Cara Menjinakkan Burung Emprit

Diposting pada
2.5/5 - (2 votes)

Pada kesempatan kali ini situs Kacer.Co.Id akan berbagi tips cara menjinakkan burung emprit bahan pikat tangkapan liar dan dijamin work 100% agar nantinya bisa dijadikan sebagai burung piaraan dan mampu berkicau merdu ya.

Burung emprit atau sering dikenal dengan sebutan burung pipit ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki ukuran tubuhya yang kecil ya, setara seperti burung gereja, pleci, kolibri raja, sogok ontong, dan jenis burung kecil lainnya ya,

namun jenis burung emprit ini termasuk salah satu tipe burung finch ya temen-temen, di indonesia biasanya yang banyak dijumpai seperti emprit kaji, atau haji dan peking ya.

Memang awalnya burung ini tidak memiliki harga dan dipandang sebelah mata ya, biasa di jual murah paling cuman 5 ribu perak ya itupun untuk mainan anak-anak bocah yang sudah di kemas dalam kandang kecil, dan tidak hanya itu bahkan burung emprit ini di sepuh warna warni biar menarik perhatian anak-anak ya hehehe. Oke tanpa harus berlama-lama yuk langsung aja kita ke topik pembahasannya seputar cara menjinakkan burung emprit :

Tips Mudah Menjinakkan Burung Emprit Tangkapan Liar Agar Cepat Gacor


Persiapan Kandang Dan Isolasi Mandiri (ISOMAN)

Untuk cara menjinakkan burung emprit anakan tentu lebih mudah ya ketimbang kita menjinakkannya yang sudah berusia dewasa, tentu lebih sulit dan lama prosesnya dan kalian harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi ya heheh.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Terlaris 2020 Yang Banyak Dicari

Nah jika kalian baru saja mendapatkan burung emprit ini misalkan dari membelinya di kios ataupun baru saja mendapatkannya dari hasil pikatan di alam liar, tentu tahapan awal yang harus dipersiapkan adalah menyiapkan kandang hariannya dengan ukuran yang sedang ya, tidak terlalu kebesaran dan jangan juga terlalu sempit yang bisa membuat burung emprit ini tidak nyaman nantinya.

Setelah itu kondisikan terlebih dahulu atau di isolasikan di tempat yang sejuk, aman dan nyaman ya, boleh menggunakan kerodong ataupun tidak juga tidak masalah ya, asalkan burung tidak terlalu melihat suasana yang bising dan ramai, masa isolasi ini bisa dilakukan selama 3 – 4 harian lah.

cara-menjinakkan-burung-emprit-kaji

baca juga : suara burung emprit

Proses Penjinakkan Terapi Mandi Dan Lapar

Nah setelah kalian melakukan proses isolasi mandiri hehe, seperti kena Covid-19 aje ye pake isoman segale !. hadew, dengan melakukan proses isoman itu bertujuan untuk memberikan kondisi psikis burung agar bisa dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya, tanpa ada hambatan yang bisa membuatnya bertambah stres ya,

Selanjutnya itu kalian bisa memberikan terapi pemandian secara rutin ya, sehari minimal 2 – 3 kali ya dengan cara di semprot dengan menggunakan spray secara halus perlahan-lahan saja ya, dengan setelan semport embun saja biar burung merasa lebih nyaman, nah setelah kiranya bulu burung emprit ini sudah basah,

cara-melatih-burung-emprit

lalu kalian siapkan wadah baskom yang berukuran sedang dan kalian isi dengan air dengan takaran setengah dari ukuran wadah ya, lalu masukan burung emprit kalian di wadah tersebut seperti mengajarinya untuk berenang gitu ya, lakukan secara rutin setiap hari sampai 1 minggu ya dan amati terus perubahannya.

Namun syarat menjalankan terapi mandi ini diyakini burung harus dalam kondisi sehat ya temen-temen atau tidak sedang sakit, karena jika burung sedang tidak kondisi lalu kalian memaksakan burung menjalani proses penjinakkan ini di khawatirkan burung bisa bertambah drop dan bisa mati deh.

Baca selengkapnya :  Manfaat Memiliki Burung Kacer Betina Untuk Ngecas Sang Jantan

Nah bagi temen-temen yang memiliki waktu luang yang banyak dirumah dan bisa memantau perkembangan burung emprit ini tidak ada salahnya kalian terapkan juga terapi lapar ya, karena terapi lapar ini bertujuan membuat burung bergantung kepada kita sebagai pemilik dan perawatnya yang memberikan pakan hariannya ya disaat burung itu memang sedang membutuhkan makanan, secara psikis metode ini sangat baik dan efektif ya jika kalian terapkan dengan benar.

Meracik Pakan Lolohan Untuk Burung Emprit Anakan

Untuk makanan burung emprit yang sudah dewasa apakah berbeda dengan makanan burung emprit anakan ?. Ya tentu saja berbeda ya, sama saja halnya seperti kita yang sudah dewasa dengan anak-anak yang masih balita tentu pola makanan dan takarannya yang dikonsumsi juga pasti beda ya.. bener nggak ?.

Nah disini kita juga akan memberikan tips bagaimana cara membuat pakan lolohan burung emprit ya temen-temen !.

cara-membuat-pakan-lolohan-burung-emprit


makanan-burung-emprit-anakan

Oke yang pertama harus kalian siapkan yaitu satu wadah dan bubur sasetan SUN namun jinak kalian menggunakan merek lain juga bisa yang penting bubur bayi ya teman-teman dan untuk rasa terserah tentu sama saja ya fungsinya.

Untuk langkah yang ke-2 kalian siapkan sepetan berbentuk suntikan yang biasa digunakan untuk menyepet atau meloloh anakan burung lovebird ya dan langkah ketiga yaitu mempersiapkan air matang ya teman-teman dan jangan lupa menyiapkan sendoknya juga untuk mengaduknya ya.

Oke jadi itu saja ya tips yang bisa kami share seputar cara menjinakkan burung emprit dengan baik dan benar ya, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ya. Salam kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari