Tips Mudah Merawat Lovebird Impor yang Baru Tiba

Diposting pada

Lovebird impor belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan cuaca di Indonesia, walaupun lovebird impor tersebut telah ngendon berhari-hari di kandang importer maupun agen-agennya.

 

Proses adaptasi masih sangat perlu dilakukan dan dilanjutkan di rumah pembeli, sehingga lovebird bisa beradaptasi dengan lingkungan baru di rumah pemilik barunya. Namun ada banyak jenis lovebird import yang sering dipasok di dalam negri seperti, lovebird violet import, cobalt, mangsi perso, ficheri parblue, pastel biru.

Namun burung lovebird import termahal saat ini yang sedang menjadi trend para hobiis kicau maupun penangkar adalah biola fallow.

Perawatan Lovebird Impor

cara merawat burung lovebird yang baru dibeli. Lovebird impor yang baru tiba sebaiknya jangan langsung dimasukkan dalam sangkar soliter tetapi dimasukkan terlebih dahulu ke kandang umbaran. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memberi kenyamanan pada lovebird sekaligus dalam mengenalkannya pada lingkungan baru di sekitar rumah pemilik barunya. Kalaupun Anda membeli lebih dari satu ekor lovebird impor, tetap masukan dalam satu kandang umbaran, jangan dipisah-pisahkan.

Cara Merawat Lovebird Import

Lovebird impor biasanya disimpan dalam kandang umbaran selama satu minggu. Sebaiknya kandang umbaran ditempatkan di dalam ruangan, dan lovebird tidak perlu dijemur selam dalam kandang umbaran. Berikan pakan bijian seperti milet dan canary seed, dan jangan lupa untuk memberikan extra fooding berupa sayuran kangkung atau jagung muda manis. Pemberian pakan utama dan extra fooding lebih banyak, karena lovebird impor perlu nutrisi yang banyak dalam melalui proses adaptasinya.

Cara-Merawat-Lovebird-Import

Berikan juga tulang sotong atau bongkahan garam, untuk memenuhi kebutuhan mineral lovebird impor. Bongkahan garam cukup diletakan di dasar kandang umbaran, biasanya lovebird impor akan menggigit-gigit garam tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Dengan mengkonsumsi garam, lovebird impor akan tetap dalam kondisi sehat.

Baca selengkapnya :  Rahasia Mencetak Konin Agar Menjadi Juara Lomba

Tutorial Merawat Lovebird Import

cara merawat lovebird baru beli – Setelah menjalani proses adaptasi seminggu di kandang umbaran, umumnya lovebird impor sudah dapat menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Biasanya setelah menjalani masa adaptasi dengan baik, lovebird impor tidak akan stress lagi dan mulai rajin narik bunyi lagi.

Tutorial-Merawat-Lovebird-Import

Mulai dari sini kita bisa benar-benar dapat melihat kemampuan bakat lovebird impor yang dibeli. Apakah memiliki kualitas ngekek yang baik atau tidak? Setelah melalui proses adaptasi selama seminggu, Anda tinggal melanjutkan dengan perawatan harian, termasuk rajin memandikan dan menjemurnya serta memberi pakan yang berkualitas serta melakukan proses pemasteran.

Bagi para pemula kicau, ada yang pernah bertanya ?. apakah memelihara lovebird harus lebih dari satu ?. Jawabannya IYA.. Memang ada baiknya jika om bos memelihara burung lovebird harus lebih dari satu, karena sifat dasar burung lovebird ini berkoloni, dengan bertujuan agar burung lovebird nyaman dan tidak mudah stress.

Demikian tips mudah merawat lovebird impor yang baru tiba di rumah yang kami rangkum dari beberapa lovebird lovers senior di tanah air, semoga bermanfaat.