Cara Mudah Penanganan Burung Kenari Yang Over Birahi

Diposting pada

Bagi para pemain kenari pemula, tidak sedikit yang masih belum mengetahui apabila kenari rawatannya yang terkadang menunjukan perilaku yang sedang mengalami over birahi (ob), yang dimana jika kenari tidak segera diatasi dan ditangani dengan cepat, maka akan berdampak kepada psikolog dan performa penampilannya ketika burung ini sedang di trek di lapangan atau dilombakan.

Untuk birahi burung jenis kenari ini tersebut memang terkenal labil dan sering sekali tidak stabil dikarenakan dengan 2 faktor umum yang bisa menyebabkan keadaan si burung kenari ini menjadi over birahi yaitu dari umur dan pakan yang diberikan setiap harinya.

Secara tidak sadar anda memberikan pakan yang terlalu berlebih yang banyak mengandung asupan protein, otomatis burung ini tentunya mengalami over birahi, serta bisa juga usia yang sudah mapan dan siap untuk dikawinkan juga bisa membuat burung kenari ini menjadi over birahi.

Lalu bagaimana caranya mengetahui burung kenari rawatan kita yang sedang mengalami over birahi ini, serta penanganan yang tepat. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini biar tidak gagal paham :

Mengetahui Ciri Ciri Kenari Yang Sedang Over Birahi

  • Kenari terlihat agresif (galak), contoh; jika kita memasukan tangan ke dalam sangkar ketika memberikan pakan atau minumnya, si burung kenari ini langsung menghampiri dan mematuki tangan kita, seakan-akan kondisi burung tersebut sedang terancam dan ingin melakukan penyerangan dan mempertahankan daerah teritorialnya.
  • Sayapnya burung kenari ini akan mengepak-ngepak atau sering disebut dengan (ngeleper) jika kita dekatkan atau kita mainkan dengan tangan kita gerak-gerakan di daerah jeruji sangkar.
  • Kondisi burung memang terlihat sehat, namun hanya bisa ngeriwik dan jarang sekali berbunyi kicau ngerol panjang (ngeplong) mengeluarkan volume suara kerasnya.
  • Jika ditrek atau diadu dengan jenis kenari lainnya, burung yang sedang ob ini terlihat lebih cuek dan tidak meladeni suara kicauan kenari lainnya, hanya mampu ngeleper sayap dan nguber jeruji sangkar saja, tidak mau berikicau sebagai mana mestinya.
Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung LB Pasvio Beserta Harganya

Keterangan : jika ada perilaku pada burung kenari anda termasuk salah satu ciri kenari yang mengalami masalah pada birahinya atau terlalu over, maka anda harus tanggap dan cepat memberikan perlakuan atau perawatan yang khusus untuk kenari ini agar bisa cepat kembali normal dan stabil lagi birahinya, berikut cara mengatasinya :

Cara Yang Tepat Mengatasi Kenari Over Birahi

Ada 7 tahap-tahapannya untuk mengatasi masalah kenari anda yang mengalami over birahi :

1. Rutin Mengembunkan Di Pagi Hari

Manfaat dari pengembunan untuk burung kenari ini sangat baik untuk menjaga stabilitas birahi serta suhu tubuhnya agar lebih rileks dengan menghirup udara segar dipagi hari, keluarkan dari rumah di embunkan ditempat yang terbuka sekitar pukul 5.30 WIb sampai pukul 7.00 WIB kemudian burung di angin-anginkan.

2. Kurangi Penjemuran Atau Tidak Menjemurnya Sama Sekali

Kurangi durasi menjemur burung yang sedang over birahi ini, atau ada baiknya stop jangan dijemur terlebih dahulu, hanya di angin-anginkan saja, agar cepat pulih dan stabil birahinya.

3. Pengisolasian Tanpa Kerodong

Untuk penempatan sangkar burung kenari ini baiknya di isolasikan terlebih dahulu di tempat yang sepi dan nyaman jauhkan dari suara burung ocehan lainnya yang dapat mengganggu birahi burung kenari tersebut.

Akan tetapi walaupun sudah di isolasi sangkar jangan dikerodong seharian, di ablak aja. Saat dikerodong baiknya pada malam hari saja agar kenari tidak kedinginan dan diserang oleh nyamuk.

4. Burung Kenari Di Masukan Kedalam Kandang Umbaran

Dengan melakukan pengumbaran, kenari kita bisa melampiaskan birahinya dan bergerak terbang bebas kesana kemari secara leluasa, cara ini sangat ampuh dan banyak sekali diterapkan oleh para pemain kenari mania.

Baca selengkapnya :  Pakan Burung Lovebird Berkualitas

Lakukan pengumbaran dengan lama waktunya sekitar 1 sampai 2 jam maksimal 3 kali dalam satu minggu.

5. Berikan Pakan EF (TIMUN)

Timun ini mempunyai kandungan kandungan banyak air didalamnya, yang sangat baik menyegarkan dan menurunkan suhu panas tubuh yang ada pada kenari kita, sebagai peredam birahi yang sangat manjur.

berikan-timun-untuk-kenari-ob

6. Memandikan Burung Kenari Di Malam Hari

Memandikan kenari ini pada malam hari, sangatlah baik untuk lebih menyetabilkan birahinya agar bisa lebih tenang. Semprot secara halus dengan menggunakan kispray secara merata di bagian bulu tubuh burung kenari.

7. Mengawinkan (Jodohkan) Dengan Lawan Jenisnya

Dari tahapan dan cara 1 sampai ke 6 suda dilakukan, namun masih saja belum ada perubahan untuk birahi burung kenari tersebut, maka cara terakhir inilah dengan menyatukan burung kenari jantan ini dengan betinanya, menjodhkan atau mengawinkannya dalam satu sangkar.

kawinkan-jodohkan-burung-kenari

Pantau dan amati terus perkembangannya, apabila sudah terlihat kawin sebanyak 1 sampai 3 kali cabut kenari pasangannya dipisahkan, dan dipastikan burung sudah stabil atau belum ?. Jika belum satukan kembali dengan pasangannya lakukan setiap kali sampai burung kenari jantan ini terlihat stabil dan tidak birahi lagi yang dimana sudah terlampiaskan dengan disalurkan kepada kenari betinanya ini.

Demikian pengalaman yang berharga ini semoga dapat menjadi solusi yang tepat bagi temen-temen kicau kenari semuanya, semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

√ Tips Merawat Kenari Jantan Dari Anakan
√ Tips Memilih Jenis Kenari Lomba
√ 7 Makanan Terbaik Burung Kenari