Fakta Unik Burung Ababil Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Ada banyak sekai jenis burung yang bisa ditemukan. Berbagai jenis burung tersebut ada yang sengaja dikembangbiakkan untuk kemudian dijual. Sebagian burung ada yang dicari suara kicauannya, kecepatan dan ketepatan terbangnya, sampai warna dari bulunya.
Namun, ada satu burung yang dianggap misterius. Bahkan, burung ini diabadikan dalam salah satu kitab suci.

Di peradaban sejarah pun burung ini bisa ditemukan. Ya, apalagi jika bukan burung ababil. Burung yang satu ini sangat menarik untuk dibahas. Terutama tentang ciri khas dan fakta-faktanya. Berikut, sedikit ulasan mengenai burung ini.

Mengenal Lebih Dekat Ciri Burung Ababil

Diketahui burung ini bukanlah spesies yang ada di bumi. Ababil merupakan burung khusus yang diciptakan memiliki kekuatan melampaui manusia. Burung ini digambarkan memiliki warna yang berbeda-beda. Ada yang berwarna putih, hitam, dan hijau. Burung-burung ini datang ke bumi dengan membawa batu yang panas.

burung-ababil-perkasa

Fakta Burung Ababil

Ciri dari burung ababil memang minim didapatkan. Terlebih, spesies burung ini sangat sulit atau mungkin tidak akan pernah ditemukan di muka bumi. Bahkan, di dalam kitab suci pun tidak banyak penjelasan mengenai burung ini. Oleh sebab itu, berikut ada beberapa fakta menarik dari burung misterius ini.

Utusan Tuhan

Ababil merupakan burung yang bergerak langsung atas perintah dari penciptanya (Tuhan). Datangnya burung ini adalah saat terjadi penyerangan pasukan Gajah ke Ka’bah. Di mana, pasukan tersebut dipimpin oleh raja Abrahah. Dialah, pemimpin Yaman yang sangat ditakuti pada masanya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Pleci Lombok Dengan Mudah

Pada masa itu, diceritakan bahwa Abrahah marah karena sesuatu hal dan ingin menghancurkan ka’bah. Hanya saja, ternyata dia harus berhadapan dengan ababil. Saking banyaknya burung-burung ini, maka sekejap terlihat seperti kepulan asap pekat.

Membawa Tiga Batu Panas

Pada saat itu, burung ababil terbang dalam rombongan dengan membawa 3 buah batu panas. Dalam sejarah dijelaskan bahwa batu tersebut merupakan batu yang sudah dibakar dan terbuat dari lumpur.

Di mana, lumpur tersebut dibentuk bulat. Masing-masing dari kaki burung ini membawa 1 batu dan paruhnya menggigit satu buah batu.

Pada saat berada di atas pasukan gajah, maka batu tersebut dilemparkan dan membuat gajah melepuh. Dalam hitungan menit, pasukan yang dipimpin oleh Abrahah tersebut porak poranda.

Misteri Batu yang Dibawa Burung Ababil

Dari bidang sains, peristiwa hancurnya pasukan abrahah menimbulkan banyak pertanyaan. Sebab, batu yang dibawa oleh ababil hilang begitu saja. Sehingga, penelitian terhadap batu tersebut pun tidak bisa dilakukan.

Ada banyak spekulasi terkait batu ini. Salah satunya adalah menganggap bahwa batu tersebut berasal dari planet lain. Sementara, di dalam salah satu kitab suci dijelaskan bahwa batu tersebut berasal dari neraka.

Misterius

Sampai saat ini tidak ada yang mengetahui secara rinci tentang burung ababil. Bahkan, burung ini pun sudah tidak ditemukan lagi. Ababil hanya muncul pada saat peristiwa penyerangan tersebut. Pada saat peristiwa penyerangan yang dipimpin oleh raja Abrahah, ababil datang secara berkelompok denmi kelompok.

mitos-burung-ababil

Beberapa Berita Mengenai Burung Ababil

Kemunculan dan ketiadaan ababil masih menjadi misteri. Terutama untuk orang-orang yang bekerja dalam ilmu sains. Mereka masih mempertanyakan tentang batu yang dibawa oleh ababil. Di mana, sampai saat ini belum ada yang mengetahui bentuk dan ciri dari batu ini. Namun, berikut ada beberapa berita terkait dengan burung ini.

Baca selengkapnya :  Manfaat Kelabang Dan Efek Sampingnya Bagi Burung Kicau

Video Viral Burung Ababil

Pada bulan Juli 2019, masyarakat dunia dikejutkan dengan sebuah video. Di mana, dalam video tersebut ada pemuda asal Indonesia yang mempertontonkan bentuk fisik dari burung ababil. Pada video tersebut, pemuda itu menjelaskan bahwa burung yang sedang dipegangnya adalah ababil. Dari video tersebut diperlihatkan seekor burung kecil yang berwarna hitam dan memiliki mata indah.

Sementara itu, sayapnya tampak begitu lebar ketika dikepakkan. Pemuda tersebut bercerita, bahwa menurut temannya di Palestina, ababil merupakan saah satu jenis burung langka. Pemuda ini yakin bahwa burung tersebut mampu terbang tinggi beberapa jam menempuh jarak jauh dan bisa menembus awan. Dia pun mengatakan bahwa ababil bukanlah mitos, tapi benar adanya.

Penemuan Batu yang Dibawa Oleh Burung Ababil

Jauh sebelum video yang menjelaskan adanya burung ababil, sudah ada video viral lainnya. Namun, di video viral tersebut diberitakan bahwa seorang pemuda asal Saudi menemukan sebuah batu yang disebut-sebut pernah digunakan oleh ababil untuk meluluh lantakan pasukan gajah Abrahah. Batu yang diperkirakan berusia 1.442 tahun itu memiliki gajah dan burung.

Itulah beberapa hal terkait burung ababil. Sampai saat ini tidak ada yang mengetahui dengan jelas bentuk dan ciri dari burung tersebut. Adapun beberapa video yang sempat viral belum bisa dibuktikan kebenarannya.