Cara Merawat Burung Dara

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini Kacer.Co.Id akan memberikan beberapa tips cara merawat burung dara yg baik dan benar ya temen-temen terlebih dikhususkan bagi kalian yang masih pemula yg baru memulai hobinya di dunia burung merpati tinggi (kolongan).

Di forum atau grup burung dara memang tiada kata istilah sepi peminatnya, dari dahulu sampai sekarangya, cukup stabil dan bahkan bertambah terus malah. Heheh, akan tetapi terkadang masih banyak yg salah atau hanya ikut-ikutan saja dalam hal memelihara burung yg satu ini ya. Maka dari itu kami akan berbagi sedikit pengalaman sesuai judul artikel ini, tentang pola rawatan burung dara hariannya dengan tepat.

Rahasia Cara Merawat Burung Dara Agar Sehat Jadi Juara


Pola rawatan wajib yang harus kalian lakukan setiap harinya :

Kebersihan Kaki Burung

Rutinlah setiap harinya kalian harus semprot pada bagian kaki burung tersebut, yg bertujuan agar kondisi kebersihan kaki terhindar dari virus yang bisa membuat burung tidak nyaman.

Cara membersihkannya, temen-temen bisa menggunakan sikat gigi bekas, yg masih layak pakai ya untuk menyikati bagian area kaki burung beserta kukunya juga.

Nah contoh halnya seperti ini, pada telapak kaki burung merpati ini pasti sering menginjak-injak kotorannya sendiri baik di dalam kandangnya ataupun ketika sedang kita kepar, kita tidak tahu burung kita menginjak sesuatu yang nantinya bisa membuat kaki burung akan bermasalah nantinya. Memanglah hal sepele, akan tetapi jika temen-temen malas untuk membersihkan kakinya secara rutin maka nanti hasilnya akan fatal ya.

Baca selengkapnya :  Inilah Spesifik Burung Wambi, Habitat, Ciri, Suara, wambie

cara-merawat-burung-dara-kolongan

Tips Penjemuran Yg Tepat

Burung dara yang kita niatkan untuk dicetak sebagai burung lapangan tentu membutuhkan tenaga yang bersumber dari alam, tentu dari manfaat penjemuran ya, nah dalam melakukan jemur burung yang baik adalah di dalam kandang ya. Tidak disarankan kalian menjemurnya dengan cara di kepar / di umbar bebasa.

Untuk durasi penjemurannya juga cukup 3 sampai 4 jam saja, misal menjemur burung dari pukul : 08.00 – 12.00 WIB tengah hari, baru burung kita istirahatkan di tempat yg sejuk dan nyaman.

cara-merawat-burung-dara-juara

Baca juga artikel terkait lainnya seputar : cara memilih burung merpati kolong

Bersihkan Kelengkapan Kandang

Kebersihan kotoran burung dara juga sangat wajib dilakukan, terlebih atribut / perlengkapan harian ataupun kandang yg biasa kita gunakan untuk membawanya kelapangan, cek kondisi fresh dan usahakan selalu dalam keadaan bersih setiap harinya.

Jika lingkungan dalam hal rawatan bersih tentu sehat bagi kita terlebih bagi burung yang kita rawat juga ya temen-temen. Karena sudah kita ketahui bersama, kotoran burung dara sangat berbahaya bagi kesehatan burung serta kita sebagai perawatnya, jadi harus ingat ya kalian jangan sampai menunda-nunda dalam hal kebersihannya.

bagaimana-cara-merawat-burung-dara

Tips Memberi Minum Harian Yg Tepat

Nah untuk selanjutnya, apabila temen-temen memberikan minum yg biasa ditempatkan langsung di dalam kandang tentu harus di cek terus ya kebersihan air minum (mineralnya), karena faktor kebersihan air juga sangat berpengaruh besar bagi kesehatan si burung dara tersebut, dan sesuai dengan pengalaman pribadi saya, saran kami tidak memberinya minum di taruh di dalam kandang ya.

Untuk mengganti air minum selalu dalam keadaan bersih minimal dalam waktu sehari bisa 3 – 5 kali ganti biar lebih fresh.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Strawberry Finch Agar Cepat Gacor

Nah jadi itu saja hal-hal yang sederhana akan tetapi jika kalian anggap enteng maka akan menuruni kualitas dan performa dari burung dara kesayangan anda ya, jadi harus teliti, telaten serta konsisten kuncinya. Semoga informasi yg singkat ini bisa kalian ambil pelajaran dan bisa bermanfaat ya. Selamat mencoba.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari