Tips Mudah Cara Menjodohkan Lovebird Yang Berbeda Umur Dan Warna

Diposting pada

Apakah anda ingin menjodohkan burung Lovebird ? yang sesuai dengan kriteria anda agar cepat berjodoh dan pas (cocok) dengan pasangannya, agar hasil yang anakan yang nantinya bisa anda rawat berdasarkan keinginan dan tujuan anda.

Burung Lovebird memang merupakan salah satu jenis burung yang selalu dijodohkan oleh para pecinta burung, bukan hanya itu saja burung ini juga bisa dijodohkan dengan burung lovebird yang memiliki usia dan warna yang berbeda.

Sehingga kamu bebas untuk menjodohkan burung cinta dengan pasangannya yang berbeda warna apapun dan juga dengan usia berapapun.

Ada pula dalam menjodohkan lovebird juga harus mengetahui beberapa hal karena jika salah satu langkah saja tidak dilakukan maka proses penjodohan bisa saja menjadi gagal. Oleh karena itu, sebelum melakukan penjodohan ada kalanya mengetahui terlebih dahulu berapa usia dan warna dari burung Lovebird tersebut.

Karena dengan begitu, kamu tinggal mengetahui bagaimana caranya melakukan proses perjodohan antara burung lakbet jantan dengan betina. Bagaimana? Tertarik dengan cara yang tepat dan baik dalam menjodohkan burung lovebird ?. Yuk Cekidot!

Teknik mudah memilih pasangan yang cocok untuk burung Love Bird

Memilih warna pada burung

Tips yang paling utama adalah memilih warna pada burung. Mensiasati dalam mencari pasangan yang cocok bagi kedua jenis burung ini sebenarnya bermulai dari langkah yang pertama ini, jika langkah pertama saja tidak bisa kamu lakukan.

Maka kamu tidak akan bisa melanjutkan langkah yang kedua, hal ini dikarenakan warna merupakan hal yang paling penting. Jika kamu memilih perpaduan warna yang bagus antara lakbet betina dan jantan maka nanti akan menghasilkan anakan yang memiliki perpaduan warna yang cantik.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Menjinakkan Burung Kacer Yang Giras

Nah, inilah kenapa kamu harus memilih warna pada burung karena bisa berpengaruh kepada hasil anakan yang kamu miliki nantinya. Apalagi kalau berbicara mengenai Love bird pasalnya banyak sekali berbagai warna yang cantik pada burung tersebut.

Mulai dari hitam – merah, hijau – oranye dan berbagai warna yang menarik lainnya. Tetapi hal ini tergantung kepada warna yang akan kamu pilih nanti, semakin bagus warnanya maka semakin baik pula hasil anakan yang dituai nantinya.

lovebird-jodohan

Memilih usia yang diinginkan

Kalau pada tips yang pertama itu kamu diminta untuk memilih warna pada burung, maka tips uang kedua ini adalah memilih usia yang diinginkan. Dalam memilih usia, juga harus diperhatikan sebaik mungkin, jangan asal dalam memilih usia karena bisa berpengaruh buruk pada burung tersebut.

Dengan daya dan upaya untuk mencari pasangan yang cocok burung ini merupakan teknik yang kedua ini masih merupakan hal yang dasar, sehingga mudah banget dimengerti bagi kamu yang baru saja memiliki burung lovebird.

Hal ini penting banget jika burung Lovebird yang ingin dijodohkan masih anakan maka proses penjodohan tidak akan bisa dilakukan. Tetapi dalam melakukan penjodohan harus memperhatikan apakah usia dari burung lovebird memang sudah menyukupi minimal usia yang telah ditentukan atau tidak. Karena pada dasarnya minimal usia yang diperbolehkan untuk dijodohkan adalah sekitar sembilan bulan, sedangkan untuk usia maksimalnya sekitar dua belas bulan atau satu tahun.

Menunggu burung jantan birahi

Kalau dua tips diatas sudah dilakukan dengan benar maka tips yang ketiga ini adalah menunggu burung jantan birahi. Birahi merupakan salah satu tanda dimana burung jantan sudah ingin dijodohkan, biasanya ada beberapa pertanda yang bisa kamu lihat seperti memuntahkan makanan yang keluar dari paruhnya. Hal ini memang dipercaya bahwa burung jantan memang sudah birahi. Ihktiar dalam mencari pasangan burung jenis ini memang terlihat mudah tetapi tidak boleh disepelekan sama sekali.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Tengkek Buto Supaya Gacor Untuk Isian

Jadi, jika burung lovebird jantan kamu tidak memiliki beberapa pertanda yang diberikan sebelumnya, maka kamu bisa memberi makanan seperti sayuran. Sayuran bisa membantu agar burung jantan bisa melakukan birahi. Biasanya kamu bisa memberikan sayuran atau kwaci minimal dua sampai tiga kali dalam sehari, sehingga makanan juga bisa membantu munculnya birahi. Pastikan kamu melakukan hal ini sebelum proses perjodohan berlangsung sekitar tiga sampai empat hari sebelum perjodohan.

Mendekatkan burung jantan dan betina

Tips yang keempat ini harus kamu lakukan agar burung jantan dan betina bisa mendekatkan diri. Tetapi burung jantan dan betina tidak dimasukkan dalam satu kandang melainkan di berbeda kandang. Tetapi kandang antara burung lovebird jantan dan burung lovebird betina harus didekatkan agar bisa saling mengenal antara burung jantan maupun burung betina.

Trik untuk perjodohan lovebird ini memang harus dilakukan agar burung bisa lebih mengenal sifat dan perilaku masing-masing.

Mendekatkan-burung-jantan-dan-betina

Memindahkan burung betina

Biasanya pada tahap yang terakhir ini, kamu bisa langsung saja memindahkan burung betina kepada kandang burung jantan. Hal ini dilakukan agar mereka lebih akrab lagi daripada yang sebelumnya.
Nantinya burung jantan akan menghormati burung betina layaknya tamu di dalam kandangnya sendiri. Jika sudah akrab dan sering tidur bersama dengan burung jantan, maka kamu memang diwajibkan untuk memindahkan kembali burung lovebird betina. Kemudian kamu bisa memindahkan ke kandang ternak nantinya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar – Cara menjodohkan lovebird kali ini semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu menambah wawasan teman-teman, ya. Salam pecinta burung!

Baca artikel selengkapnya :