yuk simak ulasannya berikut ini! :

gambar-jalak-nias

Mengenal karakteristik yang dimiliki burung jalak nias


Bentuk Tubuh

Jalak jantan dan jalak nias betina memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Jalak jantan memiliki bagian kepala yang cenderung pipih dan persegi dan ada sedikit jambul. Selain itu, suaranya juga lebih nyaring dan ia lebih agresif jika dibandingkan dengan jalak betina.

Baca selengkapnya :  6 Jenis Burung Mahal Di Indonesia 2020

Pada saat mengeluarkan suara, jalak jantan akan mengganggukkan kepala dengan jambulnya yang agak mengembang. Warna bulunya pun lebih berkilau jika dibandingkan dengan jalak betina.

Sedangkan Jalak Nias betina memiliki kepala yang cenderung lonjong dan agak bulat. Nah, suara yang dikeluarkan oleh jalak betina biasanya lebih monoton dibanding jalak jantan yang memiliki variasi suara. Baik jalak betina maupun jalak jantan juga ajan menganggukkan kepala sat berkicau namaun pada betina jambulnya tidak mengembang.

Warna bulu jalak nias juga tidak semengkilap Jalak Jantan. Biasanya pencinta burung akan lebih menyukai jalak yang jantan karena suaranya yang lebih berkicau. Namun, kelemahannya ia tidak akan bisa memperbanyak keturunan.

Suara Burung Jalak Nias dan Pelatihan Menggunakan MP3

Burung ini dimasukkan ke dalam golongan burung Beo karena kecerdasannya dalam menirukan berbagai suara mulai dari suara burung lain, binatang lain, bahkan suara manusia. Hal inilah yang juga menjadi salah satu faktor utama alasan orang memburu burung Jalak Nias.

Jadi memang burung jalak ini belajar untuk menirukan berbagai suara agar bisa bertahan hidup. Terlebih jika dilatih dengan baik maka suara dan nada yang dihasilkan akan lebih bervariasi dan tentunya menarik.

Jika dilakukan secara rutin akan memberikan nada yang lebih nyaman untuk didengarkan. Melatihnya pun juga bisa dilakukan dengan mudah, hanya dengan memperdengarkan audio mp3 dari perangkat kamu. Jika kamu pemula, kamu bisa memperdengarkan mp3 berupa suara kicauan dari burung Jalak Nias agar suaranya bisa lebih bervariasi.

Selain itu, kamu juga bisa membiarkan burung berinteraksi agar ia lebih ekspresif dan aktif.

Penasaran dengan suara kicauan yang indah dari burung ini ?. Berikut kami sajikan suara audio mp3 jalak nias yang dapat anda download secara gratis disini :

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Penanganan Burung Kenari Yang Over Birahi

Suara Burung Jalak nias full isian –¬†Download link disini


Jalak Nias Gacor Suara Merdu –¬†Download link disini


Kicau Jalak Nias Gacor Suara Berisik –¬†Download link disini


Harga burung Jalak jenis Nias

Setiap harga burung terbagi menjadi 3 bagian yaitu burung jenis anakan, burung bakalan dan burung dewasa yang sudah jadi termasuk juga burung jalak jenis nias. Jadi kamu bisa memilih harga sesuai dengan spesifikasi burung.

Nah untuk burung jenis anakan, start mulai harga 100 ribu hingga mencapai 500 ribuan yang bisa dibeli di pasaran. Setiap tempat memiliki harga yang berbeda. Jadi, tergantung teman-teman membeli burung di tempat yang seperti apa.

burung-jalak-nias

Tips perawatan yang mudah

Jenis jalak yang satu ini termasuk jenis penyuka air . Jadi, untuk membuatnya menjadi bersih cukup mudah kamu hanya perlu menyediakan tempat berisi air, burung tersebut akan mandi sendiri. Unik bukan? Selain itu, kalau kamu ingin lebih bersih ya kamu mandikan sendiri tentunya dengan rutin.

Nah, kebersihan kandang juga perlu kamu perhatikan agar burung canitk ini tidak terkena penyakit yang tentunya bisa membuatnya tidak fit.

Setelah burung jalak nias selesai dimandikan lanjut dijemur di bawah sinar mentari baiknya di pagi hari atau sore hari. Biasanya para pencinta burung akan menggunakan semprotan sampai basah kuyup dan dilakukannya di pagi hari.

Metode ini dipercaya bisa menjinakkan burung ini. Setelah itu jangan lupa untuk memindahkan kandang burung ke tempat yang lebih teduh setelah cukup lama diletakkan di bawah sinar mentari.

Nah itulah tadi beberapa karakteristik dan kesitimewaan dari burung Jalak nias yang perlu kamu ketahui. Jadi selain dijadikan sebagai hiburan dan melepas penat, kamu juga bisa menjadikan ini sebagai ladang uang ya asalkan kamu tekun dan ulet dalam memeliharanya, semoga bermanfaat. Salam kicau maniak.