Cara Merawat Dan Mengobati Burung Murai Batu Yang Nyilet

Diposting pada

cara merawat burung murai yang nyilet, halo masih tetap bersama situs resmi Kacer.Co.Id yg dimana pada kesempatan malam hari ini kami akan berbagi pengalaman dan tips seputar cara mengatasi burung murai nyilet ya temen-temen.

Mengatasi suatu penyakit burung yang kurus atau nyilet ini banyak faktor dan kendala yang kita lihat, jadi setiap kondisi burung nyilet ini tergantung dari situasi dan kondisinya si burung tersebut ya,

ada beberapa penyebabnya bisa juga karena nyilet kurus, dikarenakan nafsu makannya kurang, dan bisa juga kena si burung ini terkena cacingan, burung lagi drop sakit atau bahkan kondisinya juga sedang stres ya.

Nah yang perlu kita lakukan yaitu penanganan secara cepat dan tepat agar burung ini bisa kembali gemuk dan fit serta pertumbuhan yang pesat, dan saya juga pernah mengalami pengalaman seperti ini ya,

jika kita sudah mengetahui permasalahannya maka langsung saja segera kita beri penanganan secara tepat, dan itulah bentuk sebagai upaya untuk merawat burung ini ya, dan kita sebagai perawat juga harus jeli dan teliti ya untuk melihat kondisi burung tersebut.

Memahami Penyebab Dan Solusi Mengatasi Permasalahan Murai Batu Nyilet


Nyilet Dikarenakan Burung Cacingan

Misalkan burung murai kita ini diduga terkena cacingan ya, dan ini kita amati terlebih dahulu ya teman-teman. Lalu bagaimana kita mengetahui dan menganalisanya, apakah benar cacingan atau tidaknya ?. Nah misalkan jika masalahnya pada burung yg cacingan disini kita bisa dilihat dari pembuangan atau bentuk kotorannya ya,

Baca selengkapnya :  Apa Makanan Kesukaan Burung Cucak Keling

ciri burung murai yg kena cacingan ini biasanya mencret atau putih dan itu ada busanya di kotorannya fasesnya serta pada bagian mata burung terlihat lebih sering berair ya, untuk nafsu makan biasa serta lebih cenderung burung kurang bergairah, atau kurang lincah, dan untuk bunyi semaunya saja dan lebih banyak diamnya.

nah jadi jika kondisi cirinya tersebut seperti itu, bisa disebabkan burung murai batu tersebut positif terjangkit cacingan, Lalu apa ya kira – kira obat cacing untuk murai batu ?.

cara-mengatasi-burung-murai-nyilet

Jadi indikasi ini bisa menunjukkan cacingan yg dimana kadang nafsu makannya ini lebih banyak tapi tetap aja kurus yang seperti ini bisa diberikan obat cacing untuk saya bisa menggunakan Combantrin atau super n untuk burung cacingan juga bisa.

combantrin untuk burung murai batu sebaiknya diberikan pada air minumnya ya, bisa 2 tetes atau 3 tetes, dan intinya ikuti aturan pemakaiannya ya, setelah itu amati hasil perkembangannya selama 2 – 3 minggu, apakah ada perubahan dari bentuk kotoran atau jenis fisik tubuh dan perilaku yg lainnya ya, saya kira dalam jangka waktu seperti itu burung akan kembali sehat lagi ya temen-temen.

Nyilet Dikarenakan Burung Sedang Drop Sakit Atau Stress

Nah jika masalah nyilet ini bukan karena cacingan, tentu ada penyebab lainnya seperti stres ataupun dalam kondisi tubuhnya sedang kurang sehat atau sakit ya temen-temen, stres disini bisa disebabkan karena burung salah dalam perawatan hariannya,

ataupun karena kelelahan karena sering di trek dalam latberan atau kontes gantangan dengan jam terbang yang padat, jadi jadwal untuk istirahat burung jadi berkurang sehingga menyebabkan burung bisa sakit, stres dan bisa mengindikasi dari penyakit nyilet tersebut ya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Mitos Burung Kepodang

Nah apabila kasusnya seperti ini, tentu hal yang harus kalian terapkan adalah pengkondisian burung murai batu kalian ya, agar bisa cepat pulih kembali, lalu bagaimana cara memulihkan kondisi murai batu yang tepat ?.

Caranya cukup kalian tempatkan burung atau isolasikan di tempat yg nyaman, jauh dari gangguan kebisingan serta hewan predator lainnya, di usahakan berikan juga suara asli terapi air gemiricik seperti dekatkan dengan suara pancuran air kolam atau air keran di kamar mandi,

yg pasti tempat yang nyaman dan sejuk sambil kandangnya di full kerodong, pakan ef juga lebih di perbanyak lagi untuk porsi pemberiannya 2 kali lipat dari biasanya. Dengan cara inilah burung murai batu kalian bisa lebih cepat untuk fit dan pulih kembali pastinya.

Demikianlah tips cara merawat burung murai yang nyilet, yg kiranya bisa menambah pengetahuan temen-temen murai batu mania semuanya ya, semoga dapat bermanfaat. Salam Kicau Mania.

baca juga : setingan lomba murai batu muda

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari