Pakan Burung Lovebird Berkualitas

Diposting pada

Halo sobat kicau maniak, kembali lagi – kali ini kita akan membahas informasi masih seputar dunia lovebird, khususnya jenis makanan yang disukai oleh burung lovebird yang dapat anda gunakan untuk perawatan sehari-hari maupun untuk settingan lomba.

Untuk pakan yang baik dan berkualitas untuk burung lovebird kesayangan anda tidaklah sulit, pakan yang diberikan sudah banyak yang menjualnya di kios pakan burung, walaupun begitu pemberian pakan tidak boleh sembarangan, karena sangat berperan penting untuk kebutuhan asupan gizi, nutrisi, mineral, vitamin yang diperlukan oleh tumbuh kembang reproduksi si burung dan juga sangatlah penting untuk perkembangan mental dan kesehatan si burung.

Pakan Burung Terbagi menjadi dua bagian, yaitu pakan pokok dan pakan ekstra atau (tambahan). Pakan pokok / makanan sehari-hari adalah makanan yang sangat berperan penting dan sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang burung.

Namun untuk pakan ekstra food (tambahan) adalah makanan penunjang yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas suara burung, dan menjaga burung selalu dalam kondisi VIT dan sehat tentunya.

Makanan Yang Disukai

A. Kriteria Pakan Berkualitas

Berikut ini kriteria pakan burung kicauan yang berkualitas :

Gizi

  • Kandungan gizi pakan sesuai dengan kebutuhan burung, sepserti halnya makhluk hidup yang lainnya, kebutuhan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air harus tercukupi.

Segar

  • Pakan segar, tidak berjamur atau masih (fresh) dan selalu terjaga kebersihan pakannya. Pakan tidak berbau apek / tengik dan tidak terkontaminasi oleh virus yang dapat membahayakan kesehatan si burung.

Serat

  • Dalam penjelasan kandungan serat rendah, dalam pakan tidak boleh berlebih dari 2%, Bila kandungan serat berlebihan dapat mengurangi / menurunkan kemampuan penyerapan sari-sari pati makanan yang terbuang dengan sia-sia nantinya.
Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Bulu Burung Cepat Rontok (Molting)

B. Macam-macam Bahan Pakan Burung Kicauan

Pakan yang diberikan kepada burung kicauan khususnya untuk lovebird dapat diberikan bisa berupa pakan alami, pakan buatan, dan pakan yang sudah di olah dengan campuran dengan komposisi yang tepat.

Untuk jenis pakan burung lovebird yang diberikan berupa protein nabati, yang berasal dari biji-bijian dan sayuran seperti : jagung muda, milet putih, milet merah, gabah, kenari seed dan kuaci.


Jagung

Pilihlah jagung yang sangat baik yang masih segar dan bagus, disarankan jagung muda manis sebagai bahan pakan untuk burung lovebird.

Sertakan bagian tongkol jagung saat pemberikan pakan ke burung lovebird, namun boleh juga memberikan jagung putih, jagung ungu, jagung hitam – sesuai dengan stok ketersediaan pakan anda.

 


Milet

Milet merupakan pakan import, yang berasal dari australia, cina dan amerika serikat. Milet ini berupa sejenis tanaman sebangsa rerumputan dari jenis Panicum ramosum,(browntop milet).

Pada umumnya tanaman milet ini hampir mirip denan tanaman padi, tumbuh tegak tinggi pada ujung tanaman ditumbuhi oleh biji-biji melet.

 


Gabah

Gabah merupakan tanaman lokal dari negara kita sendiri, yang sering ditanam oleh pak tani.

gabah adalah proses padi sebelum menjadi beras / butir-butir padi yang masih diselimuti dan dilindungi oleh sekam.

 


Biji Kenari (Kenari Seed)

Biji kenari adalah biji-bijian dari tanaman sejenis rumput phallaris canariensis. Biji kenari ini sangat disukai oleh burung jenis kenari.

Dimana biji kenari ini hampir mirip dengan biji milet, namun bentuk biji kenari ini lebih panjang-panjang dan kedua sudutnya lancip.

Biji kenari ini biasanya berwarna coklat dank eras.


Biji Sawi

Biji sawi ini juga sangat baik untuk diberikan kepada burung lovebird.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mastering Burung Murai Batu Agar Isian Cepat Masuk

Ukuran biji sawi sangat kecil, berbentuk bulat, dan berwarna hitam mengkilap.

 

 


Kuaci

Kuaci adalah makanan yang banyak mengandung mineral garam yang sangat baik untuk dikonsumsi burung lovebird, kuaci berasal dari bunga matahari yang berkualitas.

Berikut referensi yang baik untuk merk pakan Lovebird Food yang berkualitas yang sering digunakan oleh para penghobi kicau lovebird maniak seperti : American Selection, piar, Prestige, Royal Lovebird, Miltih, Primus.