Mengenal Jenis Burung Pipit, Gambar, Suara, Dan Harganya

Diposting pada

burung pipit – Sempat masuk menjadi tren di salah satu daerah di tanah air, tingginya ketertarikan masyarakat pada burung pipit masih belum surut. Seringkali ditemukan di sekitar area persawahan, lantaran makanan favoritnya berupa biji bijian.

Masuk dalam satu ordo yang sama namun berbeda keluarga, jika dilihat sekilas bentuk tubuhnya memang serupa dengan burung gereja. Untuk mengenalnya lebh lanjut, simak ulasan berikut.

Varian Pipit Di Tanah Air

Ada beberapa ragam dengan karekteristik yang berbeda-beda walaupun dalam satu jenis burung pipit, namun jenis burung ini yang sering ditemukan di daerah sawah-sawah, kebun, ladang luas yang banyak pepohonan rindang.

Berikut ada sekitar 6 jenis beserta gambar burung pipit :

Gambar Jenis Burung Pipit


bondol arfak

bondol-arfak


streak headed mannikin

streak-headed-mannikin


buff bellied mannikin

buff-bellied-mannikin


black breasted miniatur

black-breasted-miniatur


black breasted munia

black-breasted-munia


chestnut breasted mannikin

chestnut-breasted-mannikin


Dikenal sebagai burung bertubuh mungil, hewan ini memang hanya bisa tumbuh hingga 12 cm dengan bobot terbesar mencapai 14 gram saja.

Walaupun bentuk tubuhnya mungil, namun anda tidak boleh meremehkannya. Suara yang dimilikinya, terdengar merdu dan menyenangkan untuk didengar. Dengan tubuhnya tersebut, ternyata kuku si burung Pipit dapat tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan kukunya, membantu si burung untuk bertengger erat. Untuk bisa membedakan jantan dan betinanya, anda hanya perlu melihat kelebaran kepala Pipit.

Pakan Utama Si Pipit

Layaknya jenis burung lainnya, pipit sangat menyukai biji bijian sebagai makanan kesehariannya. Biji bijian seperti millet dan padi, menjadi makanan utama bagi si burung mungil yang hidup liar di alam. Untuk menambah nutrisi saat memasuki musim kawin, mereka akan mengkonsumsi dedaunan hijau hingga serangga.Hanya saja Pipit yang telah dipelihara akan mengkonsumsi jenis pakan yang berbeda.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Sanger Beserta (Makanan, Harga, Dan Suara)

Pakan bagi si Pipit peliharaan sedikit lebih bervariasi, jika dibandingkan dengan Pipit yang hidup di habitat aslinya. Hal ini dilakukan, untuk memenuhi segala kebutuhan nutrisinya. Walaupun makanan utamanya masih biji bijian, masih ada pakan lain yang bisa diberikan. Mulai dari remahan roti, tauge, beras, bayam, parutan wortel, ulat hongkong, pupa semut, hingga tulang sotong bisa menjadi pilihan alternatif.

Suara yang Mampu Dihasilkan

Namun anda juga bisa melatih si Pipit, untuk menyanyikan lagu lagu kenari. Diperlukan tips dan trik tertentu, agar hasil latihan dapat terasa. Ada baiknya anda melatihnya sejak dini, agar suara yang dihasilkan semakin mantap.

Dahulu burung jenis ini memang selalu diremehkan dan dipandang sebelah mata, namun dengan seiring berkembangnya zaman yang sudah berubah, banyaknya para penggemar burung kicau di nusantara, burung pipit ini malah menjadi trend terhangat sebagai burung yang banyak dicari oleh para penghobi kicau lainnya,

Walaupun miliki suara yang tidak dominan, namun suara burung Pipit memang terdengar merdu di telinga. Oleh karenanya, suara yang dihasilkannya tidak jarang digunakan sebagai isian masteran burung ocehan lainnya.

Penasaran dengan suara burung pipit / emprit yang sudah gacor ?. Berikut kami sediakan audio mp3 suara burung pipit gacor :

suara burung pipit –¬†Download link disini

suara pikat burung pipit (emprit) gacor terapi ampuh –¬†Download link disini


Harga Pipit Di Pasaran

Banyaknya jenis pipit yang dihasilkan alam Indonesia, membuatnya memiliki harga yang berbeda pula. Faktor yang membedakan tinggi rendahnya harga meliputi warna, usia, suara yang dihasilkan, indukan berkualitas, serta jenisnya. Setidaknya untuk satu ekor anakannya, anda harus mengeluarkan dana sekitar Rp. 10 ribuan saja. Namun jika anda berminat membeli Pipit gacor, anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp. 50 ribuan.

Baca selengkapnya :  Inilah Spesifik Burung Gelatik, Habitat, Ciri, Makanan, Suara

Harga tersebut hanya berlaku bagi burung Pipit lokal saja, sedangkan harga burung pipit impor jauh lebih tinggi dari perkiraan. Telah menyentuh angka jutaan rupiah, namun keindahan bulu dan suaranya tidak perlu diragukan. Harga tertinggi jatuh kepada Pipit jenis red crested cardinal (angry bird), yang dibandrol sekitar 15 jutaan. Sedangkan harga terendah Pipit impor jatuh kepada Zebra finch holland, yang hanya dibandrol dibawah Rp. 900 ribuan.

Bentuknya yang mungil nan menggemaskan, membuatnya menarik untuk dipelihara di hunain pribadi. Burung yang banyak ditemukaan di area persawahan hingga perkebunan ini, miliki tingkat kepopuleran yang cukup tinggi. Tidak jarang pula hewan satu ini diolah menjadi kuliner lezat, yang dipercaya kaya akan khasiat seperti menyembukan beberapa penyakit.