Cara Memilih Burung Merpati Dan Dara Terbaik, Gambar, Balap, Kolong

Diposting pada

Merpati yang terkenal karena memiliki kesetiaan yang tinggi pada pasangan dan banyak digemari oleh sebagian orang. Beberapa orang akan memanfaatkan daging burung untuk diolah karena memiliki daging yang lezat. Pada zaman dahulu kala, burung ini sangat terkenal sebagai burung penghantar surat, dan sering disebut-sebut dengan merpati pos ini.

burung-merpati

Jika diaerah tertentu seperti di luar negri, (Amerika Serikat dan Arab Saudi) burung ini sangat dilindungi oleh pemerintah setempat yang banyak hidup dialam bebas dan tentunya banyak sering dijumpai di perkotaan yang sering diberi makan setiap orang lewat maupun penjalan kaki.

Namun kondisi disana tentunya berbeda dengan di Negara Indonesia kita ini, dengan seiring berjalannya waktu burung yang memiliki keistimewaan untuk dapat terbang tinggi dan memiliki daya ingatan yang sangat baik untuk mengenal suatu daerah dan wilayah tertentu, yang dilatih secara bertahap.

Namun burung satu ini menjadi favorit dan banyak menjadi peliharaan yang dirawat oleh sebagian orang untuk sekedar hobi ataupun tujuan tertentu dengan mencetaknya sebagai burung merpati kolong yang memiliki prestasi dilapangan.

Ada juga yang memelihara burung ini karena memiliki daya tarik yang ada dalam burung tersebut. Sering kali banyak orang yang sering akan terkecoh dengan ciri fisik burung setia satu ini. Nah untuk itu, yuk simak ciri fisik burung merpati yang wajib anda tahu.

Ciri Fisik Burung Berkualitas Bagus


1. Mata Bundar

Perbedaan burung ini dibandingkan dengan jenis lain adalah memiliki mata yang berbentuk bundar sempurna. Anda bisa melihat secara langsung mata sang burung tanpa menggunakan peralatan tertentu.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Burung Cucak Rowo Rajin Berkicau Gacor

ciri-ciri-burung-merpati-berkualitas

Hal inilah yang menjadi ciri khusus dan ciri yang menonjol dari burung tersebut. Mata burung ini seperti bola yang terbelah menjadi dua di dua sisi mata burung.

2. Kepala Batok

Burung ini memiliki bentuk kepala yang sangat unik dan berbeda dengan burung lainya. Kepala burung akan berbentuk seperti batok yang bundar. Untuk memilih merpati kualitas bagus, anda bisa melihat kemiringan antara batok kepala depan dengan pangkal hidung.

Kemiringan ideal dari kepala merpati sebesar 45 sampai 60 derajat. Dengan melihat kemiringan ini akan menunjukkan kelincahan burung untuk dapat turun dari arah mana saja dengan gerak cepat.

3. Paruh Kecil

Merpati memiliki paruh yang kecil namun berujung lancip. Untuk memilih burung merpati dengan kualitas bagus, perhatikan ukuran paruhnya. Seekor burung yang ideal akan memiliki paruh yang tidak terlalu besar atau pun terlalu kecil.

Tak hanya itu, jarak antara ujung paruh dengan kepala tidak terlalu lebar. Anda bisa memperhatikan ciri paruh saatakan membeli merpati kualitas tinggi.

4. Sayap Besar

Anda bisa memperhatikan ukuran badan sang merpati untuk mengetahui kualitas burung. Merpati yang berkualitas tinggi, akan memiliki ukuran badan yang cukup besar. Oleh karena itu, ukuran sayap juga bisa dijadikan acuan untuk melihat kualitas burung.

burung-merpati-balap

Agar bisa terbang secara optimal, burung akan membutuhkan sayap yang relative besar dan luas.

5. Mata Dua Warna

Perlu anda ketahui jika merpati pasti memiliki dua warna, pada matanya yang berbeda antara pupil dan kornea. Perpaduan kedua warna tersebut bisa kuning tua dengan kuning muda, merah tua dengan hijau tua, merah muda dengan putih atau lain sebagainya.

Untuk menyaksikan perbedaan warna ini anda bisa menyaksikanya mata burung merpati dalam keadaan yang lebih teduh.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Robin, Makanan, Harga, Suara

6. Leher Panjang

Anda bisa memperhatikan leher merpati relative berukuran panjang, jika dibandingkan dengan burung pada umumnya. Leher merpati adalah salah satu faktor untuk bisa terbang tinggi dan cukup lama.

Dengan memiliki leher yang relative panjang, kencang, dan tegak akan memudahkan merpati untuk melihat tujuan terbang. Hal ini juga akan memudahkan merpati untuk berbelok turun dengan mudah.

7. Sayap Berbulu

Merpati merupakan salah satu burung yang memiliki bulu sayap yang lumayan banyak dan tebal. Dengan burung yang memiliki sayap tebal akan membuat burung terbang dengan nyaman dan ketahanan tubuh akan terjaga. Anda bisa memperhatikan sayap yang berbulu pada merpati untuk melihat kualitas yang bagus dari burung merpati tersebut.

Dengan ciri khusus yang sudah dijabarkan, anda tentu tidak akan keliru lagi untuk mengenali burung yang setiap ada pasangan ini. Pada umumnya burung merpati putih akan memiliki warna putih bersih yang melambangkan sucinya cinta.

Namun, burung ini juga sering mengikuti kontes burung dan membuktikan kekuatan dan ketahanan fisik. Merawat merpati tidaklah sulit. Anda hanya perlu memperhatikan kebersihan kandang dan juga makanan sang burung.

Tidak sedikit para penghobi burung yang satu ini, baik dari kalangan muda, tua, bahkan remaja yang sangat menyukai untuk memelihara dan memainkan burung ini ke arena kontes lomba burung merpati balap maupun kolongan. Dengan modal tiket yang lumayan mahal, maka hadiahnya pun yang didapat juga sangat besar dan menggiurkan bahkan sampai puluhan juta.

burung-merpati-kolongan

Keterangan : Pada umumnya tahapan – tahapan yang telah dijelaskan diatas tersebut telah memenuhi syarat untuk dapat memilih burung merpati yang memiliki kualitas terbaik adalah modal dasar untuk dapat memlihara dan melatih burung menjadi lebih maksimal sehingga dapat menorehkan prestasi sebagai burung juara tentunya.

Baca selengkapnya :  Inilah 3 Jenis Burung Mantenan Terbaik Untuk Masteran Kacer

Banyak burung merpati yang memiliki kualitas baik dan sudah berprestasi yang sering memenangkan juara sebagai burung kolongan, dengan otomatis harga burung tersebut akan memiliki harga jual yang sangat tinggi, bahkan dengan hanya sepasang burung dara (merpati) dihargai bisa mencapai miliaran rupiah. Sungguh fantastis dan sangat luar biasa teman-teman.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar Cara Memilih Burung Merpati Dan Dara Terbaik, yang kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda para hobiis semuanya. Terima kasih.