Tips Atasi Murai Batu Ngelantai Turun Tangkringan Saat Lomba

Diposting pada

tips atasi murai batu ngelantai – Pada episode ini, situs kacer.co.id akan kembali membahas seputar burung murai, Ya saya akan memberikan tips dan trik cara mengatasi murai yang terjun payung dan terjun bebas ke lantai, secara simpel dan sederhananya pasti kalian berpikir tiggal kasih jebakan kan atau ranjau di bawah dasar sangkarnya, baik ada yang menggunakan bola ataupun, karet pentil, dan jeruci tajam fiber plastik, akan tetapi itu bukan memecahkan masalah tapi yang ada malah bisa menambah masalah ?. Nah penasaran buka !. Yuk ikuti terus sampai habis artikel ini biar temen-temen paham semuanya.

Dalam memberikan ancaman, atau peringatan berdasarkan metode fisik yang terlalu memaksakan kepada murai batu itu sangat tidak disarankan ya, kenapa saya bilang tidak memecahkan masalah anda, karena si burung ketika sedang di trek pasti tidak nyaman melihat liat jebakan-jebakan itu tersebut dan saat burung sedang di adu otomatis tidak akan maksimal karena risih dan mudah terganggu. Alhasil burung saat kerja tidak tuntas membongkar materi isiannya dilapangan.

Penyebab Burung Murai Ngepel


Faktor Kebiasaan

Untuk burung yang sering turun ke bawah itu kita lihat awal-awalnya, menurut pengamatan langsung secara garis besar, analisa saya ketika memperhatikan burung murai penyebab awal dari burung sering ke bawah itu bukan karakter dari bawaan ya, melainkan dari faktor tertentu.

penyebab murai turun tangkringan bisa juga disebabkan bisa karena kurang bersihnya karpet atau sisa makanan yang berceceran kebawah, yang lupa kalian pantau terus kebersihan kandangnya, dengan terbiasanya kondisi seperti ini yang menjadikan burung itu akhirnya terbiasa mencari makan ke bawah, mengambil sisa-sisa pakannya, alhasil si burung akan terbiasa kebawah ya kan!. Sudah jelas bahwa inilah yang menjadi salah satu penyebabnya.

Baca selengkapnya :  Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu

penyebab-murai-turun-tangkringan

Faktor Birahi

Kondisi burung terlalu over birahi atau kekencengan jadi Di saat dia tempur memiliki birahi yang sangat tinggi akhirnya tidak dapat membendungnya burung tentu turun kebawah dan menunjukan respon yang kurang baik ketika di adu. Bisa juga karena ketinggian birahi ini terlalu banyak EF porsi tidak sesuai dengan aktifitasnya di dalam sangkar, extra fooding banyak tetapi burung tidak terlalu banyak bergerak, atau di umbara. Nah inilah dampak dari salah rawatannya ya temen-temen. Lalu bagaimana cara menurunkan emosi murai batu ?. Ya kalian harus memberikan rawatan hariannya yang konsisten serta porsi EF dan jenis voer yang digunakan sesuai dengan asupan yang dibutuhkan si burung ya.

Faktor Tangkringan Tidak Nyaman Dan Sesuai

Dalam memilih jenis tangkringan yang tepat agar burung murai berdiri tegap dan nyaman untuk di tangkringi ini juga sangat mempengaruhi psikolog burung ya, jika burung ngerasa tidak nyaman maka burung akan grabak-grubuk tidak karu-karuan, gerak-geriknya.

Nah intinya bagaimana caranya agar burung tidak sampai terbang ke bawah terjun bebas, karena tidak ada penghalang bagi murai itu untuk nahan burung tersebut di penyangga nya agar supaya burung tidak turun ?.

Biasanya burung sering turun ini apabila terlalu jauh jaraknya dari tangkringan 1 bawah dengan yang ke 2 di atas itu biasanya kan terjun bebas. Pasti karena dia tidak lihat penahannya tapi kalau dia melihat ada tahanan yang deket dia kan langsung ke tangkringan kedua ya. Nah untuk tangkringan murai batu yang baik dengan posisi silang dan jarak dari tangkringan bawah ke atasnya sekitar satu jengkal ya tidak terlalu jauh dan juga tidak dekat sekali, sedang saja.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Serindit

cara-menstabilkan-birahi-murai-batu

Solusi Mengatasi Burung Murai Sering Turun

Caranya kalian bisa lepas satu tangkringan yang di atas, biarkan saja menggunakan tangkringan satu yang dibawah. Lakukan perawatan harian seperti biasa selama dua minggu setelah itu bisa temen-temen coba latih dilatberan ya, walaupun burung nampak masih turun tidak usah panik biarkan saja, intinya harus sering dilatih di satu tangkringan terlebih dahulu, agar burung biasa di trek. Lakukanlah latihan minimal 1 minggu 2 kali saja. Namun kalian juga harus selalu jaga kebersihan dasar sangkarnya ya, perhatikan sisa makanan yang sering berceceran dibawah langsung dibersihkan, karena ini sangat berpengaruh ya.

Kenapa maksud dan tujuannya, burung pasti ingat kalau di atas ke bawah Dia terjun langsung ke lantai tapi kalau dia sudah diangkat ke tangkringan kedua atau ke atas dia akan ingat pada saat dia jatuh dia harus jatuh ke tangkringan yang ke bawah, cara memasang tangkringan yang benar untuk murai lalu diatur juga jaraknya ya jangan terlalu jauh antara tangkringan 1 dan 2 nya, jadi kicau mania ngatasin burung-burung Yang ke bawah itu bukan hanya mencari solusi yang cepat dengan memberikan jebakan ranjau.

Nah dengan kondisi yang dipaksa menggunakan ranjau ini, sudah pasti burung tidak normal ya, bagaimana burung tersebut akan bisa ikut event di Presiden Cup dan BNR buat aturan yang di mana aturannya tidak ada jebakan sama sekali, jika burung kepantau turun langsung di Diskualifikasi.

Demikianlah tips atasi murai batu ngelantai dengan cara yang tepat sesuai dengan pengalaman kami, itu saja yang dapat kami berikan semoga kiranya temen-temen mengerti dan dapat bermanfaat. Terima kasih. Salam murai batu mania.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kepodang Supaya Rajin Berkicau

Baca juga ; cara obati suara serak pada burung murai