Jenis Burung Jalak Thailand, Habitat, Karakter, Daya Tarik

Diposting pada

Puluhan jenis burung kicau di alam telah dijadikan burung peliharaan oleh berbagai hobiis, burung ini tersebar di berbagai daerah, burung ini dapat ditemukan di Brunei, Kamboja, China, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Sebelum anda memelihara burung jalak thailand, ada baiknya anda harus mengetahui asal-usul atau riwayat dari burung tersebut, yang nantinya akan memudahkan anda dalam perawatan burung ini.

Jenis Burung Jalak Thailand

Tidak sebatas burung kicau lokal, burung kicau impor pun telah banyak ditangkarkan hobiis burung kicau di Indonesia. Sangat wajar jika burung kicau banyak dipelihara penggemar burung kicau dan sering dijadikan sebagai burung isian / burung masteran karena suara burung jalak memiliki vokal yang kasar dan khas.

Namun, burung jalak Thailand terbilang cukup cerdas dibandingkan dengan jenis burung kicau jalak lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuannya menirukan suara burung kicau lain dengan keras dan lantang.

Begitu muncul di pasaran, burung kicau berukuran besar ini langsung mendapat sambutan baik dari penggemar burung ocehan di tanah air. Jangan salah..?. Burung ini juga sangat terkenal dipasaran yang memiliki harga jual yang relatif lumaya.

Habitat Dan Kebiasaan Hidup Jalak Thailand

Habitat-dan-kebiasaan-hidup-jalak-thailand

 

Hutan sekunder terbuka yang ditumbuhi semak belukar dan dekat dengan sumber air menjadi tempat yang disukai burung kicau jenis ini. Burung ini juga sangat sering mencari makanan di dasar tanah untuk bertahan dalam kehidupannya, jalak Thailand selalu berkelompok dan sangat senang jika berpasang – pasangan. Habitat alaminya adalah hutan kering yang tropis atau subtropis. Namun biasanya para pedagang burung dan para hobiis burung kicau menyebut burung ini dengan sebutan jalak hongkong.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memilih Lovebird Gs Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Pakan Alami Jalak Thailand

Pakan-alami-jalak-thailand

Untuk pakan alami jalak sangatlah mudah untuk dicari dan didapatkan, burung kicau jenis ini adalah burung pemakan jenis serangga dan buah. Sama seperti pada burung jalak lokal yang lainnya ada di indonesia.

burung jalak makan apa ?. makanan burung jalak seperti: jangkrik, kroto, ulat hongkong (UH), ulat kandang, ulat bambu, cacing tanah / merah dan buah yang disukai seperti pepaya dan pisang kepok.

Karakter Burung Jalak Thailand

Karakter burung jalak thailand ini adalah jenis burung yang penurut dan mudah dibuat jinak.

Daya Tarik Burung Jalak Thailand

Daya-tarik-jalak-thailand

Burung jalak thailand ini mempunyai daya tarik yang sungguh menggoda, dari postur tubuh, warna bulu hingga jambul yang indah, dan suara kasarnya yang banyak disukai oleh para hobiis kicau untuk meminangnya.

Kelemahan jalak thailand.

Burung jenis ini memiliki hawa dan nafsu selera makan yang luar biasa, sehingga kotoran burung jalak ini sangat banyak dan anda harus rajin membersihkan kandangnya rutin setiap hari, agar kotoran burung jalak thailand ini tidak menumpuk dan burung selalu sehat dan rajin berkicau.

Tips Khusus Pemeliharaan Burung Jalak Thailand

Tempatkan dalam sangkar atau kandang besar karena burung kicau jenis ini biasa hidup berkelompok sama seperti jenis burung kolini pada umumnya.