Mengenal Ciri Burung Kiwi Beserta Habitat Di Alam Liar

Diposting pada

Burung kiwi merupakan salah satu jenis burung ratit. Burung ratit sendiri merupakan sebuah nama ilmiah yang ditujukan untuk sebuah burung yang tidak dapat terbang.

Hal ini disebabkan burung dengan jenis ini mempunyai jenis sayap yang kecil dan tidak adanya otot yang digunakan untuk terbang. Selain itu, bobot kerangka dari burung ini pun juga tergolong berat. Bagi anda yang ingin mengetahui tentang ciri khas maupun habitat dari burung dengan jenis satu ini, maka simak ulasan berikut.

burung-kiwi

Memahami karakter burung kiwi yang perlu anda ketahui


Ciri Khas Dari Burung Jenis Kiwi

Burung dengan jenis satu ini merupakan salah satu jenis burung yang dapat dengan mudah untuk anda kenali. Hal ini dikarenakan keberadaan paruhnya yang panjang dan sepasang lubang hidung yang terletak di ujung paruhnya.

Ciri tersebut merupakan suatu hal sehingga nantinya anda pun akan lebih mudah untuk menemukan burung dengan jenis satu ini di alam liar.

Untuk spesiesnya sendiri, burung kiwi pun memiliki 5 spesies yang telah diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Diantaranya adalah Apteryx australis atau kiwi yang mempunyai ciri khas berwarna coklat selatan, Apteryx haastii yang merupakan kiwi besar yang berbintik, dan Apteryx mantelli atau kiwi yang mempunyai warna coklat selatan. Serta ada juga Apteryx rowi atau kiwi dengan coklat Okatrito dan juga Apteryx owenii atau kiwi dengan ukuran kecil dan berbintik.

Untuk ukuran dari burung ini sendiri mempunyai ukuran sebesar ayam yang dimana tubuh betina pada umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan yang jantan. Selain itu, burung ini pun juga mempunyai berat badan sekitar 2 hingga 4 kilogram. Meskipun mempunyai sepasang sayap, burung ini pun termasuk kategori burung ratit, dimana merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang.

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Budidaya Walet

Untuk ciri khas selanjutnya yang perlu untuk anda ketahui mengenai burung kiwi ini adalah mempunyai paruh yang panjang. Untuk kuran paruhnya sendiri takni mencapai sepertiga dari ukuran panjang tubuhnya.
Burung ini sendiri pun tidak mempunyai ekor sehingga jika anda melihatnya, maka anda pun akan melihat burung yang sedikit berbeda dari unggas kebanyakan. Namun jika dilihat sekilas burung ini yang sering bermain-main didasar (tanah) terkadang seperti menyerupai dan mirip hewan landak.

Makanan Dan Habitat Dari Burung Satu Ini

Untuk makanannya sendiri, kiwi memiliki makanan yang sangat beragam dan bervariasi. Makanan ini sendiri pun biasanya terdiri dari buah kecil, cacing tanah, biji-bijian dan juga serangga. Terkadang, burung inipun juga memakan hewan air yang kecil. Berbicara mengenai habitat, maka anda pun nantinya akan dapat menemukan burung satu ini di daerah Selandia Baru.

jenis-burung-kiwi

Burung ini pun juga dapat dikatakan sebagai salah satu binatang asli yang berasal dari Selandia Baru. Untuk itu, anda pun nantinya akan dapat dengan mudah untuk menemukan burung satu ini di wilayah seperti hutan, semak-semak dan padang rumput.

Burung ini pun juga akan tinggal di goa yang digalinya sendiiri. Selain itu, burung kiwi juag mampu dengan mudah untuk beradaptasi dengan berbagai lingkungan yang baru dan akan senang untuk berkeliaran di alam bebas.

Kiwi merupakan salah satu butung yang memiliki keunikan tersendiri, dikarenakan burung ini tidak berevolusi sama sekali sejak 8 juta tahun yang lalu. Selain itu, burung ini pun termasuk sebagai tipe burung monogami.
Dimana ia akan selalu setia terhadap satu pasangannya saja. Namun, burung satu ini pun juga bisa berganti pasangan jika nantinya ia bertemu dengan kiwi lain yang dianggap lebih baik daripada pasangannya yang sebelumnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Bubut (Makanan, Harga Dan Suara)

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar burung kiwi. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.