Cara Mudah Ternak Jalak Kebo

Diposting pada

Jalak kebo merupakan salah satu burung yang masuk ke dalam familia jalak. Burung ini pun pada umumnya memiliki ukuran sekitar 25 cm dan memiliki bulu berwarna abu abu dan hampir hitam pada bagian kepala dan juga ekornya.

Untuk anda yang berencana memelihara ataupun ternak jalak kebo ini, maka anda pun perlu untuk mengetahui cara mudah untuk mulai beternaknya. Jika anda masih kesulitan, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Cara Untuk Beternak Burung Jalak Jenis Kebo Yang Perlu Anda Tahu


1. Dengan Memilih Indukan Jalak Kerbau

Hal pertama yang perlu untuk anda lakukan ketika ingin berternak burung satu ini adalah dengan memilih indukan dari jalak kerbau dengan benar. Yang pastinya anda harus memilih indukan yang sehat, no cacat, dan diusahakan yang mempunyai mental baik dan gacor.

Untuk itu, anda pun perlu untuk memilih burung jantan yang akan dijadikan indukan yang telah memiliki umur 2 tahun dan juga mempunyai postur tubuh yang sehat dan juga tidak cacat. Untuk jenis betinanya pun juga anda harus memiliki tubuh yang sehat dan burung tersebut siap kawin.

budidaya-burung-jalak-kebo

2. Dengan Menentukan Lokasi Kandang

Selain itu, apabila anda ingin ternak jalak kebo dan hanya memiliki burung jantan saja, maka sebelum mengawinkannya dan menjadikannya satu kandang dengan burung betina maka anda pun perlu untuk memisahkan kandangnya terlebih dahulu.

Akan tetapi, anda pun perlu meletakkan sangkar tersebut secara berdekatan. Hal ini bertujuan agar nantinya kedua calon indukan tersebut saling mengenal dan jika keduanya dapat berinteraksi dengan baik, maka anda pun bisa mendekatkan indukan tersebut.

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Ternak Burung Anis Merah Bagi Pemula

Kemudian, anda pun bisa memilih lokasi yang sepi dan jauh dari keramaian, baik dari kendaraan maupun manusia. Hal ini dikarenakan jika lokasi memiliki suasana yang berisik, maka nantinya akan membuat burung tidak mau bertelur.

Sehingga anda pun bisa membuat sangkar pada halaman belakang rumah anda. Selain itu, anda pun perlu menyediakan tempat dan mengusahakannya untuk mendapatkan sinar matahari pagi.

3. Penyapihan Anakan

Ketika anda melakukan ternak jalak kebo, maka anda pun juga perlu untuk melakukan penyapihan anakan. Hal ini bertujuan pemisahan anak dari indukannya agar si induk dapat memproduksi telur kembali.

Meskipun anak dipisahkan dari induknya, akan tetapi anak tersebut akan tetap diletakkan di dalam kandang yang diberikan rumput kering dan juga bohlam untuk penghangatnya.

4. Dengan Memberinya Pakan

Ketika anda sedang mulai untuk beternak burung satu ini, maka anda pun juga perlu untuk memikirkan pemberian pakan terhadap burung tersebut. Hal ini dikarenakan nantinya akan berpengaruh terhadap proses perkawinan.

Sehingga anda pun perlu untuk memberikan pakan yang memiliki nutrisi yang tinggi, sebut saja seperti ulat jerman, ulat bambu dan juga jangkrik. Anda pun juga perlu untuk memberikannya pakan berupa voer dan pisang kepok matang yang berprotein tinggi.

anakan-jalak-kebo

5. Dengan Menjemurnya

Selain itu, anakan dan juga indukan juga perlu untuk dijemur secara rutin selama kurang lebih dua jam setiap harinya. Idealnya anda bisa menjemurnya sejak pukul 8 pagi hingga 10 pagi.

Ketika proses menjemur tersebut, maka anda juga bisa sekaligus membersihkan kotoran yang ada di dalam kandang, baik itu bekas pakan dan juga tempat air agar tidak lumutan. Hal ini tentu saja menjadi hal yang perlu anda perhatikan ketika sedang melakukan ternak jalak kebo.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula

Dengan mengikuti cara tersebut tentunya akan mampu menjadi pengetahuan bagi anda ketika ingin beternak burung satu ini. Sehingga anda pun nantinya akan bisa menghasilkan anakan dalam kondisi yang sehat.

Untuk itu, anda pun harus beternak dengan menerapkan cara cara yang benar namun praktis dan sederhana, ketika mulai memutuskan untuk memelihara dan ternak burung jalak dengan jenis kebo ini. Demikian informasi yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman yang terbaik yang telah terbukti. Terima kasih , semoga bermanfaat.