Makanan Burung Kerak Basi Biar Cepat Gacor

Diposting pada
Rate this post

makanan burung kerak basi biar cepat gacor, mengenal kerakbasi besar atau sering disebut dengan kerakbasi alishitam merupakan jenis burung yang memiliki ukuran tubuh yang kecil dan masih satu keluarga dengan tipe kerakbasi ramai (Acrocephalidae) yg dikenal dengan kerakbasi alisputih.

Burung ini aslinya bukan burung lokal ya temen-temen, melainkan burung luar yang langka dan jarang sekali ditemui di indonesia, walaupun ada itupun hanya beberapa jenis saja, serta memiliki harga jual yang relatif mahal karena unik dan jarang dimiliki oleh para kicau mania.

Nah sesuai judul artikel yg akan kita bahas kali ini, seputar makanan yang bagus untuk burung kerak basi, serta beberapa tips lainnya yang bisa kalian simak pemaparannya dibawah ini :

Apa Makanan Burung Kerak Basi ?


Voer

Yang pertama untuk pakan utama hariannya kalian bisa berikan voer, lalu apa voer yang bagus untuk kerak basi ?. Temen-temen bisa memberikannya voer yang halus seperti leopard rasa rumput laut yang paling disukainya, voer halus ini bisa juga diberikan untuk makanan kerak basi besar ya.

Sama-sama kita ketahui, kandungan yang baik vitamin, protein yang ada di dalam voer tentu sangat komplit sesuai dengan kebutuhan asupan bagi burung kerak basi kalian agar selalu sehat.

makanan-kerak-basi-besar

Jangkrik

Untuk pakan tambahan serangga kecil seperti jangkrik juga wajib diberikan setiap harinya ya, untuk takaran atau porsi jumlah di sesuaikan lagi kepada karakter si burung kerak basi, karena ada beberapa yang doyan makan jangkrik dan ada juga yg tidak terlalu suka.

Baca selengkapnya :  Mengenal jenis burung poksay mandarin, habitat, makanan, harga

Nah terlebih jika burung kerak basi masih bahan, kalia jangan membatasi pemberian pakan ef jangkrik ini, karena dalam proses pertumbuhan burung yang masih muda tentu banyak memerlukan kandungan protein tinggi alami, jadi nggak sudah di takar, kasihkan semau dan sekenyangnya saja ya.

Ulat

Selain pemberian jangkrik, kalian juga boleh memberikannya ulat kandang dan ulat hongkong ya sebagai pakan hariannya, terlebih jika burung baru saja di dapat dari hasil tangkapan liar, ataupun baru saja membelinya dari ombyokan.

Jadi jangan terburu-buru untuk memberikannya pakan voer, karena burung belum terbiasa makan voer jadi antisipasi di awal agar burung ini tidak mati kelaparan, jadi kalian wajib menyediakan pakan ulat ini di wadah cepuknya yang selalu tersedia.

Keroto

Nah untuk keroto (telur semut) berikan selalu dalam kondisi yang masih segar, cukup takaran 1 sendok makan saja, dan pemberiannya hanya seminggu 2 kali saja ya.

Manfaat keroto ini sangatlah bagus untuk memberikan efek birahi, dan mencukupi nutrisi dan kandungan air yang baik untuk diserap oleh tubuh burung agar lebih cepat berkicau dan gacor, pemberian keroto yang konsisten ini sangat di sarankan bagi kerak basi macet bunyi.

voer -untuk-kerak-basi

Cara Menjinakan Burung Kerak Basi

Selain pakan harian yang berkualitas kalian sajikan, tentu jika burung masih dalam kondisi giras pasti tingkat kegacoran burung tidak maksimal ya ketimbang burung yang sehat dan tidak giras.

Nah untuk proses penjinakan burung kerak basi jangan terburu-buru, butuh beberapa syarat sebelum melakukan terapi penjinakkannya, yang pertama kondisi burung harus sehat ya, dan yang kedua burung sudah mau makan voer, jika sudah seperti itu baru boleh temen-temen menerapkan langkah penjinakkannya sebagai berikut :

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Beternak Burung Jalak Bali

Setiap hari burung harus dimandikan sampai basah kuyup, dalam sehari bisa 2 – 3 kali mani ya, pagi, siang hari dan malam harinya serta kandang burung harus banyak diletakkan di bawah lantai ya, agar terbiasa dengan lalu-lalang orang, biasakan taruh di tempat yang ramai orang (terapi keramaian) dari lingkungan sekitarnya.

Bisa juga kalian menerapkan terapi lapar, namun jika temen-temen orang sibuk, sebaiknya jangan ya, dikhawatirkan jika lupa dan telat memberikan pakan yang ada nanti burung akan mati.

Demikianlah tips makanan burung kerak basi biar cepat gacor serta porses penjinakan burung yg masih giras, selamat mencoba semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk temen-temen kicau mania semua.

Baca juga : cara merawat burung kerak basi biar cepat gacor

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari