Cara Menang Juara Lomba Lovebird

Diposting pada

Berdasarkan pengalaman penulis yang telah membuktikan dan mengikuti beberapa kontes gantangan kicau dilapangan baik dari level terendah sampai level yang tertinggi. Berikut akan kita bahas kunci rahasia yang jarang sekali dikupas oleh para om suhu dan kompetitor kicau maniak dilapangan.

Rahasia Mencetak Burung Jawara

Berbagai strategi ini dapat anda lakukan dan diterapkan, sebelumnya anda harus melakukan perawatan dan pemeliharaan dengan baik untuk burung lovebird yang ingin di ikut sertakan dalam kontes.

Di dalam setiap settingan harus diperhatikan porsi pakan dan perilaku anda terhadap burung lovebird anda untuk mencari setelan / settingan yang pas dan tepat, agar dapat memaksimalkan suara, kinerja dan durasi saat di gantang di arena lapangan nantinya.

1. Mengikuti Kontes Burung Lovebird Level Bawah Terlebih Dahulu

Apabila burung lovebird anda kiranya memiliki suara yang baik dan masuk kriteria kontes, dan berpeluang untuk menjadi juara, ada baiknya lovebird diikutsertakan di kontes level yang terbawah, latberan untuk melatih dan memperkenalkan suasana di arena kontes dilapangan. Seiring berjalan sambil mencari-cari setelan/settingan yang tepat dan baik untuk burung lovebird anda.

Selain biayanya murah, mengikutsertakan lovebird pada latberan bisa memperbesar peluang lovebird untuk menjadi juara, pasalnya kompetitor / pesaing anda tidak terlalu berat dibandingkan event atau level yang lebih tinggi.

Dan ada yang harus anda perlu perhatikan disini, untuk selalu tetap menjaga kelembapan kerodong, tujuannya selalu menjaga kerodong yang lembab adalah agar burung tidak terlalu kepanasan, sangat membantu agar lovebird menjadi rileks, agar burung tidak mudah stres / drop dan dapat untuk menjaga kondisi burung tetap tenang dan nyaman. Ada baiknya sebelum berangkat ke arena lapangan, kerodong di semprot terlebih dahulu, baik di arena maupun saat setelah pulang dari arena.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Cililin, Perawatan, Habitat, Harga, Suara

2. Persiapan Berbagai Keperluan Kontes

Mempersiapkan segala hal untuk keperluan dilapangan, maksud disini untuk menjaga agar kondisi burung lovebird tetap nyaman.

Seperti membawa semprotan untuk mandi dilapangan, membawa EF seperti jagung muda, kangkung dan lainnya, membawa pakan harian milet putih / canary seed, serta alat-alat tambahan untuk mensetting sesuai keinginan burung dilapangan.

3. Pilih Lokasi Menunggu Yang Teduh Dan Nyaman

Saat tiba dilapangan / di arena kontes, jangan terburu-buru untuk membeli tiket, ada baiknya anda perlu mencari tempat posisi yang baik teduh agar burung tidak kepanasan, serta aman dan nyaman dari gangguan predator / serangga, lalu jauhkan dari burung-burung lain, agar burung lovebird tidak terpancing bunyi terus-menerus sebelum digantang, agar burung tidak keburu kecapean kendor durasi nantinya.

Tempat yang nyaman ini sangat baik untuk menyetel / mensetting lovebird anda ketika menunggu kelas giliran / sebelum digantang.

4. Buka Krodong Sebelum Naik Gantangan

Saat dilapangan, settingan krodong sangat mempengarui dari karakter burung masing-masing. Jika lovebird anda bermain sf (single fighter) burung ketika baru datang di lapangan, wajib di asingkan dan di kerodong, namun sebaliknya jika burung lovebird anda settingan untulan, perlakuan ketika dilapangan berbeda tentunya.

Namun untuk mengetahui lebih jelas karakter dari burung lovebird anda masing-masing memang butuh waktu dan trial erorr yang harus anda alami dilapangan. Anda harus benar-benar jeli dan teliti untuk memperlakukan burung lovebird anda ketika rawatan dirumah hingga settingan dilapangannya sebelum digantang.

Ada juga lovebird yang mempunyai karakter yang senang dengan full krodong, dan sebaliknya.

Kunci utama untuk menyetel dan mengetahui karakter dari burung anda masing-masing adalah, bermain dengan perasaan, analisa, insting dan naluri yang tepat, dengan perlakuan yang tepat untuk burung jagoan anda di rumah dan dilapangan.

5. Di Trek Terlebih Dahulu Atau Tidak

Sebelum dinaikan ke gantangan, ada tipe atau karakter burung lovebird yang harus di cas / di trek terlebih dahulu agar panas dan menstabilkan birahi, dengan cara mendekatkan / menggantung sangkar di dekat arena kontes 1 / 2 kelas sebelum menunggu giliran tampil digantang.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Bulu Burung Cepat Rontok (Molting)

Tujuannya agar dapat meningkatkan power dan emosional membuat birahi lovebird menjadi lebih stabil saat digantang. Namun sebaliknya, ada juga lovebird yang tidak cocok menggunakan metode seperti ini.

Tugas anda dilapangan, harus menganalisa dan melihat perilaku lovebird yang tepat untuk enak dimainkan / digantang sesuai dengan karakter burung masing-masing.

6. Pilih Nomor Gantangan Yang Sesuai Dengan Karakter Burung

Beberapa event kontes / lomba burung lovebird memperbolehkan atau membebaskan para peserta memilih nomor gantangan, untuk penempatan dan pemilihan nomor gantangan perlu pertimbangan yang tepat karena sangat mempengaruhi penampilan burung ketika digantang, dan ada baiknya harus disesuaikan dengan karakter burung masing-masing.

Jika burung lovebird anda memiliki karakter yang agak penakut, di tambah event yang diikuti membebaskan penontonnya berteriak, ada baiknya anda memilih nomor gantangan yang di tengah dan menjauhi dari teriakan para peserta. Sebaliknya , jika lovebird anda memiliki mental yang baik dan tidak takut oleh teriakan peserta, jika terdengar suara bising / brisikan dari para peserta lovebird makin berdurasi, sangat dianjurkan posisi lovebird berada di pinggir arena.

Bandingkan performa penampilan, dan karakter lomba di setiap posisi gantangan dari berbagai event yang telah diikuti, setelah itu anda dapat menganalisa ditempat mana posisi lovebird anda yang lebih cocok.

Setelah anda mengamati serta menganalisa, dari berbagai jenis suasana, cocok di tempat ramai ataupun di tempat yang sepi, pada kontes berikutnya anda sudah mengetahui seperti apa yang sebaiknya di ikuti oleh lovebird tersebut, dengan begitu peluang untuk menjadi juara sangatlah tinggi dan lebih tampil dengan maksimal.

7. Memilih Nomor Atau Titik Gantangan Sesuai Arah Sinar Matahari

Selain memperhatikan karakter lovebird kita, masih ada banyak faktor penentu yang lainnya, seperti hal nya dalam pemilihan nomor gantangan sesuai dengan arah sinar matahari, dimaksudkan disini, hindari pencahayaan matahari langsung yang menyorot ke arah no gantangan, biasanya nomor gantangan di posisi pinggir yang sering tersorot matahari.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Serindit Agar Cepat Gacor

Karena dengan sorotan sinar matahari dapat mengganggu kinerja dan performa penampilan burung lovebird ketika digantang.

8. Pilih Lawan Di Sekitar Lovebird Yang Memiliki Warna Bulu Yang Disenangi

Faktor lainnya yang harus diperhatikan disini, memilih kompetitor / pesaing atau lawan di sebelahnya / disekitarnya yang memiliki warna bulu yang menarik dan disenangi oleh burung lovebird kita, memang jarang terjadi dan sulit sekali menentukan warna, karena ketika kita sudah memilih nomor gantangan tidak boleh ditukar posisi.

Tujuannya untuk meningkatkan performa burung lovebird kita ketika disebelahnya ada lovebird yang warnanya disukai. Dan ada juga lovebird yang tidak terpengaruh dari warna bulu tersebut.

Untuk pemilihan warna bulu burung lovebird tidak perlu diprioritaskan untuk dilapangan, karena dari beberapa karakter burung lovebird ada suka dengan warna dan ada yang tidak.

9. Perlakuan Pasca Kontes

Setelah mengikuti event kontes lomba burung lovebird, namun jika lovebird anda memiliki tipe fighter yang terus menerus berbunyi ketika mengikuti event tersebut, ada baiknya anda harus mengikut sertakan pada event dan hari yang sama dengan kelas berbeda / kelas gantangan selanjutnya, mengikuti 1-2 kali kontes dengan hari yang sama.

Dikarenakan / bertujuan untuk membuang birahi burung yang berlebihan, agar tidak terlalu over birahi, dan tipe lovebird ini tidak perlu melakukan perlakuan yang khusus ketika pasca kontest selesai.

Demikian informasi yang dapat kami sapaikan. Inget ini rahasia ya..! Tips diatas adalah setingan lovebird kusumo.

Bagaimana sobat kicau..?. Apakah anda mau mencoba untuk burung gacoannya.  Semoga dapat moncer dan burung anda menjadi juara di gantangan serta menambah ilmu yang bermanfaat bagi para sahabat kicau khususnya untuk para penghobi burung lovebird.