Cara Menjinakan Burung Gelatik Batu Giras dengan Mudah

Diposting pada

Jadi pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sebuah tips cara menjinakannya. memang tidak semua kicau mania bisa menjinakan burung kicau yang satu ini, namun bagi pecinta burung gelatik pasti akan berusaha dan belajar menjinakannya sendiri tanpa bantuan siapapun.

Gelatik-Batu

Sebenarnya perawatan burung gelatik hampir sama dengan burung kicau lainnya, bahkan bisa di bilang lebih mudah karena burung ini bisa kenyang hanya memakan butiran padi saja. nah untuk menjinakan burung gelatik tidak semudah yang kalian bayangkan dan bisa jinak dalam waktu sehari atau dua hari saja.

Mengapa burung harus jinak?. menjinakan burung adalah salah satu hal terpenting dalam perawatan burung kicau, tapi masih banyak kicau mania yang salah mengartikan burung jinak yang sesungguhnya.

Burung yang sudah jinak bukan berarti kalau di panggil akan menghampiri kita, tapi burung jinak adalah burung yang sudah tidak takut ketika melihat manusia atau tidak giras lagi. oke sebelum kita membahas tentang cara menjinakan gelatik batu, sebaiknya kalian mengenalnya lebih dekat lagi.

Teknik memelihara burung yang masih giras

Gelatik batu atau gelatik wingko adalah salah satu jenis burung kicau yang terkenal dengan suara kicauannya yang indah dan merdu. kelebihan burung ini sangat cepat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru, jadi bagi kalian yang baru saja menangkapnya di alam liar segera menjinakan burung gelatik dengan tips-tips berikut ini.


Cara Mudah Merawat Gelatik Batu Biar Cepat Jinak

1# Kalau bisa setiap pagi burung di angin-aginkan terlebih dahulu.

2# Selanjutnya pada pukul 07.00 pagi berilah pakan berupa ulat hongkong sebanyak 4-5 ulat hongkong.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Lovebird Batman Beserta Harganya

3# Mandikanlah burung gelatik dengan cara menyediakan mangkok yang berisi air dalam sangkar atau di semprot menggunakan sprayer.

4# Jemurlah burung sampai terasa lebih hangat, lalu berikan pakan alami atau buatan di sing dan sore hari.

5# Ketika sudah malam hari, baru mulai melatih burung dengan cara memberikan ulat hongkong yang di letakkan pada tanganmu. nah sebelum memberikannya arahkan tangan kekiri dan kekanan sampai burung mau mengikutinya. proses ini di lakukan secara bertahap kurang lebih tiga hari atau sampai burung sudah tidak takut lagi dengan tanganmu.

6# Kalau burung sudah tidak takut di tanganmu, kemudian tangkringkanlah di atas tanganmu selama tiga hari berturut-turut.

7# Ketika burung sudah mau menangkring di atas tanganmu, kemudian melatihnya untuk keluar dari sangkar secara perlahan.

Menjinakan-Gelatik-Batu
Catatan : usahakan proses menjinakan burung di lakukan pada ruangan khusus, dan kami sarankan untuk mematikan lampu sekitar ruangan agar burung dapat berkonsentarsi penuh.

Itulah beberapa tips mudah untuk menjinakan gelatik batu yang dapat kami sampaikan hari ini, semoga bermanfaat bagi kicau mania yang membaca artikel di atas.

Dan jangan lupa untuk mengunjungi blog resmi kami kacer.co.id kami di lain waktu agar selalu mendapat informasi terbaru seputar dunia burung kicau.