Mengenal Ciri Burung LB Pasvio Beserta Harganya

2 min read

lb-pasvio

Di dunia ini, ada banyak spesies burung yang bisa ditemukan. Tidak hanya burung dengan bulu yang menarik saja tapi juga burung-burung dengan suara merdu. Bahkan, beberapa jenis burung sering diperlombakan. Sehingga, membuatnya semakin dikenal.

Salah satu burung yang dikenal dengan warna bulu dan suara merdunya adalah burung lovebird. Burung yang satu ini berukuran kecil, yaitu antara 13 sampai 17 cm. Berat dari burung lovebird adalah sekitar 40 hingga 60 gram.

Mengetahui karakter burung love bird pasvio

Ada banyak spesies dari burung lovebird yang delapan diantaranya berasal dari Afrika. Nama lovebird sendiri diambil dari kelakuannya. Di mana, sepasang burung ini akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Umumnya, umur hidup dari burung ini rata-rata mencapai 10 sampai 15 tahun.

Salah satu jenis burung lovebird yang saat ini sudah mulai terkenal adalah LB Pasvio. Di mana, nama pasvio sendiri merupakan singkatan dari pastel dan violet. Jenis lovebird yang satu ini sangat susah ditemukan, karena untuk bisa menghasilkan keturunan dari burung ini tidakah mudah. Oleh sebab itu, harganya pun relatif mahal. Burung ini terkenal akan keindahan bulunya.

Jenis burung lovebird yang satu ini hampir sama dengan lovebird blorok. Di mana, kedua jenis lovebird ini sangat susah dihasilkan keturunannya. Meskipun begitu, tetap banyak orang yang berusaha mengembangbiakan jenis lovebird ini.

Ciri-Ciri LB Pasvio

Ciri utama yang paling menonjol dari burung ini adalah corak warna-warni pada bulunya. Biasanya, warna bulunya ini didominasi dengan warna putih bergradasi violet muda. Umumnya, warna dari kepalanya adalah abu-abu atau putih.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Strawberry Finch Ciri dan Harga Terbaru

Burung LB pasvio juga memiliki punggung dan sayang yang berwarna pastel violet, dengan paruh berwarna orange. Sementara, untuk bagian leher, dada dan ekornya memiliki warna puth diselingi dengan violet. Untuk ciri fisiknya sama dengan jenis lovebird yang lain. Di mana, berukuran kecil, berparuh besar dan berekor pendek.

gambar-love-bird

Harga Burung LB Pasvio

Seperti yang sudah disinggung di atas, harga dari burung ini relatif mahal. Bahkan, kerap disejajarkan dengan jenis-jenis lovebird import atau berkelas lainnya. Jika burung lovebird violet masih dikisaran 1 jutaan, maka untuk jenis yang satu ini memiliki harga kisaran 2 sampai 5 juta. Oleh sebab itu, banyak sekali yang mencoba mendapatkan anakan dari burung ini, agar bisa mendapatkan laba yang besar.

Sayangnya, beberapa hasil silangan indukan lovebird yang warnanya berbeda, dengan tujuan untuk mendapatkan LB pasvio ini hampir 90% mengalami kegagalan. Hal ini dikarenakan, anakan dari lovebird hampir 80% akan memperoleh gen turunan dari indukannya.

Perawatan Burung LB Pasvio

Setelah memiliki atau mendapatkan anakan dari burung lovebird yang satu ini, maka harus diperhatikan juga perawatannya. Di mana, perawatan yang baik akan menghasilkan burung dengan tingkat kesehatan baik. Adapun beberapa cara perawatan yang biasanya dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Kondisi dari kandang harus selalu bersih dari sisa makanan atau kotoran. Hal ini dilakukan agar burung LB pasvio terhindar dari penyakit.
  • Tempat makan dan minumnya harus terbebas dari lumut dan jamur.
  • Pakan dari burung ini pun harus diperhatikan. Pastikan memberikan pakan yang berkualitas dan sesekali memberikan vitamin.
  • Rajin memandikan dan menjemur burung LB pasvio secara rutin, agar terhindar dari kutu dan bulunya nampak mengkilat.

Tips Mencetak Anakan LB Pasvio

Untuk bisa mendapatkan anakan dari burung ini cukuplah susah. Terlebih hampir 90% persilangan yang dilakukan mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, cara paling baik untuk bisa mendapatkan anakan dari burung ini adalah dnegan memilih indukan berkualitas.

Baca selengkapnya :  Murai Batu Thailand Si Ekor Super Panjang

Indukan berkualitas yang dimaksudkan adalah berkualitas dari segi gen, bentuk, dan warna bulu. Sehingga, bisa didapatkan anakan yang berhasil.

Adapun skema perkawinan silang agar mendapatkan anakan LB pasvio adalah dengan mengawinkan pejantan (violet asli) dengan betina (albino) atau kebalikannya. Kemungkinan dari perkaminan ini adalah mendapatkan anakan berupa 25% pastel violet. Kunci dari keberhasilan persilangan ini terletak pada jenis dari lovebird violetnya.

love-bird-pasvio

Jika menginginkan persentase keberhasilan yang tinggi, maka sebaiknya menjadikan indukan pled blue murni impor. Meskipun indukan dari jenis lovebird ini sangat mahal, tapi bisa menghasilkan anakan pasvio cukup banyak.

Oleh sebab itu, jika menggunakan indukan ini dan ternyata berhasil, bisa mendatangkan keuntungan berkali lipat. Hal ini dikarenakan, masih sedikitnya para penangkar pasvio.
Itulah berbagai hal tentang LB pasvio. Salah satu dari jenis burung lovebird ini memiliki bulu yang indah dan sangat langka. Bahkan, beberapa persilangan yang dilakukan untuk mendapatkan anakannya hampir 90% gagal.

Oleh sebab itu, persilangan untuk mendapatkan anakannya perlu diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan indukan pled blue murni impor.