Inilah Ciri-Ciri Lovebird Fighter Serta Perawatan Harian Dan Lomba

Diposting pada

Lovebird merupakan burung berkicau yang banyak penggemarnya. Ada banyak kontes burung berkicau yang salah satunya burung cinta ini yang di ikutsertakan. Burung lovebird ini terkenal dengan kesetiannya terhadap pasangannya.

lovebird-fighter
Dan lovebird juga berasal dari negara luar yaitu Afrika dan madagaskar, atau burung impor. Habitat burung ini sangat menyukai di area pegunungan yang sejuk dan beriklim sedang. Yang pastinya di area perbukitan dan hutan yang dekat dengan sumber mata air. Harga burung lovebird juga sangat relatif, ada yang murah dan bahkan ada yang lumayan mahal. Kisaran dari 100.000 sampai dengan 5.500.000-.

Ada 2 jeni faktor penentu yang membuat harga burung lovebird melonjak naik adalah, yang pertama jenis lovebird yang langka dan sulit ditemukan dan yang kedua adalah prestasi dilapangan atau juara lomba. Dengan mempelajari tips bagaimana mencetak lovebird fighter pada postingan kali ini, maka anda sudah mengambil keputusan yang tepat untuk burung LB kesayangan anda.

Karena memiliki banyak penggemar, dan peminat, burung ini memiliki tingkat ekonomi yang cukup tinggi. Peluang usaha dan bisnis di dunia lovebird ini sangat menjanjikan. Dari yang pemain gantangan, lomba kicau sampai kepada penangkar budidaya burung lovebird ini.

Para pecinta lovebird tentu ingin mempunyai burung yang dikenal dengan suara ngekek ini bermental fighter. Namun terkadang masih banyak yang belum mengetahui, bagaimana sih ciri-ciri burung lovebird yang bermental fighter, serta cara merawat harian dan saat sebelum dilombakan ?.


Membedakan karakter burung lovebird fighter dan cara perawatannya


Fisik

Bentuk atau ciri fisik lovebird konslet dan bermental fighter seperti yang kami kutip dari Group MLF merupakan :

  • Berkepala cepak atau (papak)
  • Matanya bulat besar
  • mempunyai paruh yang tebal
  • Leher panjang berisi
  • Bagian dada membusung (gagah)
  • Sayap burung menyilang dan menggapit rapat (membentuk huruf X)
  • Ekor burung besar dan rapi
  • Kaki mencengkeram kuat di tangkringan
Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Dan Ciri Kenari Yorkshire Yang Kualitas Bagus

Perilaku

ciri-fisik-lovebird-konsletSelain ciri fisik, saat akan memilih dan membeli burung lovebird yang bagus (fighter) wajib juga untuk mengetahui cirri atau tingkah laku burung tersebut, yaitu:

Burung Rajin Bunyi (Gacor), Latah (saat dikejutkan mengeluarkan suara), mempunyai suara yang kencang dan kasar. Saat mendengar suara burung lovebird lainnya, burung tersebut langsung menyilangkan kedua sayap menyilang bebentuk mirip huruf (“X”) serta gaya dada yang membusung kedepan dan siap untuk mengeluarkan suara ekek panjangnya.

Setelah kalian menemukan dan membeli burung lovebird dengan ciri ciri lovebird paud prospek seperti yang telah dijelaskan diatas, maka hal penting lainnya yang wajib diketahui merupakan cara perawatannya.

Perawatan burung lovebird supaya tetap sehat dan bermental juara maka wajib konsisten dalam merawatnya.

Adapun perawatan terbagi menjadi 2, yaitu rawatan harian dan rawatan saat akan diperlombakan.


Perawatan Harian

ciri-ciri-lovebird-paud-prospekCara merawat lovebird paud yang masih (baby) muda juga wajib dibedakan dengan burung yang sudah dewasa. Untuk perawatan LB yang masih muda sebagai berikut:

Di pagi hari, sekitar pukul 05.30 burung lovebird diembunkan. Setelah pengembunan, lovebird dimasukan kekandang umbaran untuk olahraga secukupnya. setelah itu burung di istirahatkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu burung dimandikan dan setelah itu dijemur selama 15 menit.

Selesai penjemuran burung diangin-anginkan sebentar dan setelah itu burung dikerodong sambil diperdengarkan suara masteran. Silahkan download suara masteran lovebird gacor ngekek panjang mp3.

Di sore atau malam hari, lovebird Bisa diangin-anginkan kembali dan setelah itu dimandikan hanya di semprot embun saja agar tidak terlalu basah kuyup. Jika saat mandi malam tubuh terlalu basah, maka akan mengakibatkan burung bisa sakit dan kedinginan. Setelah itu dianginkan kembali sebentar sampai bulu terlihat mengering dan setelah itu dikerodong kembali sambil diperdengarkan suara masteran lovebird paud.

Baca selengkapnya :  Manfaat Orong Orong Untuk Jenis Burung Kacer

Itulah perawatan burung lovebird yang masih muda, sedangkan burung yang sudah dewasa dilakukan dengan perawatan sistem koloni.

Lovebird-UntulanSistem koloni atau untulan yaitu burung dicampur dengan burung lovebird betina dalam satu kandang. Perawatannya merupakan sebagai berikut:

Saat pagi hari setelah sehabis sholat subuh sekitar pukul 5.30, ambil burung lovebird dari kandang koloni dan setelah itu masukan kekandang umbaran sambil diembunkan. Setelah sekitar 20 menit, burung lovebird diolahragakan (usahakan burung terbang dalam kandang umbaran) yang bertujuan agar melatih pernafasan burung agar panjang, lebih lincah dan sehat.

Setelah cukup berlolahraga, burung di istirahatkan selama 15 menit. Setelah itu burung dimasukan kembali ke kandang koloni untuk berduaan dengan pasangannya. Penting untuk diketahui, dalam menjalankan perawatan harian bagus untuk yang masih muda ataupun yang sudah dewasa merupakan berikan pakan milet putih aja (jangan dicampur dengan pakan lainnya).
Sedangkan untuk minumnya gunakan air Higienis.


Perawatan Lomba

Dalam menjalankan perawatan burung lovebird yang akan dilombakan sebenarnya tak ada settingan lovebird fighter yang Eksklusif, hanya diperlukan makanan suplemen racikan vitamin buat lovebird seperti VIT Power Lovebird yang Bisa anda dapatkan di kios-kios burung terdekat.

Sedangkan ciri lovebird bakalan ngekek panjang dan yang siap untuk dilombakan mempunyai tanda sebagai berikut :

  • Bulu rapih/tak kusut.
  • Burung santai dan jarang ngekek.
  • Teriak sambil menyilangkan kedua sayap membentuk hurup X dan membusungkan dada saat mendengar suara lovebird lawan.

Itulah ciri-ciri burung lovebird fighter serta cara perawatannya. Semoga bermanfaat untuk para lovebird mania di Indonesia.