Mengenal Jenis Burung Finch (Makanan, Suara Dan Harga)

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Kali ini saya ingin memberikan tips dan trik bagaimana Mengenal Jenis Burung Finch beserta makanan, harga dan suara merdu nan istimewa yang dimiliki oleh burung ini.

Minat masyarakat Indonesia dengan burung, nampaknya kian hari kian bertambah. Hal ini juga terlihat dari banyaknya orang yang menggemari burung finch atau yang lebih anda kenal dengan burung pipit.

Keberadaan burung satu ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi masyaraakat lanataran burung pipit memiliki warna yang indah dan kicauannya yang merdu. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Dari Burung Pipit Yang Perlu Untuk Anda Tahu


1. Strawberry Finch

Burung pipit satu ini merupakan jenis burung yang memiliki banyak penggemar. Dengan memiliki nama lain red avadavat atau strawberry finch yang memiliki nama latin yakni Amandava amandava ini merupakan burung yang di negara Indonesia dikenal dengan ana pipit benggala atau emprit geni. Burung satu ini pun mempunyai warna yan sangat indah.

burung-finch-strawberry

Tergolong sebagai salah satu jenis burung dimorfik, maka burung finch dengan jenis ini merupakan burung yang jantan dan betinanya mudah dibedakan dengan tampilan warna pada bulunya. Untuk bulu yang jantan, maka akan berwarna merah padam dengan memiliki bintik putih pada bagian dadanya. Serta warna tersebut juga menghiasi sisi tubuh, tunggir dan juga sayapnya.

Makanan burung finch : Untuk makanannya sendiri, burung ini merupakan salah satu burung pemakan biji-bijian. Untuk itu, anda pun harus banyak menyediakan biji-bijian jika ingin memelihara burung satu ini. Burung ini pun juga mempunyai suara yang merdu dan sangat lantang sehingga memiliki irama seperti suara sebuah seruling. Untuk harga burung finch sendiri, burung ini pun dapat anda beli dengan merogoh kocek sebesar 100 ribu hingga 200 ribu rupiah jika anda membelinya secara sepasang.

Baca selengkapnya :  Download Pancingan Suara Burung Kacer Betina Langsung Nyaut

2. Zebra Finch

Burung finch yang mempunyai nama lain Taeniopygia guttada merupakan salah satu burung yang juga banyak diminati oleh masyarakat. Burung ini pun keberadaannya juga cukup dikenal bagi kalangan penggemar burung mancanegara. Umumnya, anda akan dapat menemukan burung satu ini di wilayah seperti Indonesia, Australia hingga Timor Leste.

Akan tetapi, setelah burung dengan jenis ini diintroduksi hingga negara di Amerika, seperti Puerto Rico, Brazil, dan Amerika Serikat hingga Portugal, maka anda pun nantinya akan lebih mudah untuk menemukan burung satu ini.

Burung ini pun juga termasuk burung dengan tipe dimorfik. Untuk burung berjenis jantan sendiri akan memiliki ciri berupa pipi yang mempunyai bercak oranye dan garis pada tenggorokannya.

Selain itu, untuk corak di dadanya sendiri juga mempunyai becak oranye. Sedangkan untuk sayapnya, burung satu ini akan memiliki warna yang merah dan berbintikputih. Burung ini pun sering digunakan sebagai salah satu burung yang perilakunya sering diamati untuk tujuan penelitian ilmiah, selain untuk dipelihara oleh masyarakat.

burung-finch-zebra

Pada umumnya, makanan untuk burung finch jenis zebra ini adalah berupa biji-bijian yang biasanya anda gunakan untuk memberi makan pada burung kenari anda. Selain itu, burung satu ini pun juga mempunyai harga yang cukup tinggi jika anda ingin memeliharanya. Rata-rata untuk harga zebra finch akan dibanderol dengan harga sekitar 350 ribu hingga 400 ribu rupiah untuk sepasang.

Burung satu ini pun juga mempunyai suara yang merdu untuk didengarkan. Tak hanya kedua jenis itu saja, sebenarnya masih banyak sekali jenis burung pipit yang digemari dan banyak dicari oleh kolektor burung hias, diantaranya seperti owl finch, emprit jepang, bondol haji dan juga lain sebgaainya yang juga mempunyai warna yang cantik dan ciri khas unik lainnya yang bisa untuk anda jumpai.

Baca selengkapnya :  Perawatan Khusus Untuk Murai Batu Yang Cuma Ngeriwik

Ciri khas suara burung finch yang dimiliki oleh burung ini hampir mirip dengan suara burung kenari, yang memiliki durasi panjang dan sangat baik untuk dijadikan sebagai burung isian (masteran) bagi burung ocehan yang lainnya.

Penasaran dengan suara burung ini ?. Berikut simak audio mp3 auto gacor suara burung finch dibawah ini :

Suara Burung Finch Gacor – Download link disini

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar burung Finch. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.