11 Makanan Burung Pentet Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Dikesempatan kali ini, Web Kacer.Co.Id akan berbagi tips jenis makanan burung pentet atau cendet yg aman untuk hariannya agar kondisinya tetap sehat, bugar pastinya, logikanya jika burung sudah dalam keadaan FIT otomatis akan rajin untuk berkicau.

Nah khusus untuk para cendet mania terlebih yg baru memulai mencoba memelihara burung yg satu ini pastinya kebingungan bukan ?. Oleh karena itu akan kita bahas satu-persatu di artikel ini, baca terus sampai habis agar kalian lebih paham dan mampu memberikan rawatan terbaik untuk pentet kesayangannya.

Apa Saja Makanan Burung Pentet ?


Untuk makanan yang bagus buat burung pentet yg diberikan setiap harinya bisa di variasikan ya, jika untuk burung rumahan wajib kalian latih siburung untuk memakan voer terlebih dahulu, karena jika burung sudah mau makan voer, tentu sangat lebih mudah lagi dalam melanjutkan rawatan harian tentunya.

harga-burung-pentet

Tidak cuman voer saja yg kalian berikan, pakan tambahan seperti serangga kecil, daging segar ataupun sayur mayuran juga bisa kalian kasihkan kepada burung predator ini, simak infonya lebih detailnya dibawah ini :

Voer

Dalam memberikan pakan pokok hariannya diusahakan selalu disediakan voer ya, di dalam kandangnya !. Nah jika burung masih belum mau ngepur ini bisa dilatih pelan-pelan yg dicampur dengan kroto terlebih dahulu. Agar nantinya sedikit – demi sedikit lama kelamaan juga akan kenal dan mau memakannya.

Nah kira-kira jenis pur apa sih yg disukai sama siburung ini ?. Kalian bisa menyajikannya pur kiloan, atau voer lele untuk cendet, atau juga yg bermerek seperti topsong misalnya, nah manfaat voer topsong untuk cendet juga sangat penting untuk melengkapi asupan yg dibutuhkan si burungya, karena kadar yg dimiliki voer ini tidak terlalu tinggi dan juga tidak kerendahan, sedang saja dan stabil.

manfaat-voer-topsong-untuk-cendet

Jangkrik

Nah untuk temen-temen yg selalu memberikan EF JK ini yg dimana salah satu makanan pokok burung pentet yg wajib disajikan setiap harinya ya. Karena manfaat jangkrik ini sangatlah baik untuk melengkapi asupan nutrisi yg komplit dan pastinya sangat disukai oleh burung kalian.

Baca selengkapnya :  Makanan Lovebird Biar Gacor Dan Ngekek Panjang

Berikanlah ef jangkrik dalam kondisi yg sehat kepada burung cendet kalian ya, karena pakan yg sehat dan fresh sangat baik untuk kesehatan, dan jangan terlalu banyak untuk porsi takarannya ya, cukup pagi 3 ekor dan menjelang sore dikasihkan lagi sebanyak 3 ekor untuk hariannya.

Namun apa makanan burung pentet selain jangkrik ?. Yuk lanjut terus simak dibawah ini guys.

makanan-pentet-biar-rajin-bunyi

Belalang

Salah satu makanan burung pentet di alam liar, di habitat aslinya adalah belalang, baik itu jenis walang kecek, emas ataupun yg lainnya. Si pentet ini memiliki insting yg sangat kuat dan mampu mengetahui posisi dimana belalang sedang kumpul dan banyak di rerumputan, maka jika kondisi alam mendukung burung ini dengan gerakan sangat cepat langsung menukik turun kebawah rerumputan dan siap memangsa satu persatu dari belalang tersebut.

Belalang ini diyakini memiliki protein yg lebih tinggi jika dibandingkan dengan jangkrik ya, tidak hanya untuk burung pemakan serangga saja, kitapun juga bisa mengkonsumsinya jika mau ?. Hehehe.

Kroto

Kroto bisa kalian dapatkan di penjual ataupun kios-kios burung ya, memang untuk harga makanan yg satu ini cukup mewah ya, 1 onsnya saja bisa mencapai 15 ribuan, namun disayangkan si burung cendet tidak terlalu butuh dengan EF yg satu ini.

Boleh saja kalian memberikan kroto, namun jangan sering-sering. Bisa Mubajir karena si cendet / pentet apabila keseringan untuk mengkonsumsi EF kroto ini maka bisa menurunkan suhu tubuhnya, dan bisa membuatnya ngebegog atau istilahnya ngebalon lah. Boleh memberikan dengan takaran jangan terlalu banyak dan itupun hanya 2 minggu sekali saja ya.

Cacing Tanah

EF cacing tanah ini juga baik, tapi tidak disarankan untuk memberikannya setiap hari, memang makanan alami burung pentet di tempat terbuka tidak pilih-pilih ya, seketemunya burung langsung memakannya saja, nah inikan berbeda burung yg kita rawat. Sebaiknya asupan yg kita kasihkan tentu kalian sendiri lah yg mengaturnya agar kondisi burung ini selalu stabil.

Baca selengkapnya :  Manfaat Voer Nanjung 105 Untuk Burung Kicau

Karena sifat Cacing ini dingin, baiknya jika diberikan apabila kondisi burung cendet kalian sedang mengalami over birahi yg terlalu galak, baru boleh menggunakan atau memanfaatkan cacing ini, dalam pemberian cacing juga jangan sembarangan, harus di potong terlebih dahulu ya menjadi beberapa bagian, agar si cendet dapat lebih mudah untuk memakannya.

Ulat Hongkong

Ulat hongkong ini sifatnya sangat panas, dan sering digunakan jika dibutuhkan saja, misalnya sedang musim penghujan, atau ingin meningkatkan emosi si cendet ini secara spontan, biasanya dipergunakan untuk suntikan setingan lomba ketika si pentet ini mau digantangkan atau diikutsertakan dalam ajang kontes perlombaan ya.

Peringatan jika untuk hariannya jangan terlalu sering menggunakan ulat hongkong ini, terlebih dalam jangka panjang ya, yg dikhawatirkan nantinya si burung akan mengalami gangguan pencernaan, ataupun rontok bulu karena terlalu over emosinya.

Ulat Kandang

Pakan ulat kandang memang jarang ditemui, walaupun ada itupun agak sedikit mahal ya dari pada ulat hongkong. Sifat dari EF ini juga sangat panas bahkan lebih panas ketimbang ulat hongkong ya.

Jadi temen-temen bisa memberikan pada burung, yg dimana dalam kondisi drop mental, macet bunyi ataupun burung yg masih bahan. Itu tidak masalah. Tapi inget pemberian EF ini tidak disarankan terlalu berlebihan, kasihkan sewajarnya saja. Agar si burung tidak ada masalah dikemudian harinya.

Ulat Bambu

Nah pakan ulat bambu ini terkadang juga susah di jumpai, manfat ulat bambu ini juga sebagai pendukung agar stamina burung bisa cepat kembali pulih terlebih ketika sehabis pasca mabung, burung macet dan terlihat lesu misalnya.

Boleh saja kalian berikan beberapa ekor ulat bambu ini secara bertahap ya, misalkan hari ini diberikan 2 ekor saja, dan besok nya bisa dinaikan menjadi 3 ekor sampai si burung bisa terlihat lincah, aktif dan kembali gacor, jika sudah mau mulai gacor, hentikan pemberin pakan menggunakan ulat bambu ini ya.

Baca juga artikel lainnya seputar : harga burung pentet

Ulat Daun Pisang

Untuk jenis Ekstra puding ulat daun pisang ini sangat susah sekali ditemui, di kios tidak ada jualannya ya, kalian harus cari sendiri ke kebun yang banyak pohon pisang tentunya, biasanya ulat ini bersembunyi di pucuk-pucuk daun pisang yg menggulung.

Baca selengkapnya :  Inilah Suara Ancaman Murai Batu Wajib Punya Untuk Burung Lomba

Kalian bisa memberikan ulat daun pisang ini kepada burung pentet sebagai pendongkrak power, dan bisa menjernihkan suara dan burung spontan gacor. Sifat EF ini dingin ya, jangan keseringan juga dalam memberikannya. Biasa digunakan di hari H-1 untuk menyiapkan kontes pentet sebelum dilombakan.

Sayuran

Jenis sayuran yg bagus untuk dikasihkan untuk burung cendet ini adalah wortel. Nah manfaat dari wortel sangat selain akan memenuhi kebutuhan nutrisi sayur pada burung cendet wortel ini juga bisa menyehatkan mata si burung cendet ya.

Alhasil Dengan penglihatan yang jelas dan jernih, maka kondisi siburung ini juga akan memiliki percaya diri yang tinggi karena fungsi matanya sangat sehat hal itu sangatlah baik bagi kondisinya.

Lalu bagaimana cara memberikan EF sayuran wortel ini ?. Kalain cukup memberikannya kepada jangkrik ya, yg dipotong kecil-kecil menjadi beberapa bagian lalu dikasihkan untuk pakan si jangkrik, jika jangkrik ini mengkonsumsi wortel, maka jangkrik ini mengandung asupan sayuran yg kaya vitamin dan bagus untuk kita berikan ke burung cendet kalian.

Daging Mentah

Alternatif lainnya selain pakan serangga, kalian juga bisa memberinya daging mentah yg masih segar ya tentunya daging sapi ya, karena sifat karakter burung inikan sangat liar di hutan, jangan pun daging ?. Anakan burung kecil juga bisa dimangsa di alam jika ketemu dengan burung cendet hutan.

Jadi tidak ada salahnya jika temen-temen mengasihkan EF ini, akan tetapi jangan terlalu keseringan, yg ada nanti burung bisa semakin bringas dan terlalu galak. Cukup 2 minggu atau 1 bulan sekali saja.

Oke jadi itu saja info seputar makanan burung pentet yg bisa kalian berikan kepada burung gacoan kesayangan kalian agar burung menjadi lebih sehat, gacor dan bisa membanggakan si pemiliknya. Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari