Mengenal Ciri Lovebird Cobalt Beserta Kelebihan dan Harga Jual

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Kali ini saya ingin memberikan tips bagaimana cara mudah Mengenali Ciri Lovebird Cobalt, ada 5 keunggulan yang dimiliki oleh burung cantik yang berwarna biru cerah ini untuk dapat anda jadikan sebagai burung peliharaan maupun gacoan kontes dilapangan nanti.

Ada beragam jenis burung lovebird yang akan anda temui dipasaran. Jenis burung biasanya dibedakan karena warnanya, dan juga kemampuan adu gacor yang ditonjolkan. Anda bisa mengenali berbagai ciri yang ditampilkan dari jenis burung lovebird tersebut.

Salah satunya adalah jenis burung lovebird cobalt yang menjadi primadona. Nah untuk memgenali ciri burung tersebut, yuk simak ulasan selengkapnya.

lovebird-cobalt

Keunggulan Fisik Burung Cobalt


1. Memperhatikan Warna Dada dan Sayap

Untuk bisa membedakan burung lovebird jenis cobalt dengan jenis lainya adalah melalui warna yang dimiliki. Warna untuk burung cobalt memiliki tampilan warna biru yang terlihat lebih mudah atau lebih pudar. Hal ini berbeda dengan jenis lovebird biru mangsi yang memiliki warna biru langit yang lebih kuat dan lebih tajam.

Jadi anda bisa memperhatikan warna pada bagian sayap sang burung yang sudah jelas terlihat. Sedangkan untuk bagian dada, sang burung lovebird jenis cobalt akan memiliki warna yang lebih soft dibandingkan dengan warna burung lovebird jenis biru mangsi. Sementara untuk bagian dada hingga atas akan terlihat warna putih hingga angkal leher sang burung.

2. Mudah Beradaptasi

Serunya saat memelihara burung ini adalah kemampuan adaptasi yang bagus dibandingkan dengan jenis lainya. Jenis burung lovebird cobalt mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan baru di sekitarnya. Selain itu burung ini juga tahan pada cuaca yang ektrim. Krena burung ini sangat menyukai cuaca dingin.

Baca selengkapnya :  Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

3. Mudah Untuk Gacor

Memiliki warna yang bagus juga merupakan nilai tambah bagi seekor burung. Namun burung cantik ini memiliki suara yang bagus dan terbilang mudah gacor dibandignkan burung lainya. Suara Love Bird yang merdu yang dihasilkan oleh burung memiliki suara khas dan bisa dikutkan lomba gacor.

4. Harga Burung Jenis Cobalt

Burung ini dibandrol dengan harga yang lumayan menguntungkan lho. Anda bisa membeli burung jenis cobalt dengan harga anakan sekitar 300 ribu rupiah hingga 350 ribu rupiah. Sedangkan untuk jenis burung yang berusia sudah dewasa akan dibandrol dengan harga kisaran 400 ribu rupiah hingga 450 ribu rupiah.

Harga ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga burung lovebird jenis pastel ijo. Sebelum membeli burung lovebird cobalt, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu harga burung di pasaran sehingga anda tidak akan tertipu di pasaran saat membelinya. Lakukan mini riset untuk mengecek harga burung di pasaran. Hal ini karena setiap pasaran atau toko tentu akan membandrol dengan harga yang berbeda.

lovebird-mangsi

5. Perawatan yang Mudah

Tips Perawatan Si Biru Cobalt : Untuk memlihara burung ini anda bisa melakukan perawatan yang mudah seperti pemberian makan yang teratur. Anda bisa memberikan asupan protein yang bagus untuk kesehatan burung seperti pemberian kroto, sayur, biskuit atau makanan bergizi lainya yang bisa meningkatkan kemampaun gacor sang burung.

Perawatan Harian

Pada waktu pagi hari mandikan hingga basah kuyup, setelah itu di angin-anginkan terlebih dahulu sekira kurang lebih setengah jam, lalu dijemur selama 1 jam, setelah dijemur lalu dianginkan kembali 15 menit, kemudian di krodong.

Seminggu 2 kali, burung boleh dimandikan pada malam hari sekitar pukul : 20.00 – 21.00 WIB, lalu berikan timun dan pakan milet putih yang dicampur dengan biji kenari (canaryseed).

Baca selengkapnya :  Ciri Dan Harga Murai Batu Bahorok Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Perawatan Kontes

Menjelang kontes, pada pagi harinya burung dimandikan, lalu dijemur seperti biasa, aplikasi pakan yang diberikan adalah sayuran kangkung berikan sedikit saja. Dua sesi sebelum burung digantang, suapi burung dengan 2 – 3 kali gigitan kangkung. Tujuannya untuk mendongkrak birahi burung tersebut, cukup berikan sebatang / sedikit saja kangkung (jangan terlalu berlebihan) nanti akan berakibat over birahi yang ditakutinya. Setelah itu keluarkan wadah pakan dan air minum yang ada didalam sangkar.

Saat kontes; jemur sauna terlebih dahulu sekitar 5 menit, lalu burung siap digantangkan. Ada baiknya burung ini sangat menyukai nomor gantangan yang ada dipinggir yang ada dibaris kedua. Apabila digantang diposisi pinggir, tangkringan harus dirubah sejajar dengan penonton. Intinya burung anda harus menghadap kepada peserta lomba burung yang lainnya dan bukan ke penonton / bukan menyamping posisinya.

Burung ini harus selalu dilatih agar memiliki suara gacor dan bisa mengalahkan pesaing di arena lomba. Perawatan yang dilakukan adalah membersihkan kandang burung setiap seminggu sekali agar tidak terkena virus yang menyebabkan penyakit. Dengan melakukan perawatan secara benar, lovebird cobalt anda akan mampu memenangkan adu gacor dengan lawan tandingnya.

Anda bisa memelihara burung lovebir di pekarangan rumah anda. Dengan mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh sang burung anda bisa mempertimbangkan untuk memeliharanya dirumah. Tentunya anda juga harus menjaga kesehatan dan juga kebutuhan burung agar tetap seimbang dan terhindari dari virus. Anda bisa melakukan sharing bersama dengan kawan yang sudah berpengalaman dalam hal perawatan burung lovebird.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar lovebird cobalt. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.