Mengenal Jenis Burung Cucak Keling, Mitos, Harga Dan Suara

Diposting pada

burung cucak keling – atau sering dikenal dengan sebutan ciperling atau perling kumbang ini memang sudah tak asing lagi ditelinga para penghobi burung kicau di nusantara, biasanya yang menjadi penghobi burung ini di era terdahulunya orang-orang tua, namun berbeda di era yang sekarang ini, yang berusia mudapun saat ini juga sangat menyukai suaranya yang indah dan banyak variasinya.

Tidak jarang para hobiis yang merawat burung ini di rumah, baik untuk dijadikan sebagai burung peliharaan kicauan untuk menghilangkan rasa sepi, dan menyalurkan hobi. Dan ada juga yang menjadikannya untuk burung isian masteran.

Mengetahui Keistimewaan Burung Cucak Keling


Habitat Serta Kebiasaan

Burung eksentrik ini hidup di hutan pelantaran kecil dengan mencari santapan berbentuk buah- buahan di hutan, nectar bunga, siput serta serangga.

Dimana mereka mencari tersebut di dekat pepohonan hutan serta semak semak. Dalam mencari santapan burung ini kerap nampak beregu dengan terbang dari satu tumbuhan ke tumbuhan yang lain di hutan tropis serta perkebunan lereng gunung. Ketika berkembang biak burung ini pada biasanya menelur sebesar 3 biji dengan era perkembang biakan dekat kurang lebih 4 bulan. Karakter burung ini banyak disukai beberapa kicau mania sebab suara kicauannya yang keras serta lumayan bermacam- macam.

gambar-burung-cucak-keling

Burung cucak keling ini kebiasaanya serupa sekali kayak jalak kebo. Hasrat makannya besar, bila sobat berikan voer dalam cepuk santapan dalam posisi penuh. Hingga dalam satu hari voer itu hendak habis tidak tertinggal. Burung ini pula amat gemar mandi. Terus menjadi lama dijemur, hingga hendak terus menjadi kerap mandi. Bila sahabat ikhwan mau memandang kukila ini jinak dengan cara kilat. Sahabat ikhwan sajikan saja cepuk mandi spesial didalam sangkarnya. Hingga hendak terus menjadi suka sang kekasih serta hendak terus menjadi jinak.

Baca selengkapnya :  Mengenal jenis burung poksay mandarin, habitat, makanan, harga

Burung cucak keling merupakan kukila koloni. Mereka bermukim di pohon- pohon besar dalam jumlah ratusan, apalagi koloni besar nya dapat menggapai ribuan jumlah nya.

Cucak keling ialah salah satu tipe burung kicauan yang mempunyai wujud istimewa serta berlainan dengan tipe burung yang lain. Buat memahami cucak keling lebih perinci, pertama tama cermati ciri karakteristik burung cucak keling itu diantarnaya seperti:

Karakteristik Burung Cucak Keling

Jika dilihat dari bentuk badan, burung yang menggambarkan jenis koloni serta bermukim bersama dalam satu tumbuhan besar di lingkungan asalinya itu mempunyai dimensi badan kurang lebih 20 centimeter. Serta corak gelap kehijauan yang menyeramkan, burung yang mempunyai julukan latin Aplonis panayenis ini memilik satu kenunikan dengan warna badannya yang hitam kehijauan. Warnanya yang gelap itu menjadikan burung cucak keling terlihat amat sangat.

Burung ini mempunyai suara yang khas, karakteristik yang lain yang dipunyai oleh burung cucak keling merupakan suaranya yang melengking. Apalagi keahlian bersuaranya itu menghasilkan burung cucak keling kerap kali dijadikan selaku burung masteran buat burung yang lain.

jenis-burung-cucak-keling

Makanan Yang Disukai

Burung yang satu ini amat menggemari serangga yang jadi pakan kuncinya, dengan makan larva hidup serperti larva hongkong, larva kandang, larva bambu, larva daun pisan atau dapat pula kamu bagikan kroto serta jangkrik. Dengan diberi makan semacam itu, burung cucak keling dapat terus menjadi bagus suaranya serta ngeplong. Memanglah di alam liar nya, burung cucak keling ini tercantum dalam tipe pemangsa seluruh ia dapat menyantap buah- buahan, biji- bijian serta pula serangga kecil.

Keunggulan Serta Kelemahan Burung Cucak Keling

Keunggulannya amat gampang dimaster, burung cucak keling mempunyai suara yang istimewa dibanding dengan burung yang lain serta mempunyai keahlian ingatan yang kuat alhasil amat gampang buat dimasterkan. Apalagi cucak keling kerap dijadikan burung masteran pula.

Baca selengkapnya :  Jenis Dan Ciri Lovebird Dakocan Yang Berkualitas Baik

Dan kekurangan yang dipunyai oleh burung yang satu ini amatlah susah membuat burung ngeplong, burung cucak keling memanglah hendak lebih gampang beruasa ngeriwik walaupun anyar di dapat dari hutan sekalipun. Tetapi buat menjadikannya berbicara ngeplong pasti memerlukan cara yang lumayan panjang sampai bertahun tahun.

Metode Membedakan Jantan Serta Betina Burung Cucak Keling

Buat mengenali perbandingan cucak keling jantan serta betina lumayan gampang. Walaupun wujud raga serta corak bulunya nyaris serupa, namun bila dicermati dengan lebih cermat hingga antara cucak keling jantan serta betina mempunyai banyak perbandingan yang amat nyata. Burung cucak keling yang jantan yang umurnya telah remaja mempunyai corak bulu yang gelap mengkilat kehijauan yang terdapat pada bagian punggungnya. Sebaliknya buat bagian punggung cucak keling betina corak bulunya merupakan gelap kental.

Salah satu yang jadi perbandingan lain dari cucak keling jantan serta pula betina merupakan dapat diamati dari bagian dadanya. Cucak keling jantan mempunyai bagian dada yang bercorak gelap mengkilap. Serta buat bagian dada cucak keling betina mempunyai corak bermotif ataupun bopeng.

Mata cucak keling jantan hendak nampak lebih merah menyala bila kita bandingkan dengan cucak keling betina. Tidak hanya itu, bentuk badan tubuh pada cucak keling jantan pula lebih besar serta jauh bila dibanding dengan cucak keling betina. Sebab pada cucak keling betina memiliki bentuk badan tubuh pendek serta lebih kecil.

Mitos Burung Cucak Keling

Banyak beberapa orang yang menyakini dongeng yang tersebar dimasyarat di zaman dahulunya, sebab burung yang satu ini mempunyai kelebihan kebatinan yang besar, buat menjaga rumah dari serbuan hantu, setan, serta teluh, dan bisa mempermudah seluruh hal serta melancarkan rejeki bila menjaga burung cucak keling ini dengan bagus serta dapat buatnya aman serta gacor teler. Yakin ataupun tidaknya seluruhnya dipulangkan lagi pada kepercayaan masing- masing.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Prenjak

cucak-keling-bahan-muda-hutan

Harga Burung Cucak Keling

Harga yang ditawarkan buat burung tipe ini kala telah gacor pula tergolong hemat jadi membolehkan untuk kita buat membelinya. Harga kukila cucak keling materi berkisar antara 50 ribu- 70 ribu rupiah. Sebaliknya buat cucak keling yang telah gacor berkisar antara 200 ribu- 350 ribu rupiah. Untuk daerah tertentu harga dapat saja berganti tergantung lokasi masing- masing.

Untuk para hobiis burung celoteh yang bermaksud buat merawat burung cucak keling ini buat dijadikan rawatan serta bunyi- bunyian saja di rumah, umumnya membeli burung cucak keling ini dari bahan serta dirawatnya dengan penuh kesabaran, berlainan dengan para pemain kicau mania lapangan yang biasa menjadikan burung ini selaku burung masteran tentu membelinya yang telah mapan serta gacor buat isian tipe celotehan burung yang lain.

Suara Burung Cucak Keling

Dengan memakai Mp3 audio masteran cucak keling pastinya mempunyai kelebihan tertentu, sebab dapat memutar suara masteran yang serupa tiap melaksanakan mastering, memilih suara yang bermutu yang bagus serta gacor. Yuk dowload gratis suara burung cucak keling dibawah ini :

Suara Burung Cucak Keling

Link | Download