Tips Atasi Murai Batu Kurang Bergairah

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, gimana kabarnya temen-temen kicau semuanya, semoga selalu diberikan kesehatan selalu ya. Kembali lagi masih bersama kami di website resmi Kacer.Co.ID yang dimana pada kesempatan kali ini akan memberikan tips cara mengatasi burung murai batu kurang agresif dan sering terlihat lesu dan kurang bergairah.

Sifat dasar dari murai batu ini adalah petarung sejati yang memiliki mental agresif yang baik dengan suara khas kicauan dengan power volume yang maksimal, baik dari gerakan, gaya tarungnya serta kebiasaan harian dirumah maupun dilapangan burung ini harus terlihat fighter dan merespon dengan cepat yang ada pada area lingkungan sekitarnya, jika burung murai batu peliharaan anda sudah masuk kriteria tersebut berarti tidak ada masalah tentunya.

Namun ada banyak para pemain murai batu ini khususnya untuk yang masih pemula dan sering bertanya, dan mengalami masalah pada burungnya yang selalu terlihat lesu, males-malesan terlihat kurangnya gairah. Dan ini harus cepat ditangani dengan baik agar burung bisa kembali normal sediakala.

Penyebab dan cara mengatasi murai batu yang lesu


Bagi para pemilik burung murai batu ini sudah pasti bingung melihat burung kesayangannya terliht muyung lesu dan hilangnya gairah pada burungnya, ada beberapa peneyebab kenapa burung tersebut bisa mengalami kondisi seperti ini, dan bagaimana cara mengatasi masalah ini dengan tepat, berikut pemaparannya bisa anda lihat selengkapnya dibawah ini :

Hilang birahi

Apabila murai batu mengalami hilangnya birahi yang dimilikinya selama ini, tentu burung lebih cenderung banyak diam dan tidak mau gacor atau ketika ditrek dengan sesama jenis burung murai lainnya, burung ini tidak mau kerja dan berkicau.

Baca selengkapnya :  Download Masteran Cucak Ijo Gacor Mp3 Full Isian

Kondisi seperti ini bisa disebabkan dari faktor biologis burung murai tersebut ataupun dari asupan yang didapatkan selama pemberian pakan khususnya Extrafooding yang kurang pas ataupun tidak sesuai dengan porsi takaran yang diinginkannya.

Jika kondisi murai batu kurang emosi ada baiknya dalam pemberian EF (extrafooding) hariannya di tambah jumlah porsinya. Yang dimana biasa diberikan jangkrik sehari hanya 5 ekor, boleh anda naikkan dengan takeran 10 ekor, pagi 5 dan sore hari 5 ekor. Kroto yang biasanya seminggu 2 kali, boleh anda berikan 1 minggu 4 sampai 5 kali, dengan takeran 1 sendok makan yang diberikan pagi dan petang.

murai-batu-kurang-birahi

Kurangi jadwal pemandian, yang biasanya setiap hari mandi, boleh anda mandikan burung tersebut 3 sampai 4 hari seali saja untuk pemandiannya, mandi diwaktu pagi sebelum burung murai ini dijemur, untuk penjemuran boleh dinaikan atau ditambah waktunya, kesehariannya diperbanyak full kerodong tidak disarankan sangkar burung di ablak. Untuk lebih maksimal temen-temen harus memiliki murai betina untuk menaikan birahi si jantannya agar bisa kembali timbul.

Kondisi burung tidak FIT

Jika kondisi burung murai sedang sakit, ataupun tidak sedang sehat sudah pasti burung terlihat lemas, lesu dan sering terlihat mengembangin bulunya, burung yang sakit banyak faktor penyebab, ataukah dari virus, kondisi tempat dan lingkungan yang kurang baik, dapat juga dari perubahan cuaca ekstrem yang membuat daya tahan tubuh imun si burung tidak stabil dan akhirnya bisa sakit.

Penyakit yang sering dialami oleh burung dengan kondisi yang seperti ini adalah masalah pencernaan dan kemungkinan besar burung murai batu temen-temen terkena cacingan ataupun nyilet, ciri yang mudah diamati burung yang mempunyai nafsu makan yang kuat akan tetapi memiliki badan yang kurus, seakan-akan asupan vitamin dan mineral pada makanan yang telah dikonsumsinya selama ini tidak diserap tubuhnya dengan baik. Cara mengatasi murai batu kurang fit disarankan berikanlah obat untuk burung sakit yang banyak dijual dipasaran atau kios-kios burung.

Baca selengkapnya :  Rahasia Di Balik Potensi Hobi Memelihara Burung Kicau

Pasca mabung

Kondisi murai yang kurang bergairah ini bisa juga disebabkan karena burung belum siap yang dimana sering terlihat murai batu lesu bulu ngembang ini setelah melewati proses mabung yang mentas atau kurang tuntas, salah dalam memberikan perawatan di masa rontok bulu dan dorong bulu murai tersebut.

Memang rata-rata hampir 80% burung yang setelah melewati masa molting ataupun mabung ini tidak langsung gacor dor ya, melainkan anda harus bersabar dan konsisten meberikan rawatan harian dikembalikan seperti biasanya sampai kondisi si burung murai tersebut benar-benar kondusif. Untuk waktu pemulihan burug murai setelah pasca mabung biasanya memakan waktu rawatan selama 1 sampai 2 bulan, burung baru tersebut dapat kembali lagi mentalnya.

Kondisi stres

Burung murai yang stres juga dapat membuat burung tertekan mentalnya, sehingga tidak mau gacor, lebih banyak diam. Penyebab yang sering membuat burung ini dapat mengalami stres karena perjalanan yang jauh, gangguan hewan predator yang ingin memangsanya, lepas terbang dari sangkar, sangkar burung jatuh sehingga burung kaget.

murai-batu-stres

Cara mengatasinya berikan waktu beberapa hari untuk istirahat di kerodong tipis, pastikan sirkulasi dalam menempatkan sangkar murai tersebut di tempat posisi yang aman, jauhkan terlebih dahulu dari burung ocehan kicau lainnya, berikan multivitamin ataupun suplemen yang cocok dan aman untuk dikonsumsi.

Kondisi drop mental

Jika murai batu anda terlalu sering diadu ataupun ditrek baik latberan ataupun kontes besar, biasanya jika kondisi burung belum siap dan dipaksakan untuk tempur dilapangan, inilah penyebab kenapa murai batu anda bisa mengalami drop mental.

Solusinya, isolasikan burung tersebut ditempat yang sunyi dan agar lebih maksimal dan cepat pulih biasanya sering diperdengarkan dengan suara air mengalilr atau gemericik agar lebih membuat suasana tenang dan nyaman, serta perbanyak dikerodong, jangan dijemur, berikan vitamin dan pakan yang berkualitas, jangan diberkan pakan voer terlebih dahulu. Melainkan anda harus memberikan pakan hariannya full EF, baik jangkrik ataupun kroto yang di selang-seling serta ditambah dalam porsi takaran pemberiannya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Melatih Burung Beo Agar Bisa Ngomong

murai-batu-drop-mental

Salah pola rawatan

Dalam memberikan perawatan burung murai batu ini tidak boleh asal-asalan ya, dan banyak kasus seperti ini terjadi apabila anda baru membeli burung murai yang tidak bertanya lebih dahulu kepada pemilik sebelumnya dalam memberikan rawatan hariannya. Baik mandi, jemur, pemberian pakan, pengkrodongan serta pemasterannya.

Disarankan anda jangan malu bertanya kepada penjualnya, bagaimana cara merawat harian burung murai tersebut, dan temen-temen juga harus menerapkannya agar si burung tidak kaget. Apakah pola rawatan bisa disesuaikan dengan keingan kita ?. Ya bisa saja, akan tetapi anda harus bersabar menunggu burung murai batu agar mabung dahulu dan kembali kesetingan nol dan bisa anda olah sendiri karakter burung dengan waratan yang anda inginkan.

Demikian informasi tips untuk burung murai batu yang kurang bergairah ini, bisa langsung anda terapkan dengan baik agar cepat dapat pulih dengan cepat dan menjadi gacor. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Bahaya Pemberian Kroto Pada Murai Batu