Manfaat Madu Untuk Kacer Agar Rajin Berkicau

Diposting pada

Tidak heran jika khasiat yang diberikan oleh madu ini dapat mengandung banyak manfaat yang dihasilkan, tidak hanya untuk kesehatan manusia saja, melainkan untuk sesama mahkluk hidup atau hewan seperti burung kicau juga sangatlah baik jika diberikan dengan cara yang tepat agar selalu menjaga stamina tubuh agar selalu VIT tentunya.

Berbagai Manfaat Dari Madu Asli Bagi Kacer

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya berlaku bagi manusia, mengkonsumsi madu bagi burung juga mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Dikonsumsi ketika cuaca sedang tidak mendukung, membuat burung tidak mudah terserang penyakit.

Banyaknya nutrisi penting dalam kandungan madu, penting untuk meningkatkan imun dalam tubuh burung. Ketika sistem imun bertambah kuat, penyakit enggan walaupun hanya sekedar singgah.
Perubahan cuaca yang cukup ekstrim di beberapa bulan belakangan, membuat daya tahan tubuh menurun.

Berbagai virus dan bakteri akan menunggu mangsa, bagi pemilik tubuh yang kurang fit. Madu ini juga selain menjaga daya tahan tubuh burung serta dapat mencegah dari serangan virus dan penyakit lainnya, agar tubuh burung mampu menerka cuaca yang cukup dingin. Manfaat madu untuk Kacer, mampu melawan dinginnya cuaca ataupun perubahan cuaca mendadak.

2. Kicauan Burung Terdenagar Lebih Indah

Seekor burung ocehan, tentu membutuhkan energi lebih dengan mengkonsumsi kandungan gula. Kandungan glukosa tersebut dapat diterima, ketika sang burung Kacer mengkonsumsi madu. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa peternak burung oceghan, bahwa pemberian madu padaburung bisa meningkatkan kicauan burung menjadi lebih indah. Sejak saat itulah, madu banyak diburu oleh pecinta hewan satu ini.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Owl Finch (Ciri, Jenis, Ternak)

Burung juga terlihat lebih aktif, setelah mengkonsumsi cairan tinggi glukosa tersebut. Perubahan yang paling nampak terlihat, adalah suara yang dikeluarkan sang burung Kacer terdengar lebih nyaring dan kencang, daripada sebelum mengkonsumsi madu. Manfaat madu untuk Kacer tersebut, nampaknya telah menyebar luas dan sudah banyak yang mempraktekannya.

3. Dapat Menyembuhkan Masalah Pernafasan

Faktor cuaca buruk juga bisa menyebabkan salah satu masalah pernafasan yang dimilikinya, membuatnya lemas dan kurang bertenaga untuk berkicau. Daya tarik Kacer akan berkurang, jika dirinya tidak mengeluarkan kicauan merdu seperti biasanya. Jikapun burung berkicau, hasil suara yang dikeluarkan terdengar serak dan terdengar memaksa. Berikan madu murni segera mungkin, agar pernafasan burung kembali normal.

Penyakit ini bisa dihilangkan, dengan memberikanmadu dengan takaran yang sesuai. Dalam pemberiannya, hendaknya tidak mendekap bagian dada sang burung. Justru menekan pada bagian dada, membuat tersumbatnya pernafasan semakin parah. Takaran maksimal yang bisa diberikan, sekitar 1/4 sendok makan saja. Melebihi dosis tersebut, hendaknya tidak dianjurkan. Manfaat madu ini bisa anda terapkan, ketika burung mengalami sesak nafas.

4. Sembuhkan Luka Terbuka

Vitamin C yang terkandung dalam madu asli, mampu memulihkan kerusakan yang terjadi pada jaringan tubuh si burung. Walaupun tubuh burung memang bisa memproduksi vitamin C secara alami, namun penambahan madu bisa mempercepat penyembuhan luka tersebut. Biasanya madu akan digunakan sebagai obat alternatif, ketika ada luka terbuka pada bagian kaki atau bagian tubuh lainnya.

Manfaat madu untuk Kacer sudah terdengar luas, sehingga banyak yang menggunakan metode penyembuhan ini, agar Kacer rajin berkicau kembali.

Pemberian madu pada hewan peliharaan, biasanya digunakan ketika burung terlihat kurang fit. Selain untuk menambah daya tahan tubuh, madu banyak digunakan para pecinta burung kicau, untuk meningkatkan suara dan nyaringanya kicauan burung. Bahkan pemberian madu pada burung kicau, akan dilakukan ketika menjelang hari perlombaan yang nantinya besar kemungkinan menjadi kacer juara.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Cucak Ijo Trotol Agar Cepat Gacor

Catatan : Walaupun banyak kebaikan yang diberikan madu, hendaknya tidak memberikannya dalam jumlah banyak.