Cara Mudah Perawatan Kolibri Raja Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Halo sobat kicau maniak, penulis kacer.co.id kali ini akan membahas tentang bagaimana burung konin khususnya untuk yang masih bakalan / trotolan. Dengan marak dan trend terbaru seputar dunia kicau, burung kolibri raja merupakan jenis burung penghisap madu yang kecil dan mungil ini sudah banyak disukai oleh kalangan dunia kicau, dengan bunyi lagu yang indah didengar, crecetan yang tajam dan bervariasi sudah menjadi ajang trend dan telah diadakan kelas lomba burung kicau.

Ada banyak sekali tantangan dalam cara merawat burung yang kecil ini, sangatlah sulit jika anda tidak tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar burung konin ini, karena jika dalam perawatan salah maka akan berdampak kematian bagi burung konin yang sangat rentan tersebut.

Cara Merawat Burung King Konin Agar Rajin Bunyi

1. Pengembunan Pagi Hari

Manfaat embun pagi untuk burung kolibri trotolan sangatlah dianjurkan dan sangat baik untuk terapi burung bahan/ijoan, trotolan kolibri ninja akan merangsang untuk berbunyi (melatih kicau). Menstabilkan birahi yang didapatkan oleh burung agar menjadi lebih sehat dan lincah tentunya, untuk pengembunan baiknya burung konin dikeluarkan sekitar jam 5.00 WIB pagi.

Di usahakan tempat untuk pengembunan burung di tempat yang terbuka dan dapat burung dapat menghirup udara embun yang segar dipagi hari yang berhadapan dengan muncul dan keluarnya matahari, ini sangat dianjurkan.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Dan Ampuh Membersihkan Kutu Burung

Pengembunan-Burung

2. Mandikan Burung Dengan Cara Disemprot

Untuk terapi penjinakan burung kolibri king konin, tahap pemandian burung konin bagusnya dengan cara disemprot halus menggunakan spray secara teratur, merata dan membasahi seluruh bulu burung agar terkesan natural seperti terkena percikan – percikan mandi air hujan di alam bebas.

Tujuan memamndikan burung dengan cara disemprot ini agar burung terjaga selalu kesehatannya dan bulu burung menjadi bersih dan berkilau terawat. waktu pemandian harus konsisten waktunya, jika anda memandikan burung kolibri raja pada waktu pagi hari sebelum dijemur sekitar pukul : 7.30 WIB, maka untuk setiap harinya harus dilakukan dengan waktu yang selalu pas dan waktu yang sama dan konsisten tentunya.

Dilarang dan Jangan memandikan / menyemprot burung konin jika kondisi burung dalam keadaan sakit.

3. Jaga Selalu Kebersihan Sangkar

Selalu rajin membersihkan sangkar burung konin setiap hari, agar selalu mendapatkan udara yang fresh bersih dan sehat. Pembersihan sangkar burung konin cukup 1 hari sekali saja, saat ketika dan setelah memandikan burung konin sekalian sangkar konin wajib untuk dibersihkan dari kotoran-kotoran.

Sangkar konin yang ideal agar dapat memperepat tumbuh dan kembang burung konin dan ijoan disarankan menggunakan sangkar besi bulat yang sering digunakan oleh burung lovebird. Dan berikan tangkringan yang silang minimal 3 sd 4 tangkringan. Disesuaikan dengan karakter burung konin anda masing-masing.

Kebersihan-Sangkar

4. Penjemuran Burung

Manfaat penjemuran pada jenis burung apapun sangatlah baik, khususnya untuk perkembagan tumbuh burung konin. Penjemuran yang baik dilakukan pada pagi hari sekitar pukul : 06.00 sd 09.00 WIB yang masih banyak mengandung vitamin D yang didapat dari sinar matahari yang berkualitas untuk menjaga kesehatan burung konin tersebut.

Baca selengkapnya :  Terapi Nol Settingan Untuk Kembalikan Performa MURAI BATU

Tidak dianjurkan untuk penjemuran konin trotolan yang terlalu lama sampai dengan diatas pukul : 9.00 WIB karena dapat membuat burung terlalu kepanasan dan merusak suara kicauan burung konin nantinya.

Penjemuran-Burung

5. Berikan Kroto Segar

Kroto yang banyak mengandung nutrisi yang baik, dan cocok untuk diberikan kepada burung konin agar dapat melengkapi asupan nutrisi dalam tubuhnya, mempercepat perkembangan tumbuh burung agar dapat mengeleuarkan suara besetan-besetan yang tajam.

Pemberian kroto untuk konin trotolan dianjurkan 2 kali saja dalam 1 minggu, misalkan dalam pemberian dihari senin dan jum’at saja. Tidak dianjurkan setiap hari harus selalu diberikan pakan kroto.

Kroto-Segar

6. Berikan Pakan Rudjak Nektar Untuk Kolibri

Referensi menu pakan tambahan untuk konin yang berkualitas, boleh anda kombinasi dengan Rudjak Nektar yang sangat kaya manfaat untuk burung Konin anda.

RUDJAK NEKTAR sangat baik untuk dijadikan sebagai pakan harian untuk semua jenis Sunbird/Kolibri Dan Juga Untuk Burung Cucak Ijo. Dengan tekstur yang lembut tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer serta berwarna hijau (extrak daun pandan.suji.saga) kandungan Nutrisinya paling lengkap (protein. vitamin . mineral. Nektar Multifloral) dengan AKG (Angka kecukupan gizi) yg tepat dan seimbang.

Rudjak Nektar ini sangat Baik juga untuk Burung Lomba, Pakan Kolibri pertama di Indonesia yg Masuk pasaran Hongkong, Singapur dan Malaysia. Pakan Kolibri Pertama di Indonesia yang punya Sertifikasi Uji Lab Kim terpadu (Jelas dan pasti dan Empirik terbukti ALAMI, TANPA PENGAWET, TANPA DOPING,TANPA PEWARNA TEKSTIL yg MENYALA) dan sudah tentunya JELAS SEKALI TANPA ESENS/AROMA PASTA.

Rudjak-Nektar

Komposisi:
-Protein & asam amino
-Glukosa, fruktosa, sukrosa
-Minyak ikan omega 3
-Vitamin yang larut dalam lemak
-Kalsium
-Ekstrak daun saga, suji, dan pandan

Baca selengkapnya :  Cara Menjinakan Burung Gelatik Batu Giras dengan Mudah

Mengatasi:
-Burung kurus/nyilet/botak
-Burung macet/malas bunyi
-Burung lesu

7. Berikan Susu Kental Manis

SKM kepanjangannya adalah susu kental manis ini sangat baik dan kaya manfaat jika dikonsumsi untuk burung kolibri ninja baik untuk ijoan (trotolan) maupun untuk konin yang sudah dewasa, banyak sekali kandungan protein dan vitamin yang ada pada SKM, hanya dengan menyajikan susu kental manis saja pada wadah pakan konin sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi tanpa harus memberikan kroto dan air gula.

Susu kental manis ini juga sangat baik untuk menjadi menu pakan harian burung konin agar selalu menjaga stamina dan kesehatan burung konin tersebut, agar dapat lebih rajin berkicau, lincah dan gesit.

Saat pemberian SKM (susu kental manis) pada kolibri jangan dibarengi dengan pemberian air gula dan kroto, jika dibarengi konin tentunya lebih memilih air gula dan kroto yang dapat melupakan SKM yang tidak dimakan nantinya.

SKM-Susu-Kental-Manis

8. Gantung Sangkar Burung Di Keramaian (Banyak Orang Lewat)

Dengan tahapan melatih mental burung king konin dan dari anakan atau ijoan sangatlah baik disarankan menggantung ditempat keramaian yang sering dilalui oleh orang lewat, agar terbiasa dengan keramaian dan burung tidak gerabakan numbur-numbur sangkar terlalu giras.

Gantung-Sangkar-Burung-Di-Keramaian

Tujuannya agar burung menjadi jinak dan lebih terbiasa di tempat keramaian yang mempunyai mental yang berani tetap berkicau walaupun dalam keadaan ramai orang dan dapat mengikuti ke arena lapangan kontes burung nantinya.