Tips Mudah Cara Merawat Burung Parkit Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Halo sobat kicau semua, kembali lagi bersama situs resmi Kacer.Co.ID yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips cara merawat burung parkit dengan mudah supaya rajin berkicau setiap hari.

Burung parkit merupakan salah satu jenis paruh bengkok yang mirip seperti burung love bird, nuri, ataupun kakatua. Bisa dibilang masih memiliki saudara famili atau kerabat dari gen masing-masing. Burung ini yang mempunyai nama latin Conuropsis carolinensis, memiliki suara khas yang unik seperti terdengar ngeromet, ngomel-ngomel atau ngedumel jika sudah gacor tentunya.

Ada dari beberapa temen penghobi burung parkit ini yang masih bingung cara memberikan perawatan hariannya agar si burung tetap kondisi, sehat dan gacor intinya. Nah maka dari itu akan kita bahas secera panduan perawatan burung parkit lengkap, yuk simak ulasannya dibawah ini :

Perawatan harian burung parkit agar sehat dan cerewet


Persiapan Kandang

kandang-parkit-bulat

Bagi anda yang sama sekali belum pernah merawat burung parkit ini, dan ingin memelihara serta merawatnya dengan baik, dalam memelihara burung yang satu ini sangatlah mudah dan cukup sederhana. Namun langkah awal yang pertama kali sebelum anda membeli burung ini, sebaiknya anda siapkan terlebih dahulu sangkar atau kandangnya.

Untuk kandang burung parkit yang ideal menggunakan kandang / sangkar yang terbuat dari besi, sama seperti burung lovebird ataupun pelatuk, jika menggunakan bahan yang dari kayu maka dikhawatirkan resiko burung bisa terlepas dan terbang nantinya. Dikarenakan burung paruh bengkok seperti parkit ini memiliki paruh yang kuat dan mampu menggigit serta jeruji sangkar dengan sekuat tenaga.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Trucukan Yang Tepat Agar Gacor Hariannya

Pakailah sangkar yang berbentuk bulat ataupun yang kotak, semua tergantung temen-temen jika untuk burung hiasan yang dihanya di gantung sebaiknya menggunakan model yang bulat, namun jika ada keinginan untuk mencoba menangkar burung tersebut ya tidak ada salahnya jika anda memilih yang bentuknya kotak.

kandang-parkit-kotak

Pemandian Dan Penjemuran

Cara memandikan burung parkit baiknya diwaktu pagi hari, pastikan matahari cukup bersinar terang cuaca mendukung untuk menjemur burung, sebelum dijemur burung parkit dimandikan terlebih dahulu dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer.

Sebelum menyemprotnya sebaiknya, copot terlebih dahulu wadah pakan dan minumnya, serta tebok atau tempat alas kotorannya, biar tidak terkena air semprotan mandi burung tersebut. Ganti air minum dan makan utamanya setiap hari. Dan bersihkan alas penadah kotoran burung / tebok alas mengguanak air dan di sikat sampai bersih.

Jika burung ini sudah selesai dimandikan sangkar juga sudah bersih kondisinya, maka boleh untuk melakukan penjemuran, waktu penjemuran untuk burung parkit ini cukup 45 menit sampai 90 menitan saja ya, jangan terlalu lama-lama berjemur, karena akan bisa mengakibatkan rusaknya bulu burung tersebut.

gambar-burung-parkit

Pemberian Pakan Utama Dan EF

Untuk pakan utama burung parkit ini adalah biji-bijian seperti milet putih, canaryseed, biji sawi, kwaci. Namun ada juga yang dinamakan pakan tambah yang harus diberikan sesuai karakter yang disukai oleh burung parkit peliharaan anda.

Pakan pendamping EF, anda bisa memberikannya sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar seperti : toge, jagung manis muda, kol, kangkung, sawi putih ataupun hijau, daun seledri, dan untuk buah yang sangat baik diberikan adalah : buah apel dan pisang kepok putih.

Untuk pakan utama wajib diberikan setiap hari atau bisa diselang seling, hari senin sampai jum’at bisa diberikan milet putih dan hari sabtu dan minggunya milet putinya diganti dengan memberikannya canaryseed, lakukan secara rutin setiap minggunya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis dan Ciri Burung Lovebird Euwing Beserta Harga

burung-parkit-bahan

Untuk Pakan tambahan Extra Fooding hanyalah sebagai pelengkap saja, bisa anda random atau acak dalam memberikan pakan pendamping ini maksimal seminggu 1 – 2 kali saja, misalnya di hari senin anda berikan sayuran kangkung, dan pada hari sabtu diberikan buah apel. Dalam memberikan sayur dan buah ini sangat baik untuk melengkapi gizi, vitamin dan mineral alami yang bagus untuk kesehatan dan kegacoran burung parkit kesayangan anda.

Catatan : dalam memberikan perawatan burung parkit, harus dilakukan dengan konsisten dan telaten, serta agar mendapatkan hasil yang maksimalnya anda disarankan merawatnya lebih dari satu burung, minimal sepasang jantan dan betinanya, karena sifat krakter burung parkit ini adalah koloni dan senang berkelompok, jika nunggal atau sebatang kara, maka burung lebih rentan dan mudah sekali stresnya.

Sekian tips cara merawat burung parkit yang bisa anda ambil pelajarannya, serta dapat mengaplikasikannya dalam merawat burung parkit anda agar bisa gacor setiap hari, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Ciri Burung Parkit Australia