5 Jenis Suara Burung Yang Memiliki Kicauan Merdu

Diposting pada

Setiap burung yang tersebar luas di tanah air, miliki keunikannya masing masing. Tidak hanya keindahan warna dan bentuk tubuhnya saja, namun burung yang mampu menghasilkan suara merdu pun banyak dicari di pasaran.

Bahkan beberapa komunitas pecinta burung kicau pun bermunculan, untuk sekedar mengoleksi hingga melestarikannya. Berikut daftar suara burung yang paling banyak diminati masyarakat.

Beberapa Daftar Burung Pemilik Suara Merdu

1. Kacer

Dari banyaknya jenis burung yang ada di Indonesia, nampaknya Kacer masuk menjadi bagian pemilik suara merdu ketika berkicau. Miliki warna hitam yang dominan pada tubuhnya, semakin cantik dengan perpaduan warna putih yang terletak di bagian sayap dan dada bagian bawah.

Dari sekian jenis Kacer yang ada, Kacer yang berasal dari Jawa Timur dan Bogor paling banyak dicari di pasaran untuk dapat dipelihara maupun dijadikan sebagai burung gacoan untuk dilatih menjadi burung lapangan (lomba).

Untuk gantangan jenis kacer ini adalah tergolong memasuki peringkat teratas dan kelas bergengsi untuk mencari pamor dan sensasi disetiap perlombaan burung kicauan.


2. Love Bird

Jenis burung lovebird memiliki suara yang merdu kala berkicau, membuat ketenarannya semakin naik daun dalam beberapa waktu belakangan. Tidak heran bila untuk mendapatkan satu ekornya saja, anda harus merogoh kantong lebih dalam.

burung-lovebird

Meskipun harga pemilik suara burung merdu ini tergolong tinggi, perawatannya yang mudah membuat sebagian orang tertarik untuk membudidayakannya. Bahkan ketika dijual kembali, pemiliknya akan mendapatkan keuntungan lebih.

Yang membuatnya masuk menjadi pemilik suara merdu saat berkicau, lantaran keunikan suara yang dimilikinya. Ketika berkicau, burung ini justru terdengar seakan ngekek dan terdengar berbeda dengan yang lainnya. Dengan keunikan suara yang dimilikinya, tidak jarang anda menemukannya mengikuti perlombaan kategori pemilik suara merdu. Selain suaranya, warna cerahnya mampu menarik peratian siapapun.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Burung Kacer Biar Cepat Bertelur

3. Murai Batu

Burung yang dianggap cerdas ini, cukup populer di kalangan para pecinta burung kicauan. Yang membuat masyarakat menyukainya, karena kecantikannya serta kehebatan untuk menirukan berbagai suara dari burung lainnya.

burung-murai-batu

Tidak tanggung tanggung, suara peniruannya terdengar begitu sama persis. Bahkan suara burung Murai Batu dari Medan, menjadi burung penyanyi yang telah diakui dunia. Untuk penggemar burung satu ini memiliki hobiis yang cukup banyak dan kelas di ajang kontesnya juga sangat bersaing dengan jenis burung kicauan lainnya.


4. Cucak Hijau

Didominasi dengan warna hijau dengan tambahan warna hitam di bagian kepala, burung satu ini tampak menyolok dan berbeda. Anda bisa menemukannya di beberapa daerah yang ada di tanah air seperti Kalimaantan, Banyuwangi, Bali, hingga Sumatra.

burung-cucak-hijau

Pada umumnya mereka hidup secara berkelompok, yang terbang dari satu pohon satu ke pohon lainnya. Masuk menjadi bagian pemilik suara merdu, tidak mengherankan bila burung jenis ini banyak digemari untuk dipelihara.

Burung jenis cucak ijo ini sering disebut sebagai burung semi fighter, yang dapat di adu kegacorannya untuk dijadikan burung lomba dan dapat juga dipelihara sebagai burung rumahan.


5. Cendet

Kombinasi warna yang dimiliki burung Cendet, membuatnya tampak elegan nan menawan. Pada bagian paruhnya yang berwarna hitam pekat, membuatnya tampil sangar nan menggoda. Selain warnanya yang indah, Cendet banyak digemari suara yang merdu ketika berkicau. Bahkan dari kejauhan pun, anda sudah bisa mendengar kicauannya yang terdengar keras dan lantang.

burung-cendet

Sehingga tidak mengherankan bila burung satu ini, kerap mengikuti perlombaan. Suara burung Cendet yang telah dilatih dengan rutin, akan miliki suara khas yang cukup menarik perhatian. Selain suara yang keras, suaranya akan terdengar bersih tanpa adanya serak. Bahkan suara merdu yang dihasilkannya, terdengar lantang hingga mendominasi dari suara lainnya. Tidak mengherankan bila banyak yang memeliharanya, lantaran ciri khas suaranya.

Baca selengkapnya :  Inilah Cara Terakhir Membuat Burung Agar Cepat Mabung

Suara indah yang mampu dikeluarkan, membuat sebagian burung kicauan kerap kali diikutkan perlombaan. Terutama bila pemiliknya mampu melatihnya secara rutin, dipastikan suaranya akan semakin merdu dari biasanya.

Namun tidak jarang pula, suara indah tersebut dijadikan sebagai masteran bagi burung lainnya. Selain keindahan suaranya, anda bisa menentukan burung jagoan anda dari kecantikan warna bulunya yang menawan.


Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar 5 Jenis Suara Burung Yang Memiliki Kicauan Merdu menurut versi kacer.co.id, namun masih ada banyak burung jeis lainnya yang mempunyai suara yang enak didengar seperti kolibri, jalak bali, jalak suren dan lain sebagainya.