Cara Menemukan Setingan Murai Batu Yang Tepat

Diposting pada

cara menemukan setingan murai batu – Di artikel ini saya pengen ajak teman-teman untuk share tentang permasalahan burung murai batu, tema kali ini akan di ulas tentang bagaimana cara mencari setingan yang tepat untuk burung murai temen-temen ya..?.

Mungkin temen-temen sering ya Mendengar orang mengatakan tuh kita ikutin aja maunya burung itu seperti apa ya ?. Menurut saya sih ini ungkapan temen-temen yang satu mungkin males mencari set yang tepat untuk burungnya dan temen-temen yang sudah putus asa ini dengan permasalahan burungnya, apabila menurut saya pribadi secara ogisnya temen-temen ya namanya keinginan burung seperti apa nih Saya yakin burung nih pengennya terbang bebas hidup di hutan makannya EF terus ya dan yang jelas kan enggak mau dikurung di dalam sangkar gitu ya ?.

Apa Itu Setingan ?.

Setingan secara umum bisa sebut apa ya, mungkin rekayasa atau sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya agar untuk mendapatkan tujuan dan harapan, keinginan terntentu untuk mencapainya bener kan ?. nah begitupula dalam perihal di dunia burung khususnya murai batu mania juga ada yang namanya setingan harian maupun setingan lomba yang di terapkan kepada burung gacoannya ya temen-temen.

Memang bisa dikatakan sulit ya mencari set yang tepat untuk burung kita menurut teman-teman, yang memang sulit untuk apa ya memahami karakter dari burungnya perlu kita ketahui temen-temen ya Fighter ya sifat tarung dari burung murai batu itu kan sudah dibawa dari asalnya ya.

Karakter yang dimiliki memang sudah dimiliki dari ia terlahir sebagai murni fighter gitu ya istilahnya petarung sejati dia akan bertarung sampai mati akan bersaing habis-habisan ada juga yang sedang atau semi fighter lainnya seperti itu ya hanya saja temen-temen di sini kita bisa upaya sebenarnya bisa upaya untuk 1 untuk memilih ya memilih dan memelihara dan menjaga ya supaya burung murai batu kita itu tadi saat digantang kan kita orientasi ketika kegantangan ini Ya dengan diharapkan nanti burung tuh bisa betul-betul bersaing dengan burung lainnya gitu ya.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Burung Kolibri Sepah Raja Harian Agar Gacor

cara-setting-murai-sebelum-kontes

Mengupayakan Agar Mendapatkan Setingan

Saya pernah bahas ya tentang burung Fighter dan semi Fighter burung semi Fighter ini ada kekurangan dan kelebihannya ya, begitu juga dengan burung yang fighter sejati sini juga ada kelemahannya ya.

Kalau di burung semi Fighter nih temen-temen tentu harus lebih sedikit sabar kita untuk menemukan set yang tepat untuk burung itu dan juga waktu untuk melombakan atau mengadu burung itu, intinya di tuntut kita agar lebih sabar gitu ya.

Kekurangan Murai Semi Fighter

Ciri-cirinya untuk tipikal murai yang semi fighter ini burung yang tidak mau sering-sering diadu ya, Ada kan burung yang dia mintanya 1 bulan sekali, ya ada dua minggu sekali yang intinya dia dibawa satu minggu sekali itu nggak mau jika dipaksakan burung malah kurang performa atau malas untuk ditrek.

mungkin prediksi dari kalian karena terlalu sering di adu burung ini menjadi hilang birahi ?. ya sebenarnya bukan hilang birahi pengertiannya adalah hilang semangat tarungnya dan teman-teman mencoba untuk berupaya supaya burung itu mempunyai TOP perform yang maksimal dan kapan saja siap tempur dengan mengotak-atik di settingannya, tentu ini tidak berhubungan sebenarnya kalau kita udah merasa untuk burung itu sudah pas settingannya ya sudah nggak usah di otak-atik lagi ya memang itulah karakter dasar yang dimilikinya,

untuk memahami bahwa fisiologisnya itu seperti apa tetap burung itu akan merubah sifat aslinya ya?. kasih obat-obatan atau doping agar memaksa burung biar tampil enak itu juga yang nggak ngaruh menerut saya, dan inilah yang menjadi kelemahannya yang dimiliki oleh murai semi fighter ini.

Kelebihan Murai Semi Fighter

Namun kelebihannya itu sangat istimewa MEWAH tentunya ya temen-temen, ketika saat burung ini top perform ya, burung itu dia saat tampil di gantangan cenderung dia bisa membawakan Irama lagu yang sangat indah dengan materi-materi yang luar biasa tentunya yang pernah kita berikan pemasterannya akan di tumpahkan atau bongkar dengan paseh, jadi istilah suara tuh betul betul utuh dan bulat, maksudnya disini ya kalau dia nembak yaitu kenari, sudah pasti mirip dan sangat jelas, begitu pula tembakan suara Cililin dan kapas tembak dibolak-balik mutar isiannya sangat baik nah itu biasanya seperti itu ciri khasnya yang dimiliki oleh burung ini.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Perawatan Burung Prenjak Lumut

Namun bagaimana dengan tipikal murai yang memiliki sifat petarung sejati ini atau istilahnya full fighter tinggi, ya sudah pasti kebalikannya dari semi fighter ya, baik dari karakter kelebihan dan kekurangannya sebaliknya.

Kelebihan Murai Full Fighter

Salah satu kelebihan yang menonjol rata-rata kebanyakan burung tipe seperti ini memiliki volume (vokal) yang sangat kencang dan tembus di atas strandart ya, memang enak mendengarkan burung yang memiliki volume kencang ini ya. Burung dengan pembawaan yang memiliki sifat tempur yang sangat tinggi sudah pasti tidak ada masalah dalam kesiapan kapan saja, dimana saja waktunya burung ini akan selalu siap sedia untuk tarung ya. mau pagi, siang ataupun malam ?.

Jika burung ini di adu ditrek sudah pasti kerja, ya terkadang burung-burung tipe seperti inilah yang sering di ajak jalan-jalan untuk mencari tempat latberan atau kontes seminggu sekali bisa di adu, bahkan dalam satu hari bisa berkali-kali naik sesi sampai 2 atau 3 sesi terlebih ketika TOP performa nya ya. Inilah salah satu kelebihannya memiliki jiwa dan stamina yang kuat tinggi bertarungnya. Namun dari sisi kelebihan pasti semua mempunyai kekurangan pastinya.

Baca juga artikel terkait lainnya seputar : Cara Mengatasi Murai Batu Turun Tangkringan

Kekurangan Murai Full Fighter

Adapun kekurangannya jika temen-temen salah dalam merawatnya maka burung akan banyak menimbulkan masalah ya, contoh kecilnya saja dari pemberian pakan EF ataupun voer yang tidak tepat bisa menyebabkan burung malahan jadi rusak, kenapa ?. Karena burung tipe seperti ini awalnya sudah memiliki birahi dan emosi yang di atas rata-rata, eh kalian memberikan jor pakan EF seperti jangkrik ataupun kroto yang berlebih yang jadi membuat burung ini menjadi tidak singkron antara birahi dan emosinya, yang terlalu over.

Baca selengkapnya :  Rahasia Mengetahui Ciri Kacer Sehat Atau Tidak

Maka apa hasilnya ketika digantang burung akan ngeruji, lompat-lompat saja, mangap, ngelowo dan banyak kasus yang kalian dapat jika salah set rawatan untuk burung yang memiliki karakter ini. Nah intinya jangan terlalu tinggi lah dalam menyeting pakan EF yang diberikan untuk burung murai full fighter ini ya temen-temen.

Dan untuk lagu isian yang dibawakan lebih cenderung banyak mengeluarkan suara ngukluk saja jarang sekali bongkar isian, terkadang hanya di awalnya saja bongkar setelah dipertengahan burung hanya mengungkluk suara biasa, nah inilah kelemahan yang menurut saya kurang enak ya.

Nah jadi mungkin temen-temen sudah lebih bisa memahami ya dengan penjelasan diatas tentang bagaimana cara menemukan setingan murai batu yang tepat yang disesuaikan dengan karakter masing-masing burungnya agar bisa lebih paham lagi dan tidak sembrono dalam hal rawatan ataupun setingan saat ingin dilombakan. Oke sukses selalu – semoga dapat bermanfaat. Salam murai batu mania.