Mengenal Jenis Burung Decu (Makanan, Harga dan Suara)

Diposting pada

Memelihara burung saat ini sudah menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat. Bahkan ada yang sekedar menjadikannya untuk hobi atau lahan bisnis. Memelihara burung juga sama sekali tidak rugi dan tidak merepotkan.

Beberapa burung yang terbiasa untuk dipelihara seperti Cucak Rowo, Kacer, Kenari, Decu dan banyak lagi. Salah satu burung yang paling populer untuk dipelihara ialah burung Decu. Burung Decu masuk ke dalam salah satu golongan burung pengicau.

Burung yang satu ini juga akan banyak kamu lihat di kawasan Asia Barat sampai ke Asia Selatan juga Tenggara. Burung-burung ini hidup di dalam alam yang terbuka juga di padang rumput yang luas. Untuk ukuran burung ini umumnya sekitar 13 cm didominasi warna putih dan hitam pada bulunya.

Burung Decu jantan akan memiliki bulu yang hitam pada semuanya tubuhnya kecuali pada sayapnya yang memiliki garis putih terang. Dibagian bawah perut juga terdapat corak yang berwarna putih terang. Untuk burung Decu muda akan berbeda lagi yakni bulunya berwarna cokelat bertotol juga memiliki bintik-bintik. Burung-burung yang satu ini gemar hidup di alam terbuka juga kering.

Memahami klasifikasi burung decu yang perlu anda ketahui


Jenis Burung Decu

Burung yang satu ini sangat menyukai batu, semak, tiang juga kabel dijalanan untuk bertengger. Nah untuk makanan yang paling disukai burung Decu ini ialah serangga yang kecil.

Uniknya burung ini akan menegakkan bukunya kala merasa gelisah maupun sedang berkicau. Burung Decu ini memiliki spesies atau jenis yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, yuk disimak!.

Baca selengkapnya :  Burung Maleo Jenis Endemik Sulawesi Yang Terancam Punah

Whinchat

Burung Decu ini sangat unik karena suka bermigrasi dan populer di daerah Barat Asia juga Eropa. Burung-burung ini akan bermigrasi ke wilayah Afrika pada musing dingin nantinya. Nantinya pada burung Decu ini akan terdapat bulu putih yang terlihat seperti alis berwarna putih.

Dibagian atas burung ini terdapat warna cokelat dengan corak yang gelap. Nah untuk bagian tenggorokan sampai pada bagian dada memiliki warna yang lebih pucat. Nantinya kamu akan melihat pada bagian burung ini semakin pucat hingga bagian bawah.

Untuk bagian ekor burung Decu ini memiliki warna hitam dengan putih yang terdapat pada bagian dasar. Untuk makanannya juga cukup familiar. Burung ini suka akan serangga kecil juga beberapa jenis cacing.

Jika musim bertelur, burung betina akan suka membuat sarang yang berada di atas tanah yang tertutupi tubuhan yang subur. Umumnya burung betina akan bertelur sebanyaj empat sampai tujuh butir.

gambar-burung-decu

Alis Putih

Spesies burung Decu selanjutnya ialah Decu alis putih. Burung yang satu ini bertempat tinggal di daerah yang bergurun. Meskipun begitu, nyatanya untuk jumlah jenis burung yang satu ini juga tidak banyak.

Hal ini disebabkan karena banyak petani yang menganggap bahwa spesies burung ini merupakan hama. Di wilayah barat laut Pakistan maupun India burung Decu alis putih ini akan banyak kamu temui. Pada bagian atas nanti akan kamu jumpai warna cokelat dan pucat pada bagian bawahnya.

Leher Putih

Spesies burung Decu yang satu ini memang hampir punah karena tempat tinggalnya yang rusak. Pada musim dingin burung ini gemar tinggal di wilayah padang rumput. Untuk burung yang satu ini memang suka tinggal di daerah yang kering juga basah.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Unta Yang Belum Anda Ketahui

Kadangkala burung Decu leher putih ini juga tinggal di ladang tebu. Jika kamu melihat burung ini maka kamu akan menjumpai warna putih pada tenggorokan juga leher bawah. Untuk bagian ekor, punggung juga kepala memiliki warna hitam. Nah untuk tubuh bawah berwarna cokelat yang kemerahan.

Ekor Putih

Spesies burung Decu selanjutnya ialah burung Decu ekor putih. Untuk burung ini pada burung jantan pada kepala akan ditemui warna hitam dengan kalung warna putih. Nah pada dada, akan kamu jumpai burung warna terang.

Sedang dibagian punggung maupun sayap akan kamu jumpai warna yang gelap juga corak di sayap warna putih. Ciri khas burung ini ialah dibagian atas ekor terdapat corak yang menyerupai jaring laba-laba.

Decu Abu-Abu

Spesies burung Decu selanjutnya ialah Decu Abu-Abu. Untuk spesies yang satu ini akan mudah ditemui di daratan Cina, Himalaya, Taiwan juga daratan Asia Tenggara. Untut tempat tinggal mereka memang berada di hutan. Untuk warna burung yang satu ini putih juga hitam dengan warna putih yang menyerupai alis.

Harga Burung Decu

Untuk harga burung Decu juga bervariasi. Decu Kembang memiliki harga Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000. Decu Gacor, memiliki harga berkisar Rp. 250.000 hingga Rp. 350.000. Untuk burung Decu mini yakni hanya Rp. 80.000 saja.

Untuk burung Decu jantan harganya bisa berbeda menurut usianya yakni berkisar Rp. 100.000 hingga Rp.300.000. Jika dana kamu tidak cukup kamu bisa membeli Decu bahan, harganya cukup murah karena masih kecil. Harga Decu bahan yakni Rp. 80.000 hingga Rp. 100.000.

Suara Burung Decu

Perlu diketahui jikalau burung Decu mampu menirukan berbagai lagu. Untuk itu melatih atau memaster burung ini tidaklah sulit. Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai burung Decu. Bagaimana tertarik untuk ikut memeliharanya? Semoga berhasil!.