Cara Memilih Ciblek Jawara Prospekan Yang Bagus

Diposting pada

Ciblek Jawara – bagi para sebagian penghobi ciblek mania memang tidak semua yang mengetahui bagaimana tips cara memilih burung ciblek prospekan bagus yang memiliki mental jawara, akan tetapi temen-temen kicau mania memang harus perlu diketahui untuk melihat dan memastikan kualitas dari burung bahan, setidaknya anda juga harus mengetahui dan mengerti ciri bakalan yang berkualitas itu seperti apa dan bagaimana bentuk fisiknya.

Ada bayak pertanyaan dari para hobiis temen kicau khususnya khususnya untuk pemula yang masih bingung cara memilih burung ciblek yang bagus dengan tujuan ingin dilatih menjadi burung lapangan (gantangan) dengan besar harapannya untuk menjadi juara tentunya.

burung-ciblek-berkualitas

Okeh guys untuk memberikan gambarannya agar mudah dipahami, langsung aja kita ke pokok bahasan mengenai cirinya, sebelum temen temen memilih untuk membeli burung ciblek baik di ombyokan ataupun burung yang sudah dirawat oleh sipemelik sebelumnya, setidaknya anda harus memperhatikan dengan teliti dan amati kriteria burung ciblek yang berkualitas terbaik yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Ciri Fisik Burung Ciblek Prospekan Juara


Bentuk Paruh

Jika dilihat dari bentuk paruh, usahakan pilihlah bentuk paruh yang berukuran panjang, besar, lebar dan memiliki pangkal selah di antara kedau bagian paruh tersebut yang terlihat jelas, yang menandakan burung memiliki suara volume yang kencang dan melengking.

Bentuk Kepala dan Mata

Burung yang bermental bagus cenderung memiliki bentuk kepala terlihat kotak (papak), dan memiliki bentuk mata yang besar dan melotot. Sorot mata terlihat tegas dan tajam, yang memberikan isyarat bahwa tipe burung seperti ini sangat fighter pemberani.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memilih Burung Cucak Jenggot Yang Berkualitas Baik

Bentuk Tubuh

Perhatikan ukuran dari bentuk tubuh si burung ciblek, pilih yang memiliki bentuk tubuh yang ideal ya. Jangan terlalu gemuk atau pendek, besar dan juga jangan terlalu ramping ataupun kurus, yang sedang-sedang saja. Karena biasanya burung bakalan yang memiliki kualitas baik yang memiliki tubuh yang ideal.

Bentuk Sayap

Burung yang berkualitas pada umumnya memiliki bentuk sayap yang terlihat rapih dengan posisi selah antar bulu yang ideal, rapat dan serasi baik sayap kanan maupun kirinya, jika dilihat dari atas terlihat seimbang.

Bentuk Kaki

Perhatikan juga dari bentuk kaki siburung tersebut, pilihlah burung ciblek yang memiliki kaki yang terlihat kering, normal tidak cacat, dan jika bertengger di tangkringan sangat kuat mencengkram dengan baik, tidak letoy atau lemas kakinya. Dengan ciri kaki yang tampak kering ini merupakan ciri modal dasar dari burung bahan yang memiliki mental dan kualitas yang baik tentunya.

burung-ciblek-prospekan

Bentuk Leher

Pilihlah burung ciblek yang memiliki bentuk leher, dari badan sampai ekornya jika diamati posturnya yang ideal, serasi dan enak dilihat. Karena dari bentuk leher yang terlihat kuat dan panjang berisi ini pasalnya memiliki nafas yang panjang dan mampu membawakan tembakan lagu yang rapat hampir tidak berjeda dominan lebih mudah untuk gacor.

Energik dan Nafsu Makan Yang Baik

Perhatikan juga dari pergerakan loncat ataupun terbang dari tangkringan satu ke tangkringan lainnya, aktifitas di kandang di amati, pilihlah burung yang bertingkah lebih agresif, aktif, energik biasanya ciri seperti ini menanakan burung dalam kondisi yang prima, sehat segar bugar, dan juga pilihlah burung yang memiliki nafsu makan yang sangat baik, lahap dan rakus.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Cililin, Perawatan, Habitat Dan Harga

Baik burung yang masih bakalan ataupun dewasa, jika memiliki ciri-ciri yang sudah dijelaskan diatas merupakan syarat burung yang berkualitas baik untuk dirawat dan dicetak menjadi juara. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Ampuh Membuat Ciblek Gacor Dan Jinak Dengan Mudah